e-STNK, Inovasi Baru Berbentuk Card Untuk Banyak Ragam Pembayaran

Motomaxone.com – Berita cukup mengejutkan datang dari Korlantas Polri. Mereka sedang melakukan inovasi terkait dengan desain baru dari Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK). Melalui pemanfaatan jaringan teknologi informasi. e-STNK, Inovasi Baru Berbentuk Card Untuk Banyak Ragam Pembayaran.

e-STNK, Inovasi Baru Berbentuk Card Untuk Banyak Ragam Pembayaran

Melansir kompas.com berbagai inovasi tersebut dikatakan demi memberikan kemudahan bagi masyarakat. STNK berbentuk card ini terlihat memiliki semacam Chip yang tak biasa. Tidak seperti STNK dan SIM. Chip tersebut nampak seperti elemen chip dari SIMCard alias kartu prabayar.

Dalam rangka melanjutkan program digitalisasi tersebut maka akan diperkenalkanlah yang namanya E-STNK tersebut. Sebelumnya STNK memiliki 2 bentuk surat yaitu STNK sendiri dan surat tanda pelunasan kewajiban pajak. Yang biasanya dijadikan satu dalam cover plastik.

Nah selanjutnya akan berubah total. Tidak lagi menggunakan kertas melainkan menggunakan bentuk card yang sudah tertanam chip.

Dengan hadirnya STNK model baru ini maka e-STNK tidak lagi hanya berguna untuk informasi kepemilikan kendaraan dan bukti pelunasan pajak kendaraan saja melainkan juga untuk banyak macam pembayaran seperti pembayaran parkir, tol dan macam lainnya. e-STNK yang berfungsi untuk pembayaran tersebut nantinya akan dapat menyimpan saldo untuk ragam pembayaran tersebut. Dan rencananya transaksi pembayaran pajak atau denda tilang bisa dibayar melalui e-STNK tersebut.

Sejauh ini baik e-KTP, e-SIM ataupun e-Toll memang sudah dibekali dengan chip untuk penyimpanan database data pemilik kartu elektronik berikut pula untuk keperluan pengisian saldo macam e-toll yang konsepnya sama dengan kartu ATM. Namun sejauh ini tidak penulis temukan model chip yang nampak luar seperti yang didesain pada e-STNK tersebut. Chip yang identik dengan SIM Card Operator seluler. Btw ditunggu nih rilis e-STNK nya.

Kolom Komentar