Kelebihan dan Kekurangan, Pasang Spion Tomok di Honda New CB150R SF SE Stallion Black

Motomaxone.com – Berawal dari salah seorang teman pemilik Satria FU FI yang menggunakan spion tomok di motornya… dari penampilannya keren pula ini motor pakai basis spion bermodel sporty. Inilah yang menginspirasi penulis untuk coba-coba menggunakan spion tomok (istilah nama model spion seperti pada gambar) pada si cyubi Honda New CB150R Streetfire SE edisi warna Stallion Black ini.

Dulu…. !! Dimasa penulis masih pakai bluemx, spion macam tomok ini belum ada. Adanya spion-spion aftermarket yang kualitas ya begitulah.. itu kenapa penulis tidak lagi berminat dengan spion variasi. Pasalnya kekuatan spion variasi ini untuk menahan getaran tidak sebagus spion standar bawaan pabrikan “ya..iyalah”.

Tapi selepas menggunakan spion tomok ini, ternyata penulis perlu mengkoreksi anggapan terkait dengan kualitas spion variasi. Model spion ini memang cukup sporty hingga menjadikan motor semakin sporty look. Batangnya spionnya logam yang lumayan kokoh, dengan kualitas visor yang baik menjadikan spion ini meskipun berlabel variasi namun cukup baik menahan getaran motor layaknya spion standar.

Dimensi visornya sendiri tergolong imut alias kecil, tidak selebar spion bawaan motor. Namun siapa sangka ? fungsi visibilitas dari kaca spionnya sendiri tak kalah dengan spion bawaan motor. Bahkan memiliki kesan visibilitasnya sedikit lebih luas ketimbang kaca spion bawaan motor itu sendiri. Inilah yang mendasari penulis menerima tawaran temen penulis saat itu yang bertanya apakah mau pula dipesankan, penulis terimalah tawaran itu dengan memilih batang spion berwarna gold, selaras dengan aksen varian stallion black yang memiliki warna gold dibagian striping dan sepasang velgnya.

Penampilan si cyubi pun terdongkrak menjadi lebih keren nan sporty. Namun spion aftermarket semacam ini bukan tanpa kelemahan. Sepanjang pengalaman penulis menggunakan spion ini di New CB150R SF Spesial Edition “Stallion Black”, fungsi spion sebagai gantungan helm pun menjadi hilang saat mengggunakan spion variasi seperti ini.

Selain itu, hindari berbenturan saat berpapasan atau saat selap selip disela-sela mobil. Mengingat spion ini disetting dengan beberapa baut dan perlu dirapatkan torsinya hingga permanen tidak lagi banyak digerakkan, maka saat berbenturan keras, bisa jadi akan berdampak pada kerusakan seketika dari spion ini. Harganya sendiri saat penulis pesan kepada temen, penulis menebusnya dengan harga 150 ribu… namun dengan harga segini sudah mampu mendongkrak penampilan si Honda New CB150R SF SE menjadi lebih sedap dilihat. (red)

Foto Lain :

One Comment

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...