GEAR

Komparasi Matic Retro Honda, Scoopy & Genio… Pilih Mana ?

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian, untuk mengakomodir keinginan masyarakat memiliki motor skuter matik dengan model retro, pabrikan pun berlomba-lomba untuk membuat motor skuter retro dengan berbagai macam model. Seperti Honda, Scoopy dan Genio merupakan produk skuter retro yang mereka miliki dengan tampilan yang hampir mirip.

Namun demikian baik Scoopy dan Genio memiliki perbedaan mendasar dari segi tampilan. Genio lebih mengesankan tampilan dengan garis bodi yang tajam dan slim. Berbeda dengan Scoopy, skuter matik lucu ini didesain dengan dominasi bulatan digaris bodinya dan memiliki kesan Bulky ketimbang saudara mudanya ‘Genio’.

Bicara terkait dapur pacu, keduanya tak memiliki perbedaan berarti. Sama-sama menggendong mesin 110cc, SOHC, 4-tak, mengadopsi teknologi mesin eSP, dengan sistem pendingin udara. Besaran diameter dan langkahnya pun sama, Powernya pun sama 8,8 HP di putaran mesin 7.500RPM dan 5.500RPM untuk torsinya.

Keduanya memiliki konsumsi BBM yang ternyata berbeda, meski sedikit saja. Scoopy di klaim memiliki konsumsi BBM mencapai 59 km/liter sedangkan Genio sedikit irit dengan 59,1 km/liter. Sementara itu, karena terlihat lebih ramping dan kecil, Genio memiliki bobot isi mencapai 90 kg, 5 kg lebih ringan dibandingkan Scoopy.

Tapi untuk fitur, Genio wajib sungkem terlebih dahulu pada Scoopy. Selain sebagai senior, Scoopy juga ternyata dibekali fitur lebih unggul. Sebut saya keyless smartkey, answer back, anti-theft alarm dimiliki oleh Scoopy. Sedangkan Genio hanya mengandalkan kunci kontak dengan pengaman magnetik.

Keduanya sudah dibekali Honda dengan headlamp LED, meski lampu belakang dan sein masih mengusung jenis bohlam. Fitur power outlet socket charger sama-sama dimiliki namun bedanya, pada Scoopy piranti untuk charger smartphone ini tertutup dan diletakkan di console box bagian dek tengah depan, tepat disebelah kiri piranti keyless. Sedangkan Genio ditempatkan dibawah jok.

Speedometer Scoopy mengusung model digital & analog, sedangkan Genio mengusung model digital penuh. Bagasi Scoopy lebih lega 15,4 liter. Genio lebih sedikit yaitu 14 liter. Baik Scoopy dan Genio sudah dibekali Honda dengan ragam fitur seperti ISS, ACG Starter, Side stand switch, parking brake lock hingga combi brake system yang sudah menjadi standar fitur skuter matik Honda di Indonesia.

Beda lain yang nampak terlihat penulis adalah bagian roda. Sepasang roda Genio mengusung ring velg 14 inchi sedangkan untuk scoopy lebih mungil 12 inchi namun, Scoopy mengusung velg tapak lebar dengan sepasang ban gendut nya. Hal ini yang menjadikan Scoopy nampak lucu terlihat dengan dukungan garis bodi yang serba membulat. So, pilih mana nih sobat biker sekalian ? Kalau penulis, lebih pilih Scoopy karena lebih lucu. (F4)

Review Scoopy disini

Review Genio disini

Kolom Komentar