nmx

Review Harian Honda All New Scoopy 2021, Handling Makin Ringan, Performa Berubah

nmx

MotoMaxone.com – Sekitar November tahun 2020 lalu, All New Honda Scoopy hadir dengan wajah baru. Generasi ke-5 ini menyuguhkan banyak hal yang menjadikannya berbeda dengan Scoopy generasi ke-4 yang cukup laris manis itu. Kali ini MM diberikan kesempatan mendapatkan unit test ride harian Honda Scoopy terbaru. Apa saja yang MM dapatkan ?

Terlebih dahulu MM mengucapkan terima kasih kepada MPM Honda Jatim atas pinjaman unit test ride hariannya. Kebetulan kali itu mendapatkan unit test ride All New Scoopy warna putih matte (doff) 2021. Kesempatan menguji harian skuter matik laris Honda ini MM manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan data reviewnya.

Desain

Desain secara penampilan keseluruhan berbeda meskipun terlihat nyaris sama dengan generasi keempat. Headlamp LED Proyektor yang cukup banyak diminati digenerasi ke-empat itu di re-desaign modelnya. Kini tak terlalu oval seperti pendahulunya itu, terlihat lebih membulat. Dan efek pencahayaan lampu DRL tak terlalu silau dipandang.

Selain headlamp, lampu belakang juga didesain ulang. Juga lebih bulat dari model sebelumnya. Sedangkan untuk sepasang lampu sein dipisah dari lampu depan dan belakang yang sebelumnya menyatu penempatannya. Yang MM suka lampu sein itu menjadi besar dimensinya.. sehingga visibilitasnya lebih baik terutama dari yang berlawanan arah.

Model lain yang nampak baru adalah bagian panel meternya yang didesain ulang lebih anggun. Tak lagi kaku dengan model kotak seperti pada generasi keempat. Di generasi kelima Scoopy ini kembali mendapatkan sentuhan desain bulat dengan backlight putih yang tentu lebih jelas dilihat saat malam hari.

 

Selebihnya tentu dari bagian cover bodi yang dibuat berkesan memiliki sudut-sudut tegas yang menjadikan terlihat lebih sporty meskipun masih mengusung platform desain retro, lebih tepat Neo-Retro. Tak lupa sepasang roda (velg) juga mendapatkan penyegaran model desain baru yang sekarang nampak lebih kokoh karena palang nya terlihat visual lebih berotot.

Ergonomi

Dua hari kebersamaan dengan All New Scoopy 2021 (generasi ke-5) ini secara posisi berkendara tidak banyak berbeda dari Scoopy 2019 (generasi ke-4). Masih sama rileksnya, memungkinkan punggung tegak sempurna saat duduk diatas jok. Jangkauan lengan ke kemudi pun juga mudah, tak berbeda dari Scoopy 2019 namun kesan yang MM dapatkan posisi setang terasa sedikit lebih tinggi dari model sebelumnya, menjadikan MM lebih banyak meninkmati santainya ergonomi berkendara tersebut.

Pijakan kaki di dek tengah pun juga tak banyak berbeda. Secara posisi dan luas masih sama dengan model sebelumnya. Dengan postur tinggi badan 171 cm, MM masih sangat mudah menjangkau tanah/jalan tanpa perlu jinjit dan sampai menggunakan bantuan ‘dingklik’. :mrgreen:

Handling

Berkendara selama dua hari bareng All New Scoopy 2021 ini, MM hanya bisa menempuh jarak tempuh penggunaaan harian sejauh 164,7 kilo meter. Penggunaannya pun tak hanya sebatas di jalanan perkotaan Sidoarjo saja (mengingat unit test ride ini MM ambil dari MPM Sedati Sidoarjo). Namun MM juga menguji kemampuan All New Scoopy 2021 ini dengan menggunakannya jalan ke-luar kota yaitu ke Kota Malang.

Pertama kali menjajal kemampuan handlingnya MM cukup terkejut. Kemampuan handling All New Scoopy 2021 ini meningkat tajam dibandingkan Scoopy 2019. Benar saja, pengaplikasian rangka model baru yang disebut dengan eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) sangat berdampak pada handling All New Scoopy 2021 kali ini.

Jika sebelumnya Scoopy 2019 mengusung model rangka berbentuk pipa bulat, kini All New Scoopy 2021 mengusung rangka model eSAF yang terbuat dari pelat baja yang dibentuk dengan teknik press. Mirip jenis rangka yang digunakan oleh kendaraan roda 4. Alhasil dengan model rangka ini, kemampuan handling meningkat tajam karena jenis rangka ini mampu mereduksi bobot yang sebelumnya menjadi beban rangka model pipa tersebut.

Handling sangat ringan saat All New Scoopy 2021 di ajak meliak liuk di kemacetan jalan Kota Sidoarjo. Selap selip dalam crowded nya jalan raya begitu asik karena ringan diajak bermanuver. Harusnya dengan kondisi ini, motor mudah untuk tidak stabil, tapi karena hadirnya sepasang ban gendut macam donat maka daya gesek ke aspal jalan menjadi lebih luas. Manuver pun menjadi lebih nyaman. Hal ini berbeda saat MM menggunakan Scoopy 2019 dimana handlingnya memang terasa lebih berat. Tentu saja kemampuan handling ini juga didukung oleh sistem suspensinya yang mana keduanya baik depan dan belakang memiliki sistem peredaman yang termasuk cukup baik.

Braking (Pengereman)

Dalam tujuannya untuk memperlambat laju motor, komposisi perangkat ciet nya masih sama dengan generasi sebelumnya. Honda membekali All New Scoopy 2021 ini dengan rem cakram dengan piston tunggal untuk bagian depan dan tromol untuk bagian belakang. Dalam penggunaan dalam dan luar kota yang MM lakukan, sistem pengeremannya sudah bisa dibilang cukup untuk kebutuhan motor ini, mengingat All New Scoopy 2021 bukan ditujukan sebagai skuter matik yang mengunggulkan performa melainkan untuk kenyamanan berkendara harian.

Performa

Dalam urusan performa, poin penting yang bisa diambil adalah All New Scoopy 2021 untuk mengusung platform mesin yang sama dengan Honda Genio. MM tak tahu pasti kenapa tidak mempertahankan platform mesin dari Scoopy 2019/20.

Dikarenakan mengusung platform mesin yang berbeda dari Scoopy lama menjadikan All New Scoopy 2021 memiliki karakter performa yang berbeda dibandingkan model sebelumnya. Honda tetap keukeuh mempertahankan mesin 109,5 cc. Sistem pendingin udara dan mengusung sistem pengkabutan bahan bakar Injeksi PGM-FI. Kompresi 10,1 : 1 dan mengusung karakter mesin overstroke. Power 8,87 HP @ 7.500 RPM dan torsi 9,3 Nm @ 5.500 RPM.

Dengan komposisi itu MM berharap lebih dari performa yang ditawarkan. Tentu pembaca sekalian sangat penasaran dengan hasilnya kan. ^_^

All New Scoopy 2021 ini masih cukup mumpuni meliak liuk didalam kemacetan perkotaan. Kelincahannya semakin mumpuni karena handlingnya yang sangat ringan karena hadirnya rangka model baru eSAF itu.

Namun dari sisi kemampuan berakselerasi masih terbilang lamban. Bahkan lebih lamban dari Scoopy 2019/20. Karena penasaran, dalam kesempatan berbeda MM mencoba melakukan adu akselerasi dijalan lurus dengan Scoopy 2019/20. Beberapa kali MM menggunakan All New Scoopy 2021. Dan beberapa kali pula MM menggunakan Scoopy generasi keempat 2019/20. Hasilnya tetap sama, All New Scoopy 2021 ketinggalan saat start akselerasi. Karakter tarikannya sekarang lebih santuy, tidak lebih responsif dibandingkan model Scoopy sebelumnya. So berkendara lah santai nan nyaman… tak perlu start lampu merah macam Marc Marquez :mrgreen:

Beralih dari kemampuan akselerasi, kita akan mencoba kemampuan daya mesinnya. Alhamdulillah MM memiliki kesempatan untuk menjajal All New Scoopy 2021 ini untuk perjalanan luar kota dari Sidoarjo-Malang (PP).

Berbanding terbalik dengan karakter akselerasinya. MM mendapati kemampuan puncak dalam kecepatan ternyata mengalami peningkatan. Saat MM biasa melakukan perjalanan luar kota tersebut, karakter nafas All New Scoopy 2021 sedikit lebih lega. Alhasil beberapa kali MM dalam kondisi jalan panjang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam  bahkan bisa lebih sedikit. Kecepatan ini yang tidak MM dapati saat menggunakan Scoopy 2019/20 dimana hanya mentok 80 km/jam dan mengalami efek over drive.

Dari sini, MM memberikan kesimpulan bahwa karakter performa mesin All New Scoopy 2021 ini berbanding terbalik dengan generasi keempat Scoopy. Jika Scoopy 2019/20 lumayan dalam hal akselerasi namun lemah dalam kecepatan puncak (top speed) maka All New Scoopy 2021 sebaliknya, memang ‘dibuat’ lemah dalam akselerasi namun memiliki kelebihan dalam hal nafas di putaran atas mesin dan juga kecepatannya meskipun tak cukup signifikan.

Konsumsi BBM

Karakter berkendara dalam perkotaan dan luar kota yang MM lakukan bukan dalam kondisi Eco Riding. Dikarenakan pengukuran konsumsi BBM kali ini MM percayakan pada fitur Average yang merupakan rerata konsumsi bahan bakar yang bisa kita lihat langsung karena tertera pada panel meter All New Scoopy 2021.

Menempuh jarak 164,7 KM. Dengan memulainya dalam kondisi full tank. MM tak terlalu berhemat, melainkan menggunakannya sesuai dengan cara berkendara sehari-hari. Bahkan adu akselerasi dengan Scoopy lawas juga masuk hitungan dalam jarak tempuh dan konsumsi BBM yang MM lakukan. Bahkan saat perjalanan kembali dari Malang ke Sidoarjo, MM memilih berkendara lebih agresif dengan lebih banyak menggantung gas karena mepet dengan tenggat waktu pengembalian unit test ride tersebut.

Dua hari atau lebih tepat nya satu setengah hari mendapatkan kesempatan review yang sangat dan terlalu singkat itu. Average bahan bakar yang tertera di panel meter menunjukkan angka 59,4 km/ liter. Dari full bar BBM sebanyak 6 bar pada indikatornya hingga menjadi satu bar saja dan itupun sudah kedip-kedip yang menjadi bertanda cadangan bahan bakar dalam kondisi kritis.

Fitur

Bagian terakhir yang menjadi penutup ulasan dari MM tentang review harian All New Scoopy 2021 ini adalah terkait dengan fiturnya. Tentu saja banyak hal baru dari All New Scoopy ini disamping desain, handling maupun performanya. Yang pasti, fitur-fitur ini menjadikan segmen skuter matik bakal semakin digandrungi karena memberikan banyak kemudahan nan fungsional.

* Smart Key System

Pemiliki All New Scoopy 2021 sekarang semakin dimanjakan dengan hadirnya Smart Key System. Fitur ini juga terintegrasi dengan Answer Back System dan Alarm anti-maling, secara desain tak terlihat mewah seperti PCX namun lebih sejenis macam Vario. Fitur dimana pemilik motor tidak lagi dipusingkan dengan pasang dan cabut anak kunci. Cukup mengantongi remote nya yang kemudian lebih mudah menyalakan motor. Inilah yang MM rasakan saat melakukan tes harian All New Scoopy 2021. Fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi All New Scoopy 2021. Sedangkan pada varian paling rendah masih menggunakan anak kunci.

Cara Kerja :

Asumsikan All New Scoopy 2021 ini akan dinyalakan dipagi hari. Maka kita perlu mengantongi remote nya saja dan mendekat ke motornya, tak lupa karena masih dalam kondisi terkunci maka MM perlu menekan tombol kedua yang bersimbol kunci yang memiliki sinyal. Ditekan agak lama hingga terdapat kedip lampu LED berwarna hijau pada remote. Cukup itu saja pengoperasian remote saat akan mengaktifkan motor pertama kali.

Kemudian motor tidak langsung serta merta aktif dan bisa digunakan. Kunci kedua yang perlu kita aktifkan terdapat pada motornya. Dalam hal ini All New Scoopy 2021, MM perlu menekan sekali tombol starter untuk sepenuhnya mengaktifkan kelistrikan motor, yang mana diketahui dari bunyi beep yang terdengar. Setelah menekan tombol starter satu kali itu maka knob Keyless pun bisa diaktifkan. Cara ini berbeda dengan Honda PCX dimana untuk mengaktifkan kelistrikannya, langsung menekan dari knob keyless nya sendiri.

Asumsikan MM membeli bakso pinggir jalan, dalam kondisi remote sudah dikantong jaket atau celana. Maka saat MM memarkir motor, cukup memutar knob keyless keposisi OFF atau Kunci Setang. Selanjutnya tinggal pergi. Maka dalam radius lebih dari semeter, maka motor dalam kondisi non aktif alias mengunci sendiri. Dalam kondisi tidak terlalu lama itu, untuk mengaktifkan kembali motor maka MM hanya perlu mendekat saja ke motor, tekan satu kali tombol starter dan knob keyless bisa aktif kembali untuk menyalakan motor. Sangat mudah.

* USB Charger

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang hanya menyediakan power sockter outlet saja. Kini untuk memudahkan pemilik motor, maka disediakan USB socket charger tipe A. Pemilik hanya perlu membawa kabel USB nya saja. USB charger ini tersedia didalam konsol box sebelah kiri dibawah kemudi kiri sama seperti sebelumnya.

Konsol box nya sendiri cukup dalam sehingga hp dengan ukuran inchi 5 atau 6 masih bisa dengan mudah masuk. Bisa juga untuk menaruh dompet namun hati-hati tertinggal saat berhenti karena konsol box ini tidak memiliki kunci permanen. Namun selama tes selama satu setengah hari ini, fitur ini sama sekali tidak MM gunakan karena MM selalu memastikan baterai smartphone penuh saat berangkat beraktifitas.

* Hook (Gantungan Barang)

Tempat gantungan barang dibagian tengah depan dek tengah disebelah kanan konsol box kiri sejatinya sudah tersedia pula pada Scoopy generasi sebelumnya. Bedanya gantungan barang All New Scoopy 2021 ini menggunakan sistem yang lebih aman karena memiliki sistem pengunci sehingga barang yang digantung tidak mudah terjatuh.

* Bagasi

Bagasi nya diklaim memiliki dimensi lebih luas sebesar 15,4 liter. Helm half face bisa masuk. Namun pada tes harian ini MM hanya menggunakannya untuk menyimpan tas kecil dan jas hujan saja.

Sebagai penutup, alhamdulillah MM haturkan. Semoga review harian All New Scoopy 2021 yang sangat singkat ini bisa bermanfaat untuk pembaca setia. (red)

Foto Lain :

Kolom Komentar