GEAR

2020 Honda Genio, Spesifikasi dan Harga di Bulan Oktober

Motomaxone.com – Masa pandemi seperti sekarang ini tak menyurutkan langkah para pabrikan otomotif untuk menyegarkan tampilan produknya. Tak terkecuali Astra Honda Motor (AHM). Salah satu skuter matik andalan dikelas low-end Honda Genio diberikan penyegaran varian warna.

Grafis baru ini terlihat lebih segar, lebih atraktif, lebih ekspresif, lebih stylish dan tentu lebih enerjik. Desain baru ini hadir untuk Honda Genio tipe CBS (Combi Brake System) dengan pilihan empat warna yang menarik.

Keempat warna yang akan menjadi andalan pilihan untuk calon konsumen Genio antara lain Putih Silver, Merah Hitam, Silver Hitam dan Coklat Hitam. Ini hanya untuk varian Genio CBS.

Sedangkan untuk varian Genio CBS-ISS (Combi Brake System – Idling Stop System) terlihat lebih menarik dengan konsep unik. Mengusung decal dengan bergaya papan tulis kapur. Yang sepertinya cocok digunakan untuk generasi millenial. Dan sudah barang tentu motor matrik fashionable  ini memang disesuaikan untuk gaya hidup target konsumennya.

Honda Genio ini mengusung mesin 110cc dengan teknologi eSP, SOHC berpendingin udara. Power yang dihasilkan mencapai 6,6 kW dan Torsi 9,3 Nm. Sudah dibekali pula ACG Starter yang membuat menghidupkan mesin motor tanpa berisik dinamo starter.

Motor matik pertama Honda yang dibekali dengan sistem sasis / rangka model baru yang mengusung teknologi eSAF. Diklaim memberikan handling yang lebih lincah dan nyaman karena mampu mereduksi bobot rangka model sebelumnya.

Bentuknya mirip dengan Scoopy. Istilahnya versi murahnya Scoopy. Namun juga sudah dibekali dengan lampu depan LED seperti halnya Scoopy. Meskipun lampu depan dan sein masih dengan model bohlam.

Model speedometernya termasuk keren. Lebih keren dari Scoopy malah. Mengusung model panel meter digital yang simpel. Bentuknya mengingatkan penulis akan panel meter moge Honda CMX 500 Rebel. Kapasitas bagasi bawah jok mampu mengakomodir ruang 14 liter untuk kebutuhan peyimpanan barang selama perjalanan. Sedangkan untuk tangki bensinya mampu menampung 4,2 liter.

Dari pengalaman penulis yang pernah merasakan Honda Genio ini, fitur-fitur yang dihadirkan sejatinya memberikan nilai plus sebagai konsekuensi dari beberapa kekurangannya. Seperti misal suspensi belakang yang terasa lebih kaku dan jok yang kurang empuk menurut penulis. Namun kembali lagi, motor ini diproyeksikan sebagai versi Scoopy dengan harga lebih murah. So, kelebihan maupun kekurangan itu yang penting diterima oleh calon konsumennya. Honda Genio diniagakan dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp 17.680.000,- untuk tipe CBS dan Rp 18.150.000,- untuk tipe CBS-ISS. (red)

Foto Lain :

Spesifikasi Honda Genio 2020 :

MESIN
Tipe Mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah 47,0 x 63,1 mm
Tipe Tranmisi Automatic, V-Matic
Rasio Kompresi 10,0 : 1
Daya Maksimum 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
Tipe Starter Elektrik dan Kick Starter
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
Tipe Suspensi Depan Telescopic
Tipe Suspensi Belakang Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C Tubeless
Rem Depan Cakram Hidrolik Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi Brake System
DIMENSI & BERAT
Panjang X Lebar X Tinggi 1869 x 692 x 1061 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Sumbu Roda 1.256 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 147 mm
Curb Weight 89 kg ( Tipe CBS ) , 90 kg ( Tipe CBS – ISS )
KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4,2 L
Kapasitas Minyak Pelumas 0,65 L ( Penggantian Periodik )
KELISTRIKAN
Tipe Baterai Atau Aki MF 12 V – 3Ah ( Tipe CBS ) , MF 12 V – 5 Ah ( Tipe CBS – ISS )
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N

Kolom Komentar