Honda Recall CBR1000RR-R Sebelum Sampai Ketangan Konsumen

Motomaxone.com – Tak ada gading yang tak retak. Sebuah analogi tentang sebuah produk tidak akan sepenuhnya sempurna dan terbebas dari kekurangan. Malah sebaliknya. Hal itulah yang dialami oleh Honda CBR1000RR-R Fireblade.

Honda Recall CBR1000RR-R Sebelum Sampai Ketangan Konsumen

Sebagai produk flagship disegmen Big Bike Honda tentu sedikit kekurangannya akan menjadi masalah. Honda pun baru-baru ini menggelar recall produknya tersebut. Sosialisasi penarikan kembali CBR1000RR-R berkaitan dengan potensi kerusakan dibagian dalam mesin yang tentu bisa berakibat fatal untuk pengendara.

Tapi recall produk ini cenderung unik. Pasalnya proses penarikannya dilakukan sebelum model produk ini tersebar. Belum digunakan oleh konsumen. Demikian seperti yang disampaikan oleh Honda Eropa.

Sumber masalah itu berasal dari sektor mesin. Bagian dalam mesin. Connecting rod atau biasa disebut conrod milik CBR1000RR-R Fireblade disinyalir mengalami cacat metalurgi. Pun tak ada penjelasan rinci apakah akan berdampak pada ketahanan mesin atau kualitasnya.

Sebanyak 300 unit Honda CBR1000RR-R mengalami kejadian tersebut. Artinya jumlah tersebut merupakan 10% dari jumlah unit CBR Triple-R yang dipasarkan dikawasan eropa.

2020 HONDA CBR1000RR-R SP

Apakah berarti masalah yang sama akan terjadi disemua produk CBR Triple-R yang tersebar di dunia ?

Masalah dari Conrod tempa yang mengusung material Titanium ini ternyata tidak terjadi di wilayah lain seperti di amerika misalnya sehingga tidak membikin was-was konsumen di wilayah lainnya.

Pertama ditampilkan didepan publik. Honda CBR1000RR-R ini disambut dengan cukup antusias. Terutama bagi kalangan awak media otomotif mancanegara yang begitu ngebet ingin mencobanya. Tak terkecuali pula konsumen otomotif penyuka kecepatan.

Namun dimasa wabah pandemi ini, kehadiran CBR1000RR-R dibeberapa negara menjadi terhambat. Mengingat jepang pun sebagai negara yang memproduksi motor ini melakukan penghentian produksi sejak COVID19 ini semakin mewabah.

Kelas Tertinggi Produk Superbike Honda

Honda CBR1000RR-R Fireblade menempati kasta tertinggi motor superbike yang dimiliki oleh pabrikan Honda. Dibekali winglet, diproyeksikan turun ke lintasan ajang balap dunia WSBK menjadikan si Triple-R dibekali dengan DNA motor motogp. Fungsi winglet itu sendiri seperti yang sudah banyak diketahui dari balapan motogp. Yaitu sebagai piranti aerodinamika untuk fungsi downforce.

Dibekali mesin 999,9cc Inline-4. DOHC 16 Klep. CBR1000RR-R mampu menghasilkan power maksimum 217 hp @14.500 RPM dan torsi maksimum 113 Nm @12.500 RPM. Sebagai produk baru, performa yang dimiliki CBR1000RR-R ini diklaim lebih baik diatas kertas ketimbang Ducati Panigale V4 sekalipun sebagai sesama produk produksi massal. (red)

Kolom Komentar