1979 Honda CBX1000Z, Teknologi Balap Grand Prix Yang Pertama Kali Diadopsi Motor Jalan Raya

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, berbicara Honda tentu tidak lepas dari historinya sepada pabrikan yang memproduksi sepeda motor yang dikenal melegenda. Kali ini penulis ingin sedikit saja berkilas balik di tahun 70-an dimana pada masa ini salah satu motor Honda diluncurkan.

Honda CBX1000Z, generasi pertama dari Honda CBX saat itu telah lahir. Tepatnya di tahun 1978 hingga kurun waktu 4 tahun selanjutnya. Meskipun dijaman jadul saat itu, teknologi motor sudah cukup perkembang pesat. Sepeda motor ini dibekali dengan mesin Inline-6 (mesin dengan 6 silinder segaris) dengan kapasitas mesin mencapai 1.047 cc.

Dengan kapasitas seperti itu, output tenaga yang dihasilkan mencapai 105 bhp atau setara 18 kW. Tenaga yang sangat powerfull untuk kendaraan roda dua dimasa itu. Namun kepopuleran motor ini sedikit meredup karena di tahun 1979 Honda menghadirkan CB900F.

Mesin 6 silinder besutan Honda saat itu identik dengan mesin dari seri Honda RC yang lahir di tahun 1960-an. Namun kemudian teknologi mesin itu diadopsi oleh motor dengan spesifikasi jalan raya. Yup, CBX adalah sepeda motor on road 6 silinder yang diproduksi pertama kali oleh Honda dengan teknologi mesin balap Grand Prix.

Mesin ala Honda CBX merupakan mesin 6 silinder segaris berkontruksi DOHC 24 katup (valve), bersistem pendingin udara. Tentu saja teknologinya termasuk canggih saat itu juga fiturnya yang tergolong luar biasa. Meski secara tampilan, motor ini tampil dengan desain yang konvensional sekali dimana sistem rangka nya masih tubular, suspensi belakang dobel shock, suspensi depan teleskopik, lampu bulat hingga desain tangki kebelakang tidak ada kesan sporty2 nya sama sekali :mrgreen:

Meski disebut sebagai motor besar alias moge, Honda CBX1000Z ini relatif ramping dari segi dimensi lebarnya. Lebar poros engkol didesain sempit mengingat CBX memiliki konsep mesin bertumpuk dimana alternator dan perangkat pengapiannya berposisi dibagian belakang blok silinder. Tentunya bukan tanpa sebab, karena pengaturan desain tersebut menjadikan CBX menghasilan lebar mesin yang proporsional dengan bodinya, setidaknya tidak lebih lebar dari kaki pengendara. Alasan lainnya adalah memindahkan perangkat2 penting dari bahaya bila terjadi yang dinamakan dengan grounding.

Sebuah media cetak Cycle asal amerika menyebutkan bahwa tujuan Honda untuk membangun sepeda motor tercepat versi jalanan telah terpenuhi. CBX dianggap lebih baik dari CB900F dengan mesin yang responsif. Bahkan motor ini dianggap sebagai sepeda motor terbaik yang pernah diproduksi dan hadir di jalanan.

CBX1000Z generasi 1978  mampu melaju dijalan raya hingga mencapai kecepatan 210 km/jam. Sebuah sepda motor jadul yang tentu performanya membuat motor2 masa kini tersentak. (FN)

About MOTOMAXONE.COM 4629 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar