Sosok Calon Yamaha MX King 155 VVA, Begini Tanggapan Eks Pengguna Jupiter MX

Motomaxone.com – Lama tak mendengar kabar penyegaran mesin Yamaha MX King 150. Rupanya vietnam mengawalinya dengan sosok gambar motor baru yang diduga adalah Yamaha Exciter 155. Yang artinya inilah MX King 155 VVA !!

Di segmen sport underbone, MX King 150 memang masih menjadi kebanggaan yamaha di pasar indonesia. Motor ini masih cukup diminati meskipun memiliki pesaing yang cukup mentereng. Sebut saja Sonic 150R, Supra GTR150 dan Satria F150 FI.

Bila masuk ke pasar indonesia, usai sudah penantian penggemar MX King melihat generasi baru motor tersebut mengusung mesin baru berkapasitas 155cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Semacam NMAX, Aerox 155, Vixion 155 VVA, MT-15 dan New R15 155 VVA.

Sebagian besar produk 150cc Yamaha sudah menggunakan mesin 155cc dengan fitur VVA nya. Saat ini hanya MX King 150 saja yang belum mendapatkan upgrade mesin yang hanya diupgrade 5cc itu. Tentunya akan memberi angin segar untuk para penggemar Yamaha MX King yang sudah menanti lama upgarde mesin dari pabrikan garputala tersebut, mengingat performanya bakal lebih memikat daya tarik para penyuka gas poll, meski hanya seperlunya saja.

Desain ?

Perubahan desain penampilan MX King 155 VVA nantinya juga perlu dipertimbangkan. Seperti yang sudah terlihat pada Yamaha Exciter 155 ini. Sebagian besar penampilan berubah, terutama desain cover bodi nya.

Masih memperlihatkan kesan sporty nya sebagai motor sport underbone. Dek depan yang tidak nampak jelas menjadi kuncinya. First look impression nya harus nendang, kalau tidak ya jangan berharap banyak.

Bagian buritan masih mengesankan. Meski lampu belakang berubah desain, mirip Yamaha R series. Tetap manis terlihat. Namun menurut penulis masih lebih keren desain buritan MX King versi saat ini, yang masih pakai lampu belakang ala R25 itu.

Yang terlihat berbeda pada buritan Exciter 155 ini adalah jarak kolong antara bodi spakbor dan ban belakang. Terlihat berjarak sekali dan tentunya menambah kesan sporty yang bikin demen penyuka MX King.

Exciter 155 ini tetap patut ditunggu kiprahnya. Hadir dengan power outlet untuk charger smartphone namun tanpa tempat menaruh gadget. Juga hadirnya Smartkey Keyless yang sudah barang tentu sebagai first mover dikelas motor bebek sport.

Panel meter sudah barang tentu digital. Desain headlamp berubah lebih minimalis dibandingkan model sekarang. Namun tetap Headlamp dan Tail lamp mengusung teknologi LED. Namun sayang lampu seinnya masih tetap mengusung model bohlam. Mengurangi estetika MX King yang dikenal hi-tech dikelas motor bebek underbone. Begitu juga dengan handle rem belakang yang masih belum ada kemajuan desain, masih bertahan dengan handle rem bawah yang ala motor bebek dikelas low-end. Kenapa nggak menggunakan desain semacam Supra GTR150 yang sudah bermodel semi underbone footstepnya.

Headlampnya kok jadi culun begini.. apa mungkin angle fotonya ?

Overall dari penampilannya motor yang disinyalir MX King 155 VVA ini tetap saja dibuat tanggung pembangunannya. Berkesan tambal sulam dari kekurangannya namun masih menyisakan kekurangan yang lain. Ini merupakan tanggapan penulis sebagai eks pengguna Yamaha Jupiter MX generasi pertama versi tahun 2007. (red)

Kolom Komentar