Kelistrikan Fullwave !! No Kick Starter… No Problem…

Bicara tentang motor, tak lepas dari apa yang dinamakan kelistrikan. Yup, komponen yang satu ini ibarat nyawa kedua bagi sebuah motor setelah pengapian. Apalagi jika motor brosis sekalian adalah motor yang memiliki mobilitas tinggi dijalan raya.

Bakal sangat penting tentunya, mengingat berbagai peraturan saat ini yang salah satunya menegaskan untuk menyalakan lampu utama siang dan malam. Tak ayal, banyak diantara kita takut akan gejala aki tekor karena beban kelistrikan tersebut.

Bagi pemilik motor dengan sistem kelistrikan halfwave (Semi DC) atau AC adalah hal mutlak melakukan perawatan pada aki motornya. Karena sistem kelistrikan ini membagi tugas antara mengisi aki itu sendiri dan men-cover beban kelistrikan bohlam lampu yang dipakai.

Namun, berbanding terbalik dengan motor-motor yang sudah menerapkan sistem kelistrikan Fullwave / full DC. Sumber daya yang dihasilkan spull tak lagi terpecah menjadi 2 melainkan lebih terfokus pada support aki (charger). Sedangkan segala beban kelsitrikan akan di-handle aki yang tersupport penuh kinerja spull. Lho, apa bedanya dengan kelistrikan Semi DC?

Salah satu faktor krusial dibalik masing-masing kelistikan tersebut adalah rectifier & regulator assy atau biasa disebut dengan kiprok. Kiprok pun juga bermacam-macam mengikuti model kelistrikan tersebut diatas. Secara gampang kiprok berfungsi sebagai penghubung antara spull dan aki. Kiprok lah yang mengolah arus mentah spull menjadi dapat dimanfaatkan dengan baik oleh aki dalam meng-handle bermacam beban kelistrikan motor.

So, itu mengapa motor batangan dengan kelsitrikan fullwave lebih awet memakai elektrik starter dibandingkan motor-motor jenis moped dan matic yang notabenenya masih menganut sistem kelsitrikan semi DC (halfwave). Apalagi bagi brosis yang suka mengaplikasikan perangkat kelistrikan dengan beban yang besar misal klakson keong, klakson mobil, lampu HID dan sebagainya adalah menu wajib membekali tunggangan dengan kelistrikan fullwave untuk menghindari gejala tekor pada aki.

Itulah mengapa, blueMX yang sebelumnya memakai sistem kelistrikan halfwave dari bawaan pabrik saya rubah menjadi fullwave berbekal kiprok tiger yang favorit sebagai alat modifikasi kelistrikan fullwave di tanah air. Begitu pula dengan kasus new vixion yang saat ini ramai dibicarakan karena absennya kick starter. Pada dasarnya, sejak keluar pun vixion sudah menganut kelistrikan fullwave.

Jika brosis amati kembali berbagai foto new vixion terdapat perbedaan bentuk fisik dari kiproknya. Kemungkinan kiprok model baru new vixion ini adalah sebagai penyempurnaan kiprok dari generasi sebelumnya yang tentunya sebagai support teknis akan keraguan konsumen yang takut mengalami gejala aki tekor seperti kejadian thunder 125 generasi awal tanpa kick starter sehingga hal tersebut tak terulang pada new vixion.

So, jangan terlalu berkaca pada kejadian thunder 125 yang lalu. Namun lihatlah Ninja 250 dan CBR 250, meski tanpa kick starter tak masalah kok. Hal ini tergantung dari support teknis kelistrikannya, sejauh support kelistrikan mumpuni kenapa harus takut akan gejala aki tekor. Toh setelah saya mengaplikasikan sistem fullwave pada bluemx dengan kiprok tiger, tanpa masalah kok akan beban bohlam lampu berikut klakson mobil plus alarm. Bahkan kick starter bluemx malah saya tanggalkan saat ini semenjak mengganti kelistrikan fullwave. (fnc)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...

  1. Gan , mau tanya saya mau rubah soul gt saya jadi fullwave. Saya hoby touring nih , touring kan kebanyakan d siang hari,kondisi motor on di atas 7 jam,dan pemakaian lampu HID pada kondisi off. Apalagi saat touring putaran mesin menjadi lebih tinggi. Pertnyaan saya Apakah tidak berbahaya mengendarai motor dengan putaran mesin tinggi dengan keadaan HID pada posisi off (kondisi fullwave) ?? Yg saya takutkan saat daya tidak terpakai sepenuhnya accu bisa kembung ,atau komponen lainnya jadi kelebihan daya. Terima kasih gan

    • saya biasa touring dengan temen2 dalam kecepatan 80-100kpj dengan kondisi HID ON. TIdak masalah mas…. yang lebih bermasalah kalo mesin motor hidup dengan rpm tinggi tapi tidak ada beban kelistrikan yang terbuang itu menjadikan kerusakan accu lebih cepat.

      • Motor saya jalan pelan aja udh 14 volt mw lampu nyala mau gk
        Jalan cepet punsama 14 volt mw nyala mw gk gk da bedanya
        Karena semua di control oleh regulator kiprok
        Jadi walau jalan cepet dan lampu gk nyala asal kinerja kiprok optimal aki tetep save
        Jadi accu tak da hubunganya dengan jalan cepat lampu kondisi mati takut tak ada pembuangan
        Contoh mobil,kecepatan tinggipun walau lampu nda nyala tetep optimal kinerja accu

  2. Bro motor saya vega R 2007, saya memakai lampu LED, toa, klakson keong + rlyai.. Kok aki saya tekor knp ya bro?? Kiprok sama sepul saya masih normal.. Mohon bantuannya.. (maklum newbie)

      • Mohon pencerahannya suhu, saya udah habis pirang pirang kiprok.
        Motor saya Suzuki Thunder GSX 250 yg menjadi permasalahan kiproknya selalu rusak, pertama saya cek sepul ke tukang dinamo, masih bagus, saya sudah 2 x ganti kiprok ori, 1 x kiprok Vixion,Yg masih rusak juga yang dua ori gak mau ngisi, ganti Vixion panasnya gak ketulungan. belum saya coba katanya bisa pakai kiprok Tiger. Mohon pencerahannya kalau memang bisa pakai kiprok Tiger mohon diagram/ gambar kan jalur mana aja yg harus di pasang. Terimakasih

  3. Mlm gan ane mau konsultasi dlu,motor ane honda cbr 250 pada saat dibuka qprok salah satu kabel konslet tiba2 motor di on tanpa qprok klistrikan mati total, pdahal sblumnya tanpa qprok masih berfungsi, setelah konslet tidak mau nyala kelistrikan nya, kenapa ya gan itu…?
    mohon pencerahaan nya gan..

    • coba cek sekringnya mas, biasa kalo korslet sekring putus. kalau sekring normal coba cek2 kabel2 kiproknya kemudian cek kiproknya sendiri

  4. Om mw nanya…motorku saef..Nah saya pakai hid projie 2 angel eyes 1 de..dr oprekan sang hid ers nya di cabit doang kabel kuning dr spull ..nah saya rada ngeri..nah saya gsnti sendiri pake si kiprok tigur dan cabut ground spull juga.
    Saya ukur pake tester..idle kondisi ae 2de on di pengisian di 12,89 pas 2000 bisa 13.34 saya 3000 masih baras aman 13,50an..nah pas hid on..jadi 12,10-11,98 ..bagaimana menurut om nya apakah normal itu ?

    • ambang batas aman mas. baru ada gejala tekor jika saat beban hid dinyalakan drop jadi dibawah 9,00. untuk pengisian tanpa beban, harusnya dikisaran 13 – 14.

  5. bro,,, aki mtr ane sering tekor karena lampu HID, motor ane MX, kalau kiprok mX ane, ane gnti kiprok ninja rr, kira-kira bisa menanggulangi masalah aki tekor gk bro,
    thnks

    • kalo g salah ninja RR juga pake kelistrikan AC bro, jadi sama saja. Lebih baik ganti fullwave/DC pake kiprok tiger,

  6. mas bro idealnya kiprok tiger klw di test voltnya brpa pake voltmeter, soalnya pnya ane bisa smpe 15,4 v motor ane vega zr

  7. motor saya vega R new . saya berhasil merubah kelistrikannya mnjdi full wave tanpa mengganti kimprok motor lain.
    saya hnya mnggunakan kimprok bawaan vega

      • Mas FNC mau tanya .,.abiz fullwave nyala lampu depan saya kl buat ngerem jadi kedip.,.,.apa aki saya bermasalah? atau emg seperti itu y? mksh

        • Emang begitu mas, ganti aja yang belakang dengan LED. Banyak pilihan, yang banyak dipakai itu tail lamp ala F1 atau kalo buat sendiri jadi mengingat beban nyala lampu rem itu besar sekali

    • agan @erwin, mau dong email ke sy tata cara “merubah kelistrikannya mnjdi full wave tanpa mengganti kiprok motor lain”. motor sy vega R 2007. Terimakasih.

  8. Malam mas brp…
    Sy pengguna YMH PIO, sy sgt tertarik mengubah sistem kelistrikan si PIO menjadi fullwave
    Posisi sy di mojokerto.. Mungkin anda isa membantu ? ato setidaknya ada info bengkel terdekat yg isa melakukan hal ini…
    matur nuwun jawaban nya

    • Coba cek di link blog novaera mas, mungkin ada referensi untuk scorpio. Link sudah ada didlam artikel

  9. bro.., bagi skema rangkaian fullwave buat ninja 250…, kaki kiprok(regulator voltage)= 6 (hitam, putih, coklat, kuning 3), yang dr spull(stator) 5 kabel hitam(ground), putih, 3 lainnya kuning, maksud gw kabel yg kuning mau di non aktifkan tapi masih ragu dioda nya kuat nerima arus dari spull ngga ?.., soalnya spull ada 18 gulungan.
    *pengalaman :accu tekor dan kiprok jebol ninja 250 pake lampu hid 2

    • masbro bisa kunjungi link bro novaera yang saya sertakan di artikel, mungkin disana ada juga skema n250

  10. akhirnya saya mengambil kesimpulan kalau begitu lebih bagus Vixion lama kelistrikannya daripada NVL karena kiprok vixion lama sudah full DC -> kiproknya mirip ama kiprok Tiger. benarkah begitu ?

    kiprok NVL lebih kurus & sy liat rada2 mirip ama kiprok bebek cuma lebih panjang dikit, dodoll pisan yah 😆

  11. mas bro new vixion itu lampu utamanya gak ikut battery(belum fullwave) karena masih ngikuti putaran mesin.
    sepertinya sih downgrade dari model lama???

  12. oh ya bro, ada yang lupa saya sampaikan.. Mohon ralat yah, jalur kabel dari pin 2 (warna coklat) saya hubungkannya dengan output di socket kunci kontak yang warna coklat juga, terus kabel kuning yang sisa kiprok lama, saya hubungkan juga dengan output di socket kunci kontak yang warna coklat.. Mohon ralat gan jalau salah, khan di scemanya output kontak yah… Hehehehe

  13. gan, bisa tolong bantu permasalahan saya ga seputar fullwave jupi mx saya..?? Ceritanya dua bulan yang lalu saya merubah kelistrikan mx saya pake kiprok tiger 2000, hasil testnya berjalan lancar, lampu bisa hidup tanpa mesin ikut nyala, saya test juga cabut sikring saat mesin nyala hasilnya mesin tetep nyala.. Saya merubah kelistrikan dua bulan yang lalu, tapi kemarin motor saya tiba’ mati tengah jalan, cek ternyata akinya yang tekor gan, air aki berada di bawah garis low.. Padahal waktu selesai rubah fulwave, saya tes jalur pengisiannya dengan menghubungkan jalur negatif aki dengan groud body motor, hasilnya timbul bunga api.. Saya ga ukur pake multitester sih gan coz ga punya.. Kira’ ini apanya yah…??? Apa bukan karena kiproknya, saya pake yang ory gan… Maaf kepanjangan, maklum newbie kelistrikan hehehe…

  14. saya sudah 6 bulan mengaplikasikan fullwave dc pada njmx dgn beban HID dan klakson keong, alhamdulillah masih aman jaya..