Ducati V4 Grandturismo 1158, Mengubah Paradigma Generasi Baru Mesin Ducati Tanpa Katup Desmodromic

Motomaxone.com – Melalui situs resminya Ducati memperkenalkan mesin motor terbarunya. Masih dengan kontruksi mesin V4 namun mengusung generasi terbaru. Ducati V4 Grandturismo 1158 yang tak lagi menggunakan teknologi klep / katup desmodromic.

Ducati V4 Grandturismo 1158, Mengubah Paradigma Generasi Baru Mesin Ducati Tanpa Katup Desmodromic

Dugaan banyak pihak akan kehadiran mesin baru V4 generasi baru Ducati akhirnya pecah. Mesin baru V4 Ducati ini akan digunakan untuk Ducati Multistrada generasi berikutnya yang akan dirilis beberapa bulan kedepan. Namun yang menjadi kejutan terbesar dari mesin generasi terbaru ini adalah  Grandturismo 1158 ini tidak lagi menggunakan penggerak katup desmodromic, melainkan pegas (per) biasa.

Mungkin bagi penggila Ducati yang memuja khas nya katup Desmodromic akan menjadi masalah. Bakal ada statement atau istilah katup abal-abal nantinya. Seperti istilah DOHC abal-abal, padahal istilah itu hanyalah omong kosong dari umpatan sesaat semata.

Disisi lain tentunya penggunaan katup pegas biasa layaknya motor pabrikan jepang tentu tidak tampak sebagai hal yang buruk. Interval durabilitas mesin yang mampu menembus jarak tempuh 60.000 km tentu menjadi hal yang positif mengingat Ducati juga membutuhkan inovasi dalam penerapan dalam teknologinya.

Ducati mencoba mengakomodir kebutuhan dilapangan. Dimana faktanya biaya perawatan penerapan teknologi katup desmodromic dirasa nampak besar bagi kebanyakan pihak yang bukan dari kalangan sultan ketika mempertimbangkan akan memiliki motor Ducati.

Menurut Ducati, mesin baru ini dikembangkan untuk kelancaran kinerja yang maksimal. Dibangun lebih compact dan ringan. Menampilkan kesan nilai mesin yang kaya akan torsi. Dirancang untuk diterapkan pada kendaraan petualang namun masih sama dalam menawarkan sensasi mesin yang Sporty dan luar biasa.

Ducati membangun mesin V4 Grandturismo baru ini dengan model yang lebih ringan dibandingkan generasi mesin V4 Stradale. Dimensinya lebih pendek baik dari depan maupun belakang meskipun sedikit lebih lebar, hanya 20 mm saja. Desain mesin yang kompak ini diharapkan bisa memudahkan desainer dalam membangun rangka yang lebih leluasa.

Ducati V4 Grandturismo diklaim mengusung output Power mencapai 170 hp @ 10.500 RPM dan Torsi 124,7 Nm @ 8.750 RPM.

Ducati V4 Grandturismo 1158, Mengubah Paradigma Generasi Baru Mesin Ducati Tanpa Katup Desmodromic

Nyatanya secara performa tak tertinggal dibandingkan Multistrada 1260 S Grand Tour misalnya yang meskipun menggunakan mesin Desmodromic namun menghasilkan Power 158 hp dan Torsi 129 Nm namun dengan potensi panas mesin berlebih. Sehingga pengaplikasian katup desmodromic untuk semua varian mulai dianggap Ducati sebagai sesuatu yang tidak perlu.

Penggunaan teknologi Desmodromic untuk putaran mesin super tinggi seperti di ajang MotoGP memang masuk akal. Namun untuk kebutuhan mesin dengan kebiasaan putaran mesin yang lebih rendah, penggunaan Desmodromic dianggap tidak lagi diperlukan. Sehingga hadirnya mesin V4 Grandturismo yang mencoba mendobrak tradisi Ducati itu sendiri.

Disisi lain penerapan mesin yang mengusung tradisi Desmoquattro baru-baru ini yang diketahui adanya penonaktifan bank silinder belakang yang bertujuan untuk menjadikan mesin jauh lebih dingin saat pengendara terjebak dikemacetan. Teknologi yang diterapkan kali pertama pada generasi Streetfighter V4. Sp, dengan biaya perawatan yang lebih rendah, Ducati mencoba menawarkan teknologi lain yang tak kalah dari sisi performa namun lebih memberikan kenyamanan disaat berkendara.

Spesifikasi Mesin V4 Granturismo :

  • 1158 cc 4-cylinder 90° V engine
  • Bore x stroke 83 x 53.5 mm
  • Compression ratio 14:1
  • Maximum power 125 kW (170 hp) at 10,500 rpm
  • Maximum torque 125 Nm (12.7 Kgm) at 8,750 rpm
  • Euro 5 homologation
  • Distribution part chain, part gear – timing with dual overhead camshaft, 4 valves per cylinder
  • Counter-rotating crankshaft with crank pins offset at 70°
  • Wet multi-plate anti-patter servo clutch
  • Semi-dry sump lubrication with three oil pumps: 1 delivery and 2 return
  • Fueling with four oval throttle bodies (46 mm diameter equivalent)
  • 6-speed gearbox with Ducati Quick Shift (DQS) Up & Down System
  • 60,000 km maintenance valves interval
  • Deactivating rear bank

Foto Lain :

Kolom Komentar