Tol Malang-Pandaan Diganggu Banjir Lumpur di Kilometer 68, Pengendara Perlu Waspada !!

Motomaxone.com – Tol Malang-Pandaan atau lebih beken disebut Tol Mapan adalah jalan tol yang menghubungkan Pandaan Pasuruan dengan Kabupaten Malang. Sabtu kemarin, curah hujan yang tinggi menjadikan air bercampur lumpur meluber di salah satu titik tol mapan.

Hujan sejatinya adalah berkah Allah Subhanahu wa ta’ala. Itu mengapa disaat hujan, dianjurkan berdoa yang artinya Ya Allah, Berikanlah Hujan Yang Bermanfaat. Namun karena ulah manusia saja, kerusakan di bumi ini bisa terjadi. Termasuk musibah banjir.

Tanggul saluran air sebenarnya sudah dibuat. Namun sepertinya salah perhitungan. Sehingga saat didapati debit air yang cukup tinggi maka saluran pembuangan air tersebut tidak mampu mengakomodir curah hujan yang tinggi tersebut. Alhasil meluber lah air bercampur lumpur ke salah satu titik ruas jalan tol mapan. Tepatnya di kilometer 68 arah ke surabaya.

Luberan air setinggi tumit tersebut akhirnya segera ditangani oleh beberapa petugas untuk membersihkannya. Penanganan itupun memakan waktu hingga menjelang waktu maghrib yaitu pukul 17.20 WIB. Penanganan oleh petugas pun berbagi tugas. Ada yang membersihkan ruas jalan tol dari genangan lumpur tersebut hingga peninggian tanggul dengan tanah dan material kerikil.

Dimusim hujan sekarang ini, pantauan penulis yang beberapa kali menggunakan tol mapan ini memang dibeberapa titik rawan dengan longsoran tanah bila terjadi hujan dengan curah yang tinggi. So, untuk pengguna jalan penulis lebih menyarankan keluar via exit tol pandaan dan melanjutkan perjalanan melalui jalan provinsi atau sebaliknya, yang dari malang menggunakan jalan raya biasa yang kemudian dilanjut masuk pintul tol pandaan jika akan ke surabaya bila sedang dalam kondisi hujan yang lebat. (red)

Berkomentarlah dengan sopan