Tes Konsumsi Bahan Bakar Honda Supra GTR 150, Efisiensi Rute Luar Kota Mencapai 42,12 KM/L Pertamax 92 [Part-1]

tes BBM Supra GTR150

Pembaca sekalian, selesai sudah rangkaian test ride Honda Supra GTR150 yang tobi lakukan selama seminggu ini. Nah, untuk mengawali review GTR150 kali ini tobi akan membahasnya dengan dimulai dari tes konsumsi bahan bakar untuk perjalanan luar kota…

Kebetulan juga melakukan tes pertama kali menempuh perjalanan dari Sidoarjo menuju Malang. Kontur lintasannya pun beragam ada yang enak maupun tidak, namun batasan masalah kali ini memang harus dikerucutkan pada Konsumsi BBM agar tidak terlalu Out of Topic. Rangkaian Tes Konsumsi Bahan Bakar sampai hari ini… sudah tobi lakukan dalam 3 kali tes.. untuk tes selanjutnya akan diulas dalam artikel berbeda.

Mengawali tes konsumsi BBM sebagai bagian dari review kali ini bukan tanpa sebab. Mengingat Honda Supra GTR150 memang diposisikan sebagai bebek super adventure. Nah bicara tentang adventure, touring dan sebagainya tentu sangat penting melihat efisiensi bahan bakarnya karena menopang kenyamanan calon konsumen nantinya.

Mewarisi kejayaan generasi Supra, Honda Supra GTR150 masih tergolong irit untuk konsumsi bahan bakarnya. Dalam pengetesan konsumsi bahan bakar kali ini tidak ada konsep eco riding yang tobi terapkan alias berkendara seperti orang-orang pada umumnya. Kombinasi jalan santai…ataupun gas poll menjadi hal biasa apalagi greget tes motor baru….

tes 1 km awal konsumsi bbm GTR150 otobikers

Trek Sidoarjo-Malang memiliki kecenderungan kontur jalanan yang naik, namun untuk menggeber Supra GTR150 tobi tak tanggung-tanggung. Beberapa kali diajak adu Sprint dengan Vixion lawas, tobi ladenin.. siapa yang menang ? Eiitss tunggu dulu, akan dibahas di segmen test ride ya bro.

Mengawali kilometer diangka 124 km… Tes Pertama tobi akhiri pada jarak 255 km. Sebagai rinciannya perjalanan luar kota tersebut diselingin dengan adu sprint dengan beberapa produk kompetitor… begitu juga dengan sesekali mencoba kecepatan maksimum meskipun gagal karena gak sampai mentok sudah mendapati traffic jalan yang sedikit padat. So… gak adalah yang namanya tes eco riding seperti di media-media…. kan itu perlu ?

tes 1 km akhir konsumsi bbm GTR150 otobikers

Perlu untuk gimmick irit produk… namun bakal diluar ekspektasi jika digunakan dalam keseharian oleh karena itu tobi melakukan tes konsumsi bahan bakar dengan cara harian pula. Sebagai catatan tes konsumsi luar kota ini ketambahan dengan penggunaan di hari berikutnya hingga mencapai 255 km tadi. #catet

tes 1 struk konsumsi bbm GTR150 otobikers

Perhitungan konsumsi bahan bakar yang dipakai dengan metode Full to Full dengan ketinggian bahan bakar yang sudah tobi tentukan… disini tobi begitu cerewet dengan petugas SPBU agar jangan sampai kelebihan ataupun kurang… dalam pengawasan tobi ketinggian bahan bakar harus didapati sama.

Hitung-hitung dengan metode Full to Full, kilometer akhir dikurangi awal dan hasilnya dibagi dengan bahan bakar yang ditambahkan dalam tangki bbm dalam hitungan liter akhirnya efisiensi bahan bakar Supra GTR150 ketemu sudah.

TES -1 Konsumsi Supra GTR150

Metode : Full to Full
KM Awal = 124 km
KM Akhir = 255 km
BBM Pertamax = 3,110 liter

Hasil Tes Konsumsi BBM Honda Supra GTR150 adalah 42,12 km/liter. Hasil tes harian yang tobi lakukan ini tidak jauh berbeda dari klaim AHM dengan metode EURO 3 yang mencapai 42,2 km/liter. Untuk tes pertama kali ini semoga mengobati rasa penasaran pembaca sekalian terhadap konsumsi BBM dari bebek super honda yang satu ini. (tobi)

Advertisements
2 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan