78 Persen Total Penjualan Sepeda Motor di Tahun 2023, Adalah Merk Honda

Motomaxone.com – Pasar otomotif roda dua di tanah air mungkin mulai memperlihatkan titik jenuhnya dengan dominasi penguasaan pangsa pasar yang cenderung termonopoli oleh satu merek dagang. Dalam hal ini AHM mengungkap bahwa mereka telah mengantongi 78 % pangsa pasar penjualan sepeda motor di Indonesia pada tahun 2023 lalu.

Lama tak mengintip data AISI, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ini menunjukkan data bahwa di tahun lalu total penjualan sepeda motor mencapai 6.236.992 unit dimana 4,86 juta unitnya adalah merk Honda dari AHM.

Porsi sisanya yang hanya mencapai 1,3 juta unit diisi secara berurutan oleh Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS.

Menilik penjualan pada Januari 2024 lalu, penjualan tercatat 592.658 unit, sementara pada Februari turun ke 558.685 unit. Tentunya bagi pabrikan sepeda motor, angka tersebut diharapkan untuk tumbuh terus menerus seiring dengan kenaikan bahan pokok hingga kondisi cuaca yang cukup mempengaruhi harga unit motornya sendiri.

Namun bagi penulis, mungkin sudah saatnya melakukan pembatasan pada penjualan sepeda motor di Indonesia terkait kepadatan lalu lintas yang semakin menunjukkan angka rawan. Dalam arti, potensi peningkatan laka lantas juga turut disumbang oleh penjualan kendaraan secara besar-besaran setiap bulannya.

About MOTOMAXONE.COM 4655 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar