GEAR

Irit Maksimal dengan All New Honda BeAT…. Perhatikan Lampu ECO nya !!

GEAR

Motomaxone.com – Sobat biker sekalian, sedikit tergelitik di bursa motor seken, saat penulis jumpai penjual skuter matic Honda melabeli motor yang dijualnya dengan sebutan BeAT Eco. Padahal nama resmi dari pabrikan adalah Honda BeAT eSP :mrgreen:

Karena mereka kurang paham nama resminya maka diambillah ciri khas yang membedakan dengan generasi sebelumnya. Yaitu ECO. Biasanya berwarna hijau, eco ini merupakan singkatan dari nama panjangnya yaitu Eco Indicator. Eco ini ditandai dengan menyalanya lampu indikator berwarna hijau.

Eco yang menyala menandakan gaya berkendara anda sedang dalam mode hemat bahan bakar. Pada All New Honda BeAT 2021, terdapat 3 pola dalam mengaktifkan mode ECO atau mode irit bahan bakar. Hal ini penting dipahami agar terbuangnya bahan bakar tersebut tidak sia-sia akibat ketidaktahuan kita.

Lampu indikator ECO Padam bila terjadi dalam 4 kondisi, yang pertama kecepatan kurang dari 3 km/jam, kondisi kedua kecepatan lebih dari 67 km/jam, kondisi ketiga speed sensor rusak dan keempat handle gas dipluntir secara spontan. Pada kondisi tanpa ECO seperti ini, motor diklaim memiliki daya konsumsi BBM hanya sebesar 34 km/liter.

Lampu indikator ECO menyala redup, terjadi bila kecepatan motor antara 3 km/jam s/d 67 km/jam atau dalam kata lain, pengendara melakukan bukaan gas sedang. Dalam kondisi ini konsumsi bahan bakar diklaim mencapai rentang antara 34-63 km/liter.

Lampu indikator ECO menyala terang, kondisi ini terjadi bila mencapai kondisi sebagai berikut. Kecepatan sama direntang 3km/jam sampai dengan 67 km/jam. Namun pembedanya adalah bukaan gasnya yang cenderung lebih perlahan dan tidak terlalu besar. Kondisi ini merupakan kondisi ideal ECO dimana efisiensi bahan bakarnya bisa mencapai lebih dari 63 km/liter.

So, ingin lebih berhemat bahan bakar maka coba saja praktekkan cara diatas.

Kolom Komentar