Urgensi Mesin DOHC 150cc… Sepenting Apa Sih ??

DOHC Engine honda suzuki

Banyak pihak yang begitu menyoroti Yamaha Indonesia terkait diluncurkannya Xabre 150. “Belum pake mesin DOHC tuh, pasti buat ngurangin cost produksi…” celetuk salah satu netizen dalam sebuah forum motor. Memang kehadiran Xabre 150 diluar ekspektasi berlebih publik yang menginginkan motor bertampang fashion sport tersebut dibekali mesin DOHC, sebanding dengan gaharnya tampilan fisik motor itu sendiri.

Publik kecewa.. disaat peluncuran resminya dan banyaknya ulasan blosphere yang menyebutkan bahwa Xabre 150 berbasis mesin sama dengan Vixion ataupun Yamaha R15. Tetap mengandalkan kontruksi mesin SOHC 4 Klep. Mesin SOHC Yamaha memang terbukti ampuh menjawab banyak keraguan pihak yang menyangsikan performa mesin Single Camshaft tersebut… maklumlah karena pada dasarnya kebanyak motor dengan platform mesin SOHC menggunakan 2 klep. So… SOHC 4 klep Yamaha disebut sebagai Superior ketimbang yang SOHC 2 klep.

Pihak yamaha pun sedikit geram dengan masalah ini. Beberapa pihak memberikan pressure berita yang menyudutkan Yamaha karena masih bertahan dengan SOHC nya.. padahal secara tren saat ini DOHC lebih banyak dipamerkan oleh beberapa pabrikan di indonesia. Sebut saja Suzuki dan Honda dengan masing-masing produk andalannya.

Dalam benak FN sendiri berkata, “SEPENTING APA SIH MESIN DOHC ?? ” apa urgensinya sehingga semua pabrikan harus menggunakan mesin DOHC dalam hal ini dikelas 150cc. Kalaupun memang berbicara segmen kelas sport 250cc yang identik dengan beradu berforma, pantas saja jika sebagian besar pabrikan menggunakan mesin DOHC, itu pun masih terbagi menjadi DOHC 1 silinder dan DOHC 2 silinder.

Dari kasus Yamaha Indonesia misalnya, tidak serta merta anggapan netizen akan rasa antipati Yamaha Indonesia akan mesin DOHC itu terbukti benar. Apa buktinya ? Mesin DOHC sudah digunakan pada Yamaha R25 dan MT25 untuk produk lokal. Lalu mengapa kelas 150cc keukeuh dengan SOHC nya?

SOHC ENGINE 4-VALVE YAMAHA

Dari pengamatan FN, Yamaha sendiri sudah mempertimbangkan masak-masak dengan Research & Development dari platform mesin yang diusungnya. Dalam konteks kali ini, kebutuhan motor sport fairing ataupun naked sport 150cc sudah cukup diakomodir oleh mesin SOHC. SOHC yamaha sendiri menggunakan 4-klep seperti halnya mesin dengan platform DOHC, beda mendasar pada penggunakan camshaftnya.

Meskipun dalam menghasilkan performa ternyata berbeda, toh Single OverHead Camshaft terbukti menjawab tantangan. Mampu menghasilkan power maksimum yang mendekati motor DOHC kompetitor namun mengusung kelebihan pada torsi yang lebih tinggi dari semua motor DOHC kompetitor di segmen 150cc baik itu Sport Naked, Sport Fairing ataupun Sport Underbone. Jadi dari pandangan FN, tidak ada urgensinya jika harus memaksakan mengganti plaform SOHC 4 klep yang sudah ada dengan mesin DOHC hanya supaya memberikan pesaing sejenis pada kompetitor.

FN sendiri sudah cukup memahami SOHC 4 Klep produksi yamaha sejak 2007 silam saat memutuskan menebus Jupiter MX yang saat itu dibanderol seharga 15.525.000. Hingga saat ini terbukti mengakomodir kebutuhan berkendara FN kemanapun pergi bersama motor kesayangan tersebut. Mesin SOHC 4 klep nya juga terbukti tidak pernah rewel sekalipun… paling-paling juga hanya ganti oli, bersihkan karburator dan beberapa servis reguler yang memang perlu untuk dilakukan. Karakter mesin SOHC yang mampu mengail torsi dan power pada rpm yang lebih rendah menjadikan mesin dengan platform Single OverHead Camshaft ini lebih nyaman untuk dijadikan andalan sebagai kendaraan sehari-hari… apa iya sepanjang perjalanan harus ngebut ?? Toh kebanyakan pengendara motor baik SOHC ataupun DOHC malah lebih memilih berjalan santai tanpa fokus ngebut. Karena memang menikmati perjalanan adalah segalanya ketimbang ngebut yang Cuma mantengin speedometer yang sempit itu. Kalaupun memang sewaktu-waktu perlu plintir gas… ok aja sih…yakinlah SOHC 4 klep dan DOHC 4 klep tak jauh berbeda…apa lagi untuk keperluan riding harian. (~FN)

Pic support DOHC Honda by thegreenblog

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
==============

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...