Melek Aturan, Pentingnya Kenakan Helm Untuk Keselamatan

Hukum atau aturan tidak serta merta dibuat tanpa dasar yang jelas, begitu pula halnya dengan aturan berkendara untuk roda dua. Salah satu aturan keselamatan berkendara adalah dengan mengenakan piranti pelindung kepala atau disebut juga dengan HELM. Namun sayang, banyak masyarakat baik awam ataupun ber-pendidikan yang “SENGAJA” menghiraukan aturan yang satu ini.

Pemotor dalam fungsinya sebagai pengedara di jalan raya lebih rentan terhadap kecelakaan dibandingkan pengedara roda 4. Seorang rider harus ekstra fokus karena hanya berpijak pada 2 roda oleh karena itu keseimbangan menjadi faktor penting dalam berkendara. Tak sedikit pengendara roda 2 yang mengalami kecelakaan bahkan menyumbang persentase terbesar kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu sepatutnya kita yang lebih mengerti dari masyarakat awam yang notabenenya minim informasi memberi contoh yang signifikan. Salah satunya adalah melek aturan dengan selalu menggunakan helm saat berkendara karena bahaya akan datang tak terduga. Memang, mengenakan helm tak menjamin seseorang luput dari maut, namun meminimalisir cedera fatal yang diakibatkan dari kecelakaan yang terjadi.

Diatas, merupakan video edukasi dari Yamaha India akan pentingnya menggunakan HELM daripada tidak sama sekali. Sepertinya video ini sengaja dibuat untuk ditekankan sebagai edukasi bagi orang2 yang masih berkendara tanpa helm. Kepala adalah organ penting yang rentan saat terjadi kecelakaan. Suatu hal yang penting bagi kita semuanya untuk mengetahui bagaimana sebenarnya sebuah helm benar2 bekerja untuk melindungi kepala kita.(fnc)

Semoga Berguna.

Kolom Komentar