Open House Suzuki Indonesia, GSX-R150 Usung Model Rangka Diamond, Produksi 1 Motor Hanya 90 Detik

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, beberapa hari lalu PT. SIM (Suzuki Indomobil Motor) melakukan “OPEN HOUSE” sehingga blogsphere hingga media nasional bisa melihat dengan jelas proses produksi motor-motor di pabrik Suzuki Plant Tambun I Bekasi. Tak terkecuali produk baru yang paling disorot yaitu Suzuki GSX-R150.

Dari kunjungan tersebut, banyak yang akhirnya bisa melihat sendiri produksi Suzuki Plant Tambun I dan sekaligus melihat lebih dekat produksi Suzuki GSX-R150 mulai dari “tidak berpakaian” hingga tertutup dengan fairing.

Semua proses produksi bisa dilihat dengan mata telanjang brosis, termasuk proses assembly yaitu perakitan motor dari nol hingga menjadi 1 unit motor yang siap dipasarkan. Seperti Suzuki GSX-R150 misalnya, melewati 2 proses yaitu proses pengolahan yang dibedakan berdasarkan material mengutip dari kang iwb yaitu material plastik dan logam.

Untuk material dengan bahan logam akan menjalani berbagai proses pengolahan yaitu :

Pressing -> Welding -> Plating

Sedangkan material dengan bahan plastik akan menjalani proses sebagai berikut :

Injection -> painting

Setelah pengolahan bahan dasar sudah siap, maka proses perakitan akan dilakukan dengan menggabungkan semua dari bahan dasar tadi kemudian dirakit sedemikian rupa sehingga menghasilkan 1 unit motor.

Berapa cepat produksi 1 motor Suzuki GSX-R150 ?

SIM bisa memproduksi 1 unit motor Suzuki GSX-R150 hanya dalam waktu 90 detik. Jika melihat keterangan ini, maka bisa jadi waktu 90 detik tersebut dihitung dari proses perakitan seluruh komponen hingga menghasilkan 1 unit motor. Tentunya kecepatan produksi ini untuk masing-masing produk suzuki berbeda-beda.

Dari proses produksi inilah, kita bisa melihat lebih jelas model rangka yang digunakan oleh Suzuki GSX-R150.

Dari pengamatan, admin melihat Suzuki GSX-R150 menggunakan rangka Diamond (Diamond Frame). Penggunaan rangka ini memang cukup simpel dan ekonomis. Oleh karena itu Suzuki GSX-R150 tidak menonjolkan bagian rangka seperti halnya Yamaha R15 (Deltabox) dan CBR150R (Trellis).

So admin tidak sependapat dengan sumber lain yang menyebutkan bahwa Suzuki GSX-R150 menggunakan model rangka Twin Spar atau bahasa teknisnya adalah rangka perimeter karena memang model rangka GSX-R150 berbeda jauh dengan konsep rangka perimeter yang admin ketahui.

Meskipun demikian, bukan berarti secara basis rangka diamond yang diusung GSX-R150 ini jelek brosis. Karena setiap pabrikan memiliki perhitungan tersendiri, seperti Suzuki GSX-R150 ini, kesan rangka diamondnya biasa saja namun memiliki performa mesin yang cukup wah dibandingkan lainnya. Semoga Bermanfaat. (red)

Kolom Komentar