Honda Forza 750 2021 Diluncurkan, Line Up Maxi Skuter Honda Bertambah

Motomaxone.com – Sudah beberapa waktu lalu teaser motor anyar Honda Global ini disebarkan. Pun demikian penulis dibuatnya penasaran. Sosok keren skuter matic Honda yang bakal masuk ke jajaran Honda Big Bike alias Moge Honda. Inilah dia Honda Forza 750 untuk model produk tahun 2021 mendatang.

Honda Forza 750 2021 Diluncurkan, Line Up Maxi Skuter Honda Bertambah

Honda Forza tentu sangat familiar untuk insan otomotif Indonesia. Ya, AHM selaku ATPM resmi yang meniagakan motor bermek Honda di Indonesia ini memang sudah menjual skuter gambot bernama Forza. Namun yang dijual di Indonesia adalah Forza 250.

Tahun 2020 ini Honda mengembangkan kapasitas dapur pacunya untuk pilihan konsumen. Hadirlah Honda Forza 350. Versi inilah yang sebelumnya tersedia di pasar dunia.

Jadi konsumen global yang menginginkan skuter matik Honda yang memiliki kapasitas besar maka pilihannya jatuh pada Honda Integra berkode nama Honda NC700D atau NC750D Integra. Mengingat Integra, teringat pula nama varian mobil Honda tapi yang ini adalah motor. Skuter matik dengan transmisi dual-clutch. Berkapasitas mesin 745cc dan merupakan suksesor dari skuter matik honda disegmen petualang yaitu Honda X-ADV 750.

Nah mulai saat ini, tahun 2020. Jajaran skuter Big Bike Honda itu akan mengusung satu label nama bernama FORZA. Ini artinya kehadiran Honda Forza 750 berlaku sebagai pengganti Integra yang dikemas dengan produk yang lebih segar dan baru.

Desainnya sendiri begitu menarik. Lebih futuristik ketimbang model 250 atau 350cc nya. Sekilas dari bentuk desainnya, lekukan cover bodi nya, penulis jadi teringat dengan Honda Vultus. Yang juga mengusung mesin 750cc itu dan juga bertransmisi dual clutch itu. Yang mirip motor batman. Yang terasa aneh untuk minat konsumen Indonesia.

Maxi Skuter baru Honda bernama Forza 750 ini mengusung mesin twin-parallel berkapasitas 745cc. Kapasitas mesin yang sama dengan yang disandang oleh X-ADV dan NC750X. Dari beberapa informasi yang penulis himpun terkait data spesifikasi mesinnya bahwa sektor mesin ini tidak berubah. Termasuk diameter dan langkah nya. Termasuk sistem emisi CO2 yang sudah berstandar euro 5, sama dengan Honda X-ADV.

Sebagai motor perkotaan, tentu ada sedikit pembeda pada besaran output power dan torsinya. Maxi Skuter Forza 750 ini menghasilkan power dikisaran 58 HP @6.750 RPM dan torsi 69 Nm @4.750 RPM. Dari alokasi tenaga yang dihadirkan Honda untuk Maxi skuter ini terlihat bahwa motor ini begitu dimaksimalkan impresi performanya di putaran mesin bawah hingga menengah.

Honda Forza 750 2021 Diluncurkan, Line Up Maxi Skuter Honda Bertambah

Bicara mengenai fitur, Dual Clutch Transmission (DCT) dilanjutkan untuk disandang oleh Forza 750. Tak ketinggalan pula, Honda Selectable Torque Control (HSTC) juga disematkan dengan menghadirkan 4 mode berkendara sesuai kebutuhan pengendaranya. Empat mode berkendara tersebut antara lain : Standard, Sport, Rain dan User. Mode User ini sebagai mode yang disesuaikan keinginan pengendaranya.

Hadirnya layar TFT 5 inchi menambah kesan modern nan futuristik. Kunci kontak pintar yang tidak lagi mengusung kunci kontak fisik. Melainkan cukup pencet sekali tombol untuk menghidupkan motor. Fitur yang biasa disematkan pada mobil mewah dan modern saat ini.

Port USB sudah barang tentu diberikan untuk kebutuhan mengisi daya smartphone saat perjalanan. Honda Smartphone Voice Control juga menjadi fitur menarik dari Honda untuk calon konsumen Honda Forza 750 ini.

Lalu berapa banderol harganya ? Untuk saat ini masih ‘gelap’. Belum ada informasi akurat tentang banderol harga resmi dari Maxi Skuter baru Honda ini. Mengingat spesifikasi nya mirip dengan Honda Vultus yang aneh itu tentu saja harga masuk ke Indonesia juga bakalan mirip. Vultus dibanderol seharga 435 juta pada 2017 silam sebelum akhirnya dihentikan penjualannya akibat sepi peminat.

Yang jelas, tak perlu khawatir bagi AHM untuk mendatangkannya. Mengingat kedepan, Maxi Skuter seperti ini akan menjadi salah satu pilihan selain line up motor sport dengan transmisi manual. Tapi ada syaratnya, lebih baik dirakit lokal, di-setting harganya agar kompetitif atau malah akan bernasib sama seperti NM4 Vultus yang made in japan itu. (red)

Galeri Honda Forza 750 2021 :

Kolom Komentar