GEAR

Menilik Yamaha R15M & R15 V4, Calon Pengganti R15 V3 Yang Serba Komplit di Segmen Sport Fairing 150cc

Motomaxone.com – Pembaca sekalian.. dipasar India, Yamaha telah menghadirkan update terbaru yang merupakan kelanjutan dari seri produk Yamaha YZF-R15 V3 (versi ke-3). Yaitu Yamaha R15 V4 dan juga Yamaha R15M.

Update sport terbaru Yamaha di India ini disambut antusias oleh penggemar otomotif roda dua di negera yang beribukota di New Delhi tersebut. Namun seperti apakah updatenya yang pula membuat heboh publik otomotif roda dua di Indonesia ini ?

Sebelumnya, untuk pasar India, Yamaha memang tak banyak memberikan update Yamaha R15 V3 sejak pertama kali produk tersebut diperkenalkan. Sehingga tentunya R15 V3 versi India dan versi Indonesia cukup berbeda akibat perbedaan kebijakan update tersebut.

Diluncurkan secara digital ceremony, Yamaha R15 versi 4 ini hadir untuk pasar India bersama dengan varian versi tertinggi yang diberi nama Yamaha R15M. R15 V4 disebut publik India mendapatkan perubahan besar dibandingkan versi ketiga.

Baik R15 V4 dan R15M mendapatkan model fairing baru yang secara visual nampak mirip dengan YZF-R7 yang merupakan versi supersport nya.

Headlamp kembar LED didalam mika reflektor kini ditinggalkan. Model headlamp yang bagi penulis sendiri juga tak meningkatkan daya tarik R15 V3 itu kini dirombak dengan model headlamp atau lampu utama macam R7 atau macam MT25 dan MT15.

Lampu utama R15M dan R15 V4 kini mengusung single proyektor yang tidak lagi ditutup dengan mika lampu. Sebagai pemanis, Headlamp Projector tersebut didampingi dengan sepasang lampu DRL yang mendongkrak tampilan dengan kesan lebih garang.

Tentu saja untuk sektor update fairing dan perubahan jenis headlamp ini cocok jika diterapkan untuk pangsa pasar motor di Indonesia. Mengingat R15 V3 perlu segera membutuhkan update tampilan untuk mengimbangi Honda CBR150R yang sudah lebih dulu di-update dengan tampilan mirip saudara tuanya CBR250RR.

Hadirnya suspensi depan Upside Down berwarna Gold pada R15 V4 di India sangat diapresiasi. Padahal di pasar Indonesia sendiri, R15 V3 sudah mendapatkan fitur suspensi teleskopik terbalik berkelir emas tersebut.

Fitur lain yang menjadi pembahasan besar di India untuk R15M dan R15 V4 adalah hadirnya Quick Shifter, Assist & Slipper Clutch, Traction Control dan Koneksi Bluetooth.

Quick Shifter dan Assist Slipper Clutch sejatinya merupakan fitur yang hadir untuk motor dengan kapasitas mesin 250cc keatas. Teknologi yang diadopsi dari dunia balap motor itu kemudian disematkan untuk motor massal.

Fungsi dari fitur quick shifter sendiri untuk mempersingkat proses perpindahan gigi agar dapat berakselerasi lebih cepat dibandingkan tidak menggunakan fitur tersebut. Dengan fitur QS ini, pengendara tak perlu repot menekan tuas kopling saat perpindahan gigi dilakukan bertepatan dengan motor melaju kencang. Namun fitur QS yang disematkan pada R15 ini hanya untuk proses perpindahan gigi maju (atas) saja.

Baik fitur Quick Shifter dan Assist Slipper Cluch sudah hadir lebih dulu pada R15 V3 versi Indonesia. Dari dua fitur pendongkrak performa ini, hanya Assist Slipper Clutch yang dimiliki oleh Honda CBR150R yang hadir dengan wajah CBR250RR yang meluncur pada Januari 2021 lalu sedangkan fitur Quick Shifter belum dimiliki oleh produk kompetitor tersebut.

Fitur lain yang disematkan pada R15 V4 dan merupakan fitur baru adalah Traction Control (TCS). Fitur yang sejatinya untuk motor dengan kapasitas mesin besar (seperti QS diatas) yang memiliki manfaat mengurangi potensi gejala ban belakang selip ini, kini ramai diaplikasikan pada motor sport dengan kapasitas mesin kecil termasuk Yamaha R15.

Fitur TCS ini bekerja dengan berdasarkan input dari sensor kecepatan yang ditempatkan di piringan cakram yang kemudian informasi tersebut diolah oleh ECU. Fitur ini akan bekerja saat putaran roda belakang lebih cepat dari roda depan, sehingga ECU memerintahkan untuk melaraskan kembali putaran roda tersebut untuk mengurangi potensi selip.

Fitur keselamatan ini belum pula diaplikasikan oleh CBR150R terbaru yang hanya mengandalkan sistem pengereman ABS single channel yaitu sistem pengereman ABS yang berfungsi untuk roda depan saja.

Konektivitas Smartphone berbasis Bluetooth. Fitur ini begitu didengungkan oleh Yamaha untuk mendapatkan simpati dari para konsumennya. Mencoba menciptakan doktrin bahwa hanya Yamaha yang saat ini berani memberikan fitur ini pada jajaran produknya disegmen motor dengan kapasitas mesin kecil. Konektivitas gawai yang disematkan pada R15 V4 dan R15M ini merupakan fitur yang sama yang disematkan oleh Yamaha Indonesia pada New NMAX dan New AEROX 155.

Kesimpulan…

Penting kiranya Yamaha Indonesia tak tutup mata dan telinga terkait antusiasme konsumen Yamaha yang begitu tertarik dengan tampilan baru yang diusung oleh Yamaha R15M dan Yamaha R15 V4. Namun memasukkan dua varian ini dalam satu waktu dengan melengserkan R15 V3 secepatnya bukanlah keputusan yang tepat untuk menghadapi pangsa pasar Indonesia.

Beberapa fitur yang dimiliki R15 V4 memang sudah disematkan lebih dulu oleh Yamaha Indonesia pada R15 V3. Sehingga mempertahankan versi ini untuk sementara waktu juga penting adanya.

Bagi penulis, kehadiran R15 V4 tidak dibutuhkan untuk pasar motor sport roda dua di Indonesia. Namun jika Yamaha Indonesia berniat mendatangkan model baru ini, lebih baik langsung berikan varian tertingginya yaitu Yamaha R15M untuk pasar motor Indonesia.

So, bila R15 V3 tanpa fitur-fitur menarik dipasarkan dengan harga 37 jutaan maka tak menutup kemungkinan bahwa Yamaha R15M atau R15 V4 yang menghadirkan fitur Headlamp Projector, Quick Shifter, Assist Slipper Clutch, TCS, Dual ABS, Panel baru Digital dan Y-Connect, dengan spesifikasi mesin 155cc, SOHC 4 klep, VVA bisa dibanderol tak jauh dari harga R15 V3 saat ini. (F4)

Kolom Komentar