Panel Stop Kontak CBR 250R Bisa Bermasalah !!

Hmm, bukan berarti produk mahal membuat sang empu pemilik tunggangan bebas dari masalah. Meski dibanderol hampir 50 juta rupiah masih saja ada sedikit problem yang hinggap ke tunggangan. Nah walau sepele bisa bikin pusing 7 hari 7 malem pemiliknya mzbro…………..

Seorang pemilik CBR 250R terpaksa harus mengalami pusing mendadak saat tunggangan kerennya tersebut tak bisa dinyalakan. Lho kok bisa, yup panel stop kontak sama sekali tak mau nyala lho.

Setelah menyerah untuk memperbaiki, pemilik pun membawa motornya tersebut ke bengkel kepercayaannya. Di bengkel tersebut malah giliran mekaniknya yang pusing, maklum mzbro bila bicara masalah kelistrikan pada motor bisa merembet kemana2. Awalnya mekanik melakukan pengecekan mulai dari ECU hingga koil, hasilnya nihil karena sektor ini terbukti tak menimbulkan masalah.

Sang mekanik pun beralih melakukan pengecekan kabel bodi hingga akhirnya merember cek part kelistrikan dan pengapian, hasilnya pun nihil alias tak bermasalah. Langkah terakhir pun diambil oleh mekanik bengkel tersebut, ganti panel stop kontak. Setelah diganti motor pun kembali hidup. Ternyata setelah diteliti lebih jauh, dioda zener yang ada di dalam panel stop kontak putus. Dioda zener berperan layaknya sekering. “Berfungsi memproteksi ECM (ECU) jika ada kesalahan pemasangan kabel. Atau, ketika motor mau dicuri dengan cara merusak kunci kontak, motor tidak mau distarter,” ungkap Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

Bila dioda tersebut mengalami masalah seperti putus, masih bisa diganti tapi ukuran harus sama persis yaitu 3,9v. Bila tidak sama maka motor pun tak mau hidup. Untuk menggantinya tinggal memotong dioda lama dan diganti yang baru dengan cara di solder maka masalahpun teratasi.  (fnc)

 

Sumber Referensi : Otomotifnet

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

3 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *