Jagoan Baru Sport 250cc 2-Silinder, AHM Rilis Honda CBR250RR SP Quick Shifter, Power 41 PS !!

CBR250RR SP Spesial Edition Garuda x Samurai

Motomaxone.com – Sport 250cc 4 silinder memang sedang menjadi tren perbincangan dunia otomotif saat. Namun meskipun hal tersebut juga menjadi agenda jangka panjang, AHM juga tetap menguatkan segmen sport 250cc 2 silinder dengan menghadirkan Honda CBR250RR versi baru berlabel SP.

Varian ini sudah barang tentu menjadi versi tertinggi dari Honda CBR250RR. Setidaknya saat ini. AHM memberinya nama resmi Honda CBR250RR SP Quick Shifter. Meskipun ternyata Honda juga sudah menyematkan teknologi Assist Slipper Clutch. Dua fitur yang memang sudah seharusnya diberikan pada motor sport premium disegmen 250cc 2 silinder.

Tapi ada yang menarik sobat biker sekalian. Tak hanya fitur tersebut diatas. Melainkan Honda juga melakukan revisi pada mesin CBR250RR SP Quick Shifter ini. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa varian tertinggi CBR250RR ini mengusung performa, baik tenaga dan torsi yang diklaim lebih baik dari varian sebelumnya.

Desin bodi yang compact dan rangka teralis yang rigid masih dipertahankan oleh Honda untuk tetap mempertahankan handling yang sempurna pada Honda CBR250RR yang terkenal mengusung semboyan Total Control.

Racing Red

Dari sedemikian bentuk revisinya, Honda CBR250RR SP Quick Shifter saat ini mengusung power terbaik dikelas sport 250cc 2-silinder. Mengusung mesin 250cc DOHC 8 klep, Honda membekali motor sport mungil nan lincah yang powerfull ini dengan tenaga maksimum 41 PS @ 13.000 rpm. Torsi yang dihasilkan 25 Nm (2,5 kgf.m) pada putaran mesin 11.000 rpm.

Dengan performa yang dihasilkan tersebut, tak heran bila Honda mengklaim bahwa CBR250RR varian tertinggi ini mampu melesat hingga 172 km/jam. Untuk melibas jarak 200 meter hanya dibutuhkan waktu 8,65 detik. Dengan performanya saat ini, Honda memimpin segmen Sport 250cc 2 silinder dengan memiliki motor yang memiliki performa tertinggi dikelasnya… tentu saja ZX-25R tidak masuk hitungan, yang pasti diatas kertas Ninja 250 2-silinder sudah sepantasnya semakin khawatir.

Secara singkat, fitur Quick Shifter yang terdapat pada Honda CBR250RR SP Quick Shifter ini memiliki fungsi menciptakan efisiensi waktu pada saat perpindahan gigi transmisi. Seperti yang kita ketahui, fitur ini bekerja untuk membantu melakukan perpindahan gigi tanpa harus menekan kopling sehingga mampu mengurangi waktu pergantian gigi dan tentu meningkatkan akselerasi.

Pada Honda CBR250RR SP Quick Shifter sendiri, fitur Quick Shifter ini memiliki 4 mode. Yang pertama Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Yang kedua untuk menaikkan gigi saja. Ketiga untuk menurunkan gigi saja. Keempat, fitur Quick Shifter ini dalam kondisi Off.

Selain Quick Shifter atau QS, ada juga fitur assist slipper clutch. Honda menghadirkan fitur ini untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara mendadak (ekstrim). Secara logika, fitur ini tentu terlihat begitu bermanfaat untuk keperluan balap. Dimana saat balapan, dampak adanya engine brake berlebih akan mengurangi efisiensi dalam mencetak waktu tercepat.

Bravery Red Black

Throttle by Wire. Fitur ini sudah hadir sejak CBR250RR dilahirkan. Dan tetap dipertahankan pada varian terbaru Honda CBR250RR SP Quick Shifter. Fitur tarikan gas yang tidak lagi mengusung model konvensional (kabel kawat) melainkan sudah menggunakan sensor. Nilai lebihnya mampu menghasilkan akselerasi yang halus, stabil dan diklaim lebih presisi.

Salah satu fungsi yang memaksimalkan hadirnya throttle by wire itu adalah adanya 3 riding mode yang hadir untuk Honda CBR250RR. Kehadiran 3 riding mode ini menambah kenyamanan pengendara sesuai dengan karakternya masing-masing. Ingin motor lebih santuy, standar/normal, atau malah lebih agresif.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter yang notabenenya varian baru hadir pula dengan warna edisi spesial bertema Garuda X Samurai. Warna spesial yang hadir untuk menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan diperingati bulan agustus nanti, memiliki kesan warna dasar hitam dof dengan warna velg emas mirip warna CB150R Stallion Black milik penulis. Sedangkan warna lain yang tersedia untuk varian SP Quick Shifter ini adalah merah-hitam dan Racing Red. Dua warna terakhir dibanderol seharga 76,7 juta rupiah. Sedangkan harga warna Spesial Edition Garuda x Samurai masih perlu bersabar. (red)

Kolom Komentar