Kenali Gejala Rusak Modul Rem ABS Yamaha NMAX dari Masalah Remeh

Motomaxone.com – Seperti halnya perangkat elektronik lainnya. Ternyata modul rem ABS milik Yamaha NMAX juga berpotensi mengalami kerusakan akibat dimakan usia. Bagi pemilik maxi skuter Yamaha NMAX, tentunya penting mengenali gejala kerusakannya.

Kenali Gejala Rusak Modul Rem ABS Yamaha NMAX dari Masalah Remeh

Yamaha sudah membekali NMAX dengan indikator ABS. Ini artinya jika terjadi mall function atau masalah maka indikator ABS tersebut akan menyala. Dalam kondisi normal indikator ABS ini akan mati saat pengendara sudah menjalankan motor 10 km/j.

Melansir otomotif, masalah pada sistem ABS itu timbul biasanya saat motor jalan biasa. Indikator ABS tiba-tiba nyala. Masalahnya bukan karena indikatornya menyala, namun saat menyala indikatornya tersebut dibarengi dengan tenaga motor yang tiba-tiba ngempos. Biasanya hanya sekian detik kemudian indikatornya ABSnya mati dan tenaga kembali normal.

Terkena kotoran. Atau terkena rembesan minyak rem. Juga menjadi penyebab errornya speed sensor yang juga ditandai dengan munculnya indikator ABS di panel dashboard speedometer.

Kenali Gejala Rusak Modul Rem ABS Yamaha NMAX dari Masalah Remeh

Rembesan minyak rem tersebut termasuk masalah yang remeh. Namun terbukti akan membuat masalah pada speed sensor ataupun modul ABS Yamaha NMAX yang sudah uzur.

Untuk mengatasinya harus segera diganti baru kalo error sudah berlangsung berkali-kali. Ganti baru modul ABS memang menjadi langkah tepat, namun perlu mempersiapkan dananya dari keuangan anda.

Atau opsi lain ? yaitu menonaktifkan fungsi modul ABSnya. Namun ada konsekuensinya yaitu sistem pengereman motor menjadi seperti model Non ABS. Ibarat kata jika opsi kedua yang dipilih, maka perlu merubah gaya berkendara dan kembali mengasah feeling pengereman. (red)

One Comment

Tinggalkan Jejak Dengan Tulisan...