Terbatasnya Edisi Spesial Kemerdekaan 75 Tahun, Honda CBR250RR Quick Shifter Spesial Edition Garuda X Samurai 2020

Motomaxone.com – Edisi kemerdekaan RI ke 75 tahun menjadi momen spesial khususnya untuk AHM (Honda) merilis produk flagship mereka dikelas sport 250cc 2 silinder. Apalagi kalau bukan generasi terbaru Honda CBR250RR Spesial Edition Quick Shifter.

Overall varian memang tidak sepenuhnya baru. Namun mendapatkan update fitur baru disemua varian. Baik tipe standar maupun tipe tertinggi Edisi Spesial. Tepatnya bulan Juli 2020 lalu edisi baru Honda CBR250RR ini diluncurkan.

Yang menarik bagi penulis adalah hadirnya edisi terbatas pada edisi spesial Honda CBR250RR yang kini mengusung power maksimum sebesar 41 PS tersebut (sebelumnya 38,7 PS). Terlihat wah namun jika ditilik lagi ternyata peningkatan power hanya sebesar 2,3 PS. Meski demikian sudah cukup membuat CBR250RR MY 2020/2021 ini mengusung label sebagai sport fairing dengan power tertinggi dikelasnya. Kelas sport 250cc 2 silinder.

Salah satu edisi spesial dan terbatas yang hadir pada varian CBR250RR ini adalah CBR250RR Quick Shifter Special Edition Garuda X Samurai.

Yang menjadikan varian ini spesial adalah produk ini hadir karena dibuat khusus untuk edisi Kemerdekaan RI yang ke-75. Hadir untuk pasar otomotif roda dua di indonesia, AHM memproduksi secara khusus edisi spesial Garuda X Samurai ini hanya 75 unit saja *untuktahappertama. Tak ada penjelasan spesifik dari AHM kapan dilanjutkan tahap berikutnya. Namun yang pasti edisi ini eksklusif.

Edisi spesial CBR250RR Quick Shifter Special Edition Garuda X Samurai ini sangat menarik dari segi desain decal striping nya. Mengusung nama yang khas akan ke Indonesia an dan ke Jepang-an :mrgreen:. Sebuah bentuk merepresentasikan dua budaya dari dua negara yaitu Jepang (negara asal pabrikan Honda) dan Indonesia (negara terbesar penjualan Honda).

Dibanderol dengan harga 77,7 juta rupiah OTR Jakarta. CBR250RR edisi khusus ini mengusung desain ilustrasi burung Garuda yang familiar dengan lambang negara Indonesia dan ilustrasi sosok Samurai.

Disisi kiri cover body fairingnya. Nampak terlihat ilustrasi Burung Garuda yang berkesan gagah dengan ilustrasi warna bulu keemasan berikut juga paruh burungnya. Tatapan tajam mata Garuda berwarna merah menambah kesan karakter kuat Garuda sebagai lambang negara Indonesia.

Ditilik lebih lanjut. Bulu bagian leher yang mengusung warna kuning keemasan tersebut ternyata mengusung siluet gambar rantai motor. Begitu juga dibagian kedua sayap burung garuda itu. Terlihat adanya siluet setang berikut pistonnya motor. Tak lupa hadirnya siluet bunga-bunga melati yang menambah khas kesan ke nusantaraan dimana melati berwarna putih biasa digunakan untuk melambangkan kesucian.

Disisi kanan cover body fairing. Nampak sebuah ilustrasi besar sosok samurai yang memberikan ciri khas negeri sakura jepang. Namun dari penelusuran penulis, sosok samurai ini bukan seorang samura biasa. Sekilas terlihat menggunakan topeng oni (sosok s*tan pada kepercayaan jepang) yang mana kedua taring bawahnya mengigit sebilah pisau berambut merah yang mana tangan kanannya bersiap memegang pedang samurai. Dugaan kuat bahwa ini merupakan oni jepang adalah siluet hadirnya dua tanduk diatas kepalanya. Begitu khas budaya jepang.

Disisi kanan ini terselip pula siluet bergugurannya bunga sakura. Dan hadirnya siluet gir belakang motor. Siluet rantai yang membentang panjang juga terlihat pada decal yang terletak pada tangki sebelah kanan. Bedanya dengan kiri, sisi sebelah kanan ini beraksen warna merah.

Kedua lambang Samurai dan Garuda ini juga terlihat kembali pada cover bodi depan diatas headlamp alias lampu utama. Dibagian bawah tepat pada headlamp, terdapat aksen batik yang sekali lagi memberikan kesan budaya Indonesia. Siluet gir belakang juga kembali dinampakkan oleh AHM dengan stiker yang ditempatkan di spakbor depan berwarna merah. Tak lupa untuk menguatkan kesan produk Honda, ada stiker bertuliskan Honda dengan dimensi cukup gede dibagian bawah fairing disamping kanan dan kiri bawah mesin.

CBR250RR Quick Shifter Special Edition Garuda X Samurai ini sejatinya mengusung konsep warna dasar bodi hitam doff. Dipadu dengan warna velg gold. Konsep varian warna nya jadi mirip-mirip dengan si Cyubi CB150R Stallion Black milik penulis. Yang berbeda, AHM memberikan rim velg pada CBR250RR edisi spesial ini dan merupakan satu-satunya versi SP yang dipercantik dengan rim velg. (red)

Galeri CBR250RR Quick Shifter Special Edition Garuda X Samurai :

Kolom Komentar