Race MotoGP Aragon, Gantian Marquez Takhlukkan Lorenzo…

race aragon

Selamat malam, pembaca sekalian. Adakah dari brosis yang melewatkan siaran langsung MotoGP Aragon tadi pukul 19.00 WIB. Yup, tentunya seperti prediksi fnc bahwa jalannya balapan bakal sangat seru telah terbukti. Saling jegal untuk berburu poin merupakan tayangan menarik sepanjang siaran berlangsung.

Lorenzo yang bakal mendapatkan keuntungan dari akselerasi cepat yamaha M1 nya akhirnya  beraksi. Kehilangan pole position tak membuat Lorenzo keder dengan pesaingnya dari pabrikan honda. Terbukti, Lorenzo mendahului pemegang pole kala start dimulai.

Penonton sempat dibuat kecewa dengan GAP antara Lorenzo yang terdepan dengan posisi 2 dan 3 dibelakangnya, pasalnya jarak semakin jauh hingga menembus GAP 2 detik. Sementara Lorenzo tak mendapatkan perlawanan, perebutan posisi kedua lebih seru dengan aksi overtake antara duo pembalap repsol honda.

Beberapa kali Pedrosa dan Marq saling terlibat duel. Disaat Marq mendahului di satu tikungan, Pedrosa membalasnya dengan mendahului kembali di tikungan yang lain. Hingga puncaknya, Marquez terlibat kontak dengan Pedrosa sebelum tikungan , namun Marquez pun akhirnya melebar dengan tidak memaksakan memotong laju Pedrosa.

podium aragon

Naas bagi Pedrosa yang beraksi didepan pendukung tuan rumah dan merupakan hari ulang tahunnya. Setelah terlibat kontak, Pedrosa terlihat memaksakan motor masuk ke tikungan dengan kemiringan yang tidak biasa. Alhasil, saat keluar tikungan tersebut Pedrosa pun sliding dan terpelanting dari motornya.

Kecelakaan yang dialami Pedrosa ini sama persis dengan Rossi kala terpelanting dari motornya di Mugello beberapa tahun silan hingga menyebabkan cedera serius. Kecelakaan ini pun juga serupa dengan yang dialami Lorenzo di sirkuit Mugello dan Laguna Seca beberapa tahun lalu.

Bisa terjadi demikian dikarenakan disaat sliding ban belakang pembalap tidak mampu mengontrol bukaan throttle dengan baik dengan tetap menarik throtle yang menyebabkan laju kendaraan dan posisi motor saat sliding tidak searah sehingga menyebabkan motor seolah membanting si pembalap.

Keluarnya Pedrosa membuat Marquez lebih terfokus mengejar Lorenzo yang jauh didepan. Namun perlahan dan pasti, Marq pun mampu untuk semakin mendekati Lorenzo. Yup, kans menyalip pun terbuka kali ini. Kali ini adu SSG Yamaha M1 dan Honda RC213V dibuktikan, keluar tikungan sebelum straigh aragon keduanya bak beradu drag di jalan lurus panjang sirkuit aragon. Hasil top speed nya terbilang wow bagi fnc yang kesehariannya ditemani bluemx yang hanya mampu melaju maksimal di angka 120 km/j. Lorenzo mencatatkan 330 km/j di straigh panjang aragon, sedangkan Marquez menbukukan top speed 334 km/j.

Setelah keduanya puas beradu ditrack lurus tersebut, Marq kembali memangkas waktu lebih dekat dengan Lorenzo. Tak menunggu waktu lama, Marq memanfaatkan celah yang diberikan Lorenzo dengan meng overtake nya di sisi dalam tikungan. Penonton pun bersorak, bahwasannya balapan tak lagi berjalan monoton dengan dominasi Lorenzo.  Marq yang akhirnya sukses mendahului Lorenzo, semakin memperbesar GAP, dan akhirnya menyentuh garis finish pertama dari semua pembalap diikuti Lorenzo di posisi kedua.

Perebutan posisi ketiga pun juga tak kalah seru antara duel Rossi – Bautista – Bradl. Bautista yang ngotot dengan target podium didepan mata akhirnya kandas perlawanannya setelah Rossi memaksanya dengan mengovertake di sudut sempit. Bautista pun sempat berduel dengan Bradl pada 2 tikungan saling meng-overtake sebanyak 3 kali. Podium ketiga untuk Rossi, lumayan lah meski berbau keberuntungan dengan jatuhnya #26. (fnc)

race aragon

No Comments

Kolom Komentar