Cara Menghindari Kejahatan Pecah Kaca Mobil, Perhatikan Ini !!

Motomaxone.com – Kejahatan bisa terjadi kapan saja. Bukan hanya karena ada niat pelakunya tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah.. Cara Menghindari Kejahatan Pecah Kaca Mobil.

Cara Menghindari Kejahatan Pecah Kaca Mobil, Perhatikan Ini !!

Tak hanya motor yang biasa menjadi target kejahatan. Namun mobil pun tidak sedikit yang menjadi korban aksi kejahatan. Salah satu modus yang banyak terjadi adalah “Pecah Kaca”.

Melansir liputan6, dikutip dari lama NTMC Polri salah satu cara yang umum digunakan para pelaku kejahatan adalah memecahkan kaca dengan helm atau komponen busi mobi/motor.

Penggunaan benda keras jarang sekali digunakan. Seperti linggis, kapak atau sejenisnya karena memiliki resiko tinggi menimbulkan bunyi keras yang tentu akan menarik perhatian lingkungan sekitarnya.

Sementara itu cara dengan memanfaatkan helm dengan menekan ke kaca mobil memang tidak terlalu menimbulkan suara. Tapi cara itu dikatakan sulit dilakukan jika mobil menggunakan kaca film. Apalagi kaca filmnya berkualitas.

Itu mengapa penggunaan serbuk busi biasa dilakukan oleh para pelaku kriminal dalam aksi jahatnya. Pecahan busi yang diberi air liur menimbulkan kondisi pecahan busi yang dingin sehingga saat dilempar ke kaca mobil yang ditutup rapat dan kondisi panas maka akan mudah pecah karena tekanan tinggi dari dalam kabin mobil.

Kejahatan seperti ini memang meresahkan pemilik kendaraan. Namun ada cara menarik untuk mengantisipasi modus kejahatan seperti ini yaitu dengan tidak menutup kaca mobil sepenuhnya. Seperti yang dituturkan oleh Kepala Unit III Subdit Resmob Ditreskrimun Polda Metro Jaya, Kompol Agung Wibowo.

“Tipsnya, kalau parkir pada siang hari kaca mobil harus dibuka paling tidak satu sentimeter agar ada sirkulasi udara. Kalau ada sirkulasi udara, para pelaku tidak bisa memecahkan kaca dengan pecahan busi,” ucapnya.

Dengan memberikan celah untuk sirkulasi udara tersebut maka tekanan kabin yang bersuhu panas tidak akan terlalu tinggi dengan hadirnya udara yang mengalir tersebut. Sehingga kaca mobil pun akan sulit mengalami keretakan meskipun dilempar dengan serpihan busi tersebut. Selain itu, faktor penempatan parkir pun juga perlu diperhatikan. Usahakan mencari tempat parkir yang terlihat. Jangan malah memilih tempat parkir yang tersembunyi.

Waspada dengan selalu ingat mengunci mobil dengan sistem alarm juga menjadi antisipasi lain untuk memberikan keamanan untuk mobil kita. Ingat, jangan terbiasa menempatkan barang berharga didalam mobil. Usahakan dibawa saat anda meninggalkan mobil sehingga tidak menarik perhatian. Kalaupun harus ditinggal dimobil seperti tas, maka tempatkan dibawah jok depan, kemudian geser jok mentok kedepan untuk menyulitkan aksi kejahatan. Upayakan kalau parkir malam hari di tempat yang terang atau ada penerangan lampunya. Pastikan tempat parkir ada pengamanan CCTV. Kalaupun tidak ada, parkirkan di tempat yang aman dan mudah dilihat.

Semoga kita semua terhindar dari kejahatan dalam bentuk apapun. Aamiin.

VIDEO :

One Comment

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...