GP Malaysia : Rossi ‘Sedikit’ Lebih Kompetitif Dengan Pengereman dan Gaya Balap Baru

Motomaxone.com – Perkembangan teknologi MotoGP yang terus berubah telah membuat Valentino Rossi memiliki pasang surut dalam karirnya hingga 400 kali penampilan grand prix nya kemarin di Australia.

GP Malaysia : Rossi ‘Sedikit’ Lebih Kompetitif Dengan Pengereman dan Gaya Balap Baru

Begitu juga sampai kini menjelang balapan GP Malaysia besok. Sampai saat ini, latihan bebas sudah diselenggarakan sebanyak 3 kali. Dari FP1, FP2 dan FP3 yang baru selesai hari ini. Namun sisi ‘kompetitif’ Valentino Rossi tidak juga stabil setelah banyak sekali masalah pada dirinya terkait dengan penggunaan ban belakang.

Melansir motogp.com Rossi menyampaikan bahwa gaya mengendarai para pembalap top telah sedikit dimodifikasi. Ini seperti motor baru, perangkat elektronik baru dan ban berbeda yang perlu dikendarai dengan cara yang berbeda untuk menemukan batasnya.

Begitu juga dengan pengereman. Pengereman sangat banyak, jadi mencoba rem dengan cara lain. Dan sepertinya banyak pengendara bekerja dari sudut pandang ini. Rossi sudah mencoba rem depan yang berbeda. Namun Marquez sepertinya sedang mencoba pengereman belakang macam skuter di stang.

“Secara umum, Anda harus mencoba untuk menjadi cepat tanpa terlalu menekankan ban belakang. Ini adalah target yang lebih besar untuk semua orang,” tambah Rossi.

Dalam hal itu, apakah Rossi berpikir dia lebih menekankan pada ban belakang daripada pengendara Yamaha lainnya dalam pengereman atau akselerasi?

“Pertanyaan yang bagus. Secara umum, apa yang kami pikirkan adalah lebih dalam akselerasi dan lebih sedikit di sudut masuk. Dalam akselerasi Anda harus halus untuk mengambil sepeda, tetapi gaya dibandingkan dengan 2-3 tahun yang lalu sangat berbeda sekarang.

“Tapi dengan tulus berbicara banyak waktu kita tidak melihat dalam data mengapa saya menekankan ban belakang lebih dibandingkan dengan yang lain. Jadi kita perlu menemukan cara, juga dengan beberapa pekerjaan yang berbeda pada sepeda.

Dalam hasil latihan bebas kedua kemarin, Rossi menunjukkan perkembangan signifikan setelah mampu meraih posisi 3 tercepat di sesi FP2 GP Malaysia. Namun jika dilihat dari statistik catatan waktu yang ditempuh 1’59.284, Rossi terlihat masih kedodoran jika dibandingkan dengan peraih waktu tercepat Fabio Quartararo dengan  selisih waktu 0,7 detik.

Namun di FP3 hari ini Rossi malah terlempar di posisi ke 12, yang harusnya di posisi ke 8 jika melihat catatan waktu sebelumnya di FP2. Valentino Rossi terbukti lebih lambat di FP3 dengan torehan waktu 1’59.643. Sedangkan diposisi 1 dan 2 tercepat ditempati oleh pasangan tim dari Petronas Yamaha SRT Morbidelli –Quartararo disusul Marc Marquez. Dimaana selisih dengan pembalap tercepat sedikit lebih lebar mencapai 0.882 detik dari Valentino Rossi. (red)

 

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...