Suzuki GSX-R125 Tutupi Kekurangan Desain Dengan Fitur Keyless Ignition System

2017-suzuki-gsx-r125-r150-otobikers-4

Pembaca sekalian, beberapa hari terakhir pasca dirilisnya motor-motor baru di ajang intermot cologne 2016, Suzuki menjadi yang paling menonjol. Ini dikarenakan sosok Suzuki GSX-R125 yang diperkenalkan disana adalah refleksi dari Suzuki GSX-R150 yang akan diluncurkan di indonesia berlabel produk lokal. Yuk kita ulas……

Berbicara secara garis desain GSX-R125 tentunya tak lebih menarik dari Yamaha R125 yang dipasarkan di eropa. Desainnya sih oke aja namun tak cukup menarik untuk kelas light sport eropa yang dihuni motor dengan desain lebih baik… so GSX-R125 berkesan biasa saja. Begitu juga dengan Suzuki GSX-R150 yang rencananya akan dipasarkan di indonesia..

Jika memang secara desain, Suzuki GSX-R150 meniru sama persis model GSX-R125 maka dipastikan untuk peminat desain sport 150cc, GSX-R150 tidak akan lebih baik dari All New Honda CBR150R bahkan tidak juga lebih baik dari YZF-R15 sekalipun.  Itulah mengapa dari produk perdana yang dipamerkan dalam hal ini Suzuki GSX-R125 harus memiliki keunikan tersendiri dari segi fiturnya sehingga mampu mendongkrak nilai produk itu sendiri.

Beberapa fakta tentang Suzuki GSX-R125 sengaja OB himpun untuk menunjukkan peta kekuatan calon Suzuki GSX-R150 kedepannya dari kacamata otobikers sendiri tentunya.

gsx-r125-engine-otobikers

  • Mesin dengan performa terbaik dikelasnya digaungkan Suzuki untuk kehadiran Suzuki GSX-R125 ini. Yup dengan mesin yang sama-sama 125cc dengan kompetitor, suzuki menyebut secara performa akan menjadi terbaik dikelasnya… seperti nya sama dengan konsep promosi Satria FU FI dengan 18,45 PS nya yang lebih besar dikelas sport 150cc disemua kelas.
  • DOHC 4 klep tanpa roller rocker arm milik satria FU FI juga akan disematkan pada GSX-R125 bahkan untuk GSX-R150 juga broh…
  • 6-speed dan pendingin radiator menjadi menu wajib Suzuki GSX-R125. Lagi-lagi sama dengan Satria FU FI dan juga akan sama pula dengan GSX-R150.
  • Easy Start System One Push, ala Suzuki Satria FU FI yang memudahkan pengguna menghidupkan mesin dengan sekali tombol juga sudah digunakan oleh GSX-R125. Artinya apa ? Suzuki GSX-R150 dipastikan juga akan kebagian dengan fitur ini.
  • Lowest seat height in the class pada GSX-R125 mengadopsi kebutuhan tubuh dengan tinggi dibawah 170cm sekalipun. Nampaknya GSX-R150 juga akan mengusung konsep ini untuk menjaring lebih banyak minat konsumen, bahkan bisa jadi untuk upgrade kelas dari konsumen underbone satria ke motor sport betulan.

gsx-r125-digital-speedometer-otobikers

  • Full Digital Panel Speedometer, ini satria fufi punya broh. Dari semua desainnya yang kotak mirip playstation portable namun sudah memberikan informasi komplit dengan full digitalnya. MID dengan fungsi jam digital juga disematkan di motor GSX-R125 ini. Lagi-lagi juga akan dirasakan untuk Suzuki GSX-R150 nantinya.
  • Pengereman ABS, untuk regulasi keselamatan di eropa tentunya ABS menjadi wajib untuk GSX-R125. Rupanya calon konsumen GSX-R150 juga berminat nih bro dengan sistem pengereman ABS, namun dari perkiraan OB sih, ABS akan menjadi fitur opsional mengingat akan menaikkan cost produksi dan berdampak pada posisi harga yang ditetapkan nantinya. Lebih mahal dari R15 dan CBR150R siap-siap berlabel overprice…….
  • Basis rangka GSX-R125 buatan indonesia. Dipastikan GSX-R150 pun akan lebih beraroma lokal mengingat indonesia menjadi basis produk motor tersebut.

gsx-r125-remote-otobikers

  • Keyless Ignition System, seperti namanya berarti pemicu untuk menghidupkan mesin tidak lagi menggunakan anak kunci. Fitur ini sama dengan mobil-mobil mewah di indonesia yang sudah tidak lagi menggunakan anak kunci. Loh dimana pemicunya? Seperti di GSX-R125 misalnya sudah dibekali dengan remote untuk mengaktifkan sistem ini.

keyless-on-gsx-r125

  • Answer Back System, fungsi yang masih berkutat pada remote yang dimiliki oleh Suzuki GSX-R125. Selain untuk pemicu menghidupkan motor dari keyless ignition systemnya, GSX-R125 juga dibekali dengan sistem pemanggil. Sekali pencet remote makan lampu utama dan sein akan berkedip untuk memberi tahu posisi motor berada.

gsx-r125-led-lamp-otobikers

Beberapa prediksi OB dari Suzuki GSX-R125 tentang headlamp yang menggunakan teknologi LED seperti Satria FU FI sudah 100% benar. Begitu juga besar ban belakang 130/70-17 yang OB perkirakan juga tepat seperti spesifikasi GSX-R125 yang sudah diperkenalkan pada publik.

gsx-r125-radiator-otobikers

Dari kesemua fitur yang unik GSX-R125 yang sedikit banyak mencomot Satria FU FI dan tidak dimiliki kompetitor bisa jadi juga akan dijejalkan sebagai amunisi ampuh Suzuki GSX-R150 untuk digunakan sebagai perisai.

Maksudnya adalah perisai Suzuki GSX-R150 sendiri untuk menutupi kekurangan dari segi desain dan beberapa sektor lain. Dari segala kelebihan Suzuki GSX-R125 yang ada, hanya beberapa poin saja menurut OB  yang perlu disematkan pada Suzuki GSX-R150 untuk menciptakan diferensiasi produk yang menonjol dibandingkan kompetitor.

Pertama, performa mesin yang lebih wah dari kompetitor akan menjadi strategi yang wajib dilakukan. Perkiraan performa Suzuki GSX-R150 mencapai 18-19 PS. Ah masak segitu…. sekalian saja dibuat GAP yang mentereng seperti power 20 hp milik FXR-150 pasti lebih mantab hehehe……..

Kedua, Key-less Ignition System. Motor tanpa anak kunci akan menjadi yang pertama dan bisa menyedot antusiasme konsumen untuk membelinya karena kemudahannya.

Ketiga, basis rangka. Yang  belum terlalu jelas dari Suzuki GSX-R125 dan juga masih abu-abu untuk GSX-R150 adalah basis rangka yang digunakan. Banyak yang berharap menggunakan rangka deltabox ala Suzuki FXR-150.

(Mr.OB)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

3 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *