Menguak Skuter Matik Motor Paddock Repsol Honda Yang Dipakai Marc Marquez di GP Andalusia

Motomaxone.com – MotoGP Andalusia kemarin masih menyisakan sesuatu bagi penulis yang membikin rasa penasaran ini memuncak. Salah satumnya masih berhubungan dengan Marc Marquez dan Repsol Honda.

Menguak Motor Paddock Repsol Honda Yang Dipakai Marc Marquez di GP Andalusia

Marc Marquez memang tak turut andil balapan saat GP Andalusia berlangsung. Namun dibeberapa sesi latihan bebas, ternyata pembalap Honda yang baru saja menjalani operasi patah tulang dibagian lengan tangan kanan itu tampil untuk membalap.

Tapi disini penulis tak akan membahasnya lebih lanjut. Namun disela Free Practice yang dilakukan itu, Marc Marquez terbidik kamera fotografer menggunakan sebuah motor skuter matik yang terlihat tak asing. Spesialnya motor skutik itu menjadi motor paddock bagi tim Repsol Honda untuk dikendarai diluar lintasan sirkuit.

Motor apa itu ? demikian penulis bergumam dalam hati. Dari modelnya begitu mirip dengan Honda Spacy dari sisi depan. Ya.. motor skutik yang di indonesia sudah di discontinue oleh Astra Honda Motor akibat minimnya minat konsumen. Namun desain cover bodi tampak samping sekilas mirip Honda SH150i.

Setelah penulis lihat secara detail, baru ngeh kalau motor itu bukanlah Spacy seperti yang ada di indonesia.

Rupanya dan sepertinya, skuter matik yang sedang dikendarai oleh pembalap bintang Repsol Honda itu adalah versi baru Honda Spacy yang masih dipasarkan di Thailand maupun Vietnam, tapi sayang bukan di Indonesia.

Usut punya usut, ternyata skuter matik itu bernama Honda Vision 110. Skuter matik ini mengusung mesin 108cc. Kompresinya cukup rendah 9,5:1. Powernya hanya 8,8 PS @7.500rpm dan torsi 9,0 Nm @5.500rpm. Sistem pengkabutan bahan bakarnya sudah mengusung injeksi dong.

Namun dari pengamatan penulis beberapa hal menjadi daya tarik yang menarik dibandingkan kebanyakan skuter matik Honda yang dijual ditanah air dengan segmen sejenis. Apa itu ?

Kapasitas tangki bahan bakarnya cukup lega untuk ukuran segmen skuter matik 110cc yaitu berkapasitas 5,2 liter. Satu yang menarik lainnya adalah inner tube suspensi depan cukup besar yaitu 31 mm.

Nilai tambah dari skuter matik yang masih dirasa banyak minusnya dibandingkan motor skuter matik Honda di indonesia ini adalah motor ini digunakan untuk transportasi paddock Repsol Honda yang notabenenya adalah tim ternama diajang balap MotoGP. Padahal lampu utamanya masih bermodel bohlam. Andai saja dipasarkan di indonesia, penulis lebih memilih Vision 110 alasan kerennya cukup simpel karena dipakai juga oleh Juara Dunia MotoGP 4 musim berturut-turut itu :mrgreen:

Kolom Komentar