Beda Sistem FI dan YMJET-FI pada Yamaha

Mengorek informasi dari Yamaha, patut kiranya info sedikit ini menjadi bahan pengetahuan kita semua yang menggemari dunia roda dua. Hal yang berkaitan dengan injeksi produk Yamaha. Moped anyar yamaha resmi dikeluarkan untuk meramaikan persaingan roda 2 tanah air. Berbagai fitur baru dijejalkan yang salah satu diantaranya adalah teknologi injeksi. Namun ada yang berbeda..

Yup, akhirnya terkuak bahwa teknologi injeksi All New Jupiter Z1 sangat berbeda dengan injeksi Yamaha Mio J dan Soul GT. Dimana kedua matic Yamaha ini telah diberikan teknologi injeksi ala yamaha yang disebut YMJET-FI. Apakah semua produk yamaha akan mengaplikasikan YMJET-FI? Ternyata tidak. Hal ini terbukti pada All New Jupiter Z1.

Jupiter Z1 tidak mengaplikasikan YMJET-FI seperti halnya 2 matic baru yamaha tersebut diatas namun memakai Sistem FI seperti pada Yamaha Vixion. Apa bedanya?

Sistem FI pada Yamaha Jupiter Z1 dan Vixion berbeda dengan YMJET-FI pada Mio J dan Soul GT karena disesuaikan dengan spesifikasi kebutuhan mesin dari masing-masing produk itu sendiri. Pada dasarnya, Jupiter Z1 dan Vixion  didesain untuk kecepatan dan performa sedangkan Mio J dan Soul GT lebih ditekankan pada akselerasi dan keiritan konsumsi bahan bakar.

Begitu pula dengan kontruksi dan cara kerjanya yang ternyata sangat berbeda. Pada sistem FI Jupiter Z1 memiliki 1 katup pada Throttle Body sehingga pada kecepatan rendah, menengah dan tinggi asupan udara masuk melalui Throttle Body secara langsung.

Pada sistem YMJET-FI pada Mio J dan Soul GT, memiliki 2 katup pada Throttle Body. Dimana pada kecepatan rendah (sekitar 20-50 kpj) 1 katup akan terbuka sehingga suplai udara tak langsung melewati lubang intake di Throttle Body melainkan melewati lubang Air Supply Passage, jika kecepatan tinggi maka katup kedua akan ikut terbuka sehingga suplai udara sepenuhnya melalui lubang intake pada Throttle Body. Hal inilah yang menjadikan sistem YMJET-FI diyakini mampu membuat efisiensi bahan bakar lebih irit. So, Bagaimana bro/sis? Sudah jelas bukan tentang perbedaan Sistem FI (Jupiter Z1 dan Vixion) dengan Sistem YMJET-FI (Mio J dan Soul GT). Semoga Berguna. (fnc)

Advertisements
2 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan