FP2 MotoGP Mugello, Lorenzo-Rossi Beda Tipis, Marquez Nyaris Tabrak Dinding….

99-lorenzo_s1d4905_original

Seri 5 MotoGP musim kompetisi 2013, dimulai hari ini tadi dengan menyelesaikan 2 tahap sesi latihan bebas pertama dan kedua. Hasilnya belum bisa diprediksi siapa yang nantinya akan mendominasi mengingat tiap team perlu beradaptasi kembali dengan settingan motor masing-masing menyesuaikan karakter lintasan Mugello.

Free practice pertama tak saya jelaskan dengan detail kali ini, namun yang patut menjadi catatan adalah bahwa pada Fp1 ini, Marquez kembali menebar ancaman dengan menempati posisi tercepat dengan catatan waktu 1’54.797. Namun catatan ini belum cukup memuaskan mengingat banyak tim yang masih mencoba-coba settingan yang tepat.

Menginjak pada Latihan bebas sesi ke-2, peta kekuatan yang mendominasi lintasan Mugello mulai terlihat. Lorenzo yang bertekad memperbaiki catatan buruknya dibeberapa seri balap terakhir terlihat lebih ngotot disini hingga menyelesaikan FP2 dengan catatan waktu lebih sempurna dari latihan bebas pertama yaitu 1’48.375.

Rossi yang bertekad menghapus memori buruk karena gagal podium sejak 4 seri terakhir tak ingin kembali tertinggal dari Top 3. Yup, kali ini di lintasan favoritnya Mugello, Rossi berhasil membuktikan ucapannya dengan menempati posisi 2 tercepat dibelakang Lorenzo 0.034 detik lebih lambat. Sebuah catatan yang sangat baik bagi Valentino Rossi semenjak kembali bergabung bersama Yamaha tahun ini. Dengan hasil ini, terlihat tim yang dikepalai Burgess dengan pembalapnya VR46 mulai mendapatkan pengembangan mesin yang diharapkannya dan juga tak lepas dari setting terbaik Yamaha M1.

Sempurna bagi Yamaha kali ini yang mendominasi 3 besar ditambah dengan Cal Crutchlow di posisis ketiga. Bagaimana dengan duo Repsol di FP2 kali ini? Mengecewakan. Entah apa yang terjadi, pada sesi kedua latihan bebas ini tim selain yamaha baik Honda dan Ducati terpaut lebih dari 1 detik dari pemegang waktu tercepat. Seperti Dani Pedrosa yang diharapkan mampu mendominasi kembali, kali ini cukup tercecer di urutan 5. Bahkan lebih lambat dari mantan rekannya Hayden dari  Ducati yang lebih baik dengan menempati posisi ke-4.

marq-rc213v-crash

Lho, dimana Marquez?  Marq mengalami insiden yang cukup serius dimana diharus melompat menghindari dinding. Namun Marq dikabarkan beruntung terhindar dari kecelakaan serius tersebut. Awal mulanya adalah track lurus mugello yang merupakan posisi tepat untuk memaksimalkan speed tertinggi, namun kala akan membelok, Marq kehilangan kontrol hingga terpelanting keluar lintasan. Pada insiden ini, kerusakan parah terjadi pada RC213V yang ditungganginya.

So, makin seru nih brosis. Tinggal menunggu esok hari dari seri FP3 hingga kualifikasi, bisa jadi Honda akan membalik keadaan nanti, namun tak menutup kemungkinan dominasi Yamaha akan terus berlanjut mengingat mereka ‘tim utama yamaha’ mutlak harus mendapatkan hasil maksimal jika tak ingin kehilangan gelar juara tahun ini. (fnc)

Hasil FP1 dan FP2 MotoGP Mugello :

ita-fp1ita-fp2

No Comments

Kolom Komentar