Fakta Menarik Suzuki Satria FU150 FI…. Spek Diatas Rata-Rata Penunjang Kebutuhun Balap dan Manjakan Pengguna Harian !!

All New Satria F150 FI

Pembaca sekalian, menjelang peluncuran New Satria FU150 FI 2016 yang masih diundur, rupanya suzuki masih ingin memperkuat mainset masyarakat terhadap produknya dengan beberapa support bocoran yang diberikan kepada laskar setianya. Salah satu yang menarik perhatian adalah perubahan pada tubuh kontruksi mesinnya sendiri. Apa saja ?

Kontruksi mesin dengan spesifikasi yang menurut FN terbaik dikelasnya adalah sesuai ekspektasi FN selama ini. Disaat Sonic 150R memberikan ‘pancingan’ produk dengan spesifikasi setara dengan versi karbu dari satria fu yang sudah cukup lama superior, Suzuki pun mengeluarkan taring nya. Spesifikasi Satria FU150 FI dibuat ‘gila’ dengan meluncurkan produk yang bahkan oleh pabrikan diklaim mengakomodir kebutuhan balap… so ini akan memudahkan riset yang dilakukan masing-masing tim yang akan menggunakan platform Satria FU150 FI nantinya.

Mesin Satria FU 150 FI

Beberapa fakta terhimpun dari informasi yang sudah masuk ke meja redaksi diantaranya :

  • Desain mesin baru, blok silinder dan blok head mengusung desain mirip CBR ataupun Sonic, meninggalkan desain fisik blok head dengan model sirip yang sangat di ‘dewa’ kan penggemar suzuki, miris juga pengguna FU150 Karbu yang dulu sampai membully desain mesin CBR, CB150R ataupun Sonic 150R.
  • Thermo sensor Satria FU150 FI ditempatkan di blok silinder bagian belakang dibawah Throttle Body.
  • Kisi-kisi radiator didesain terbesar dikelas 150cc berpendingin radiator. Sepengamatan FN nih, lebih besar dari MX King bahkan lebih besar dari Vixion. Apalagi dari Sonic 150R dan New CB150R yang dimensi kisi-kisinya paling kecil dibandingkan motor 150cc yang lain. Klaim Suzuki untuk membantu pendinginan mesin dengan spek Hi-Perform lebih efektif, sekaligus mengakomodir modifikasi extreme pada dapur pacu tanpa lagi pusing memikirkan untuk mengganti kisi-kisi radiator dengan penampang lebih besar.
  • Diameter Throttle Body terbesar di kelas motor injeksi 150cc, venturi luar Throttle Body mencapai 32mm. Modifikasi tim balap menyebutkan reamer luar masih memungkinkan hingga 33mm dengan sisa dinding luar venturi masih tebal. Begitu juga dengan reamer venturi bagian dalam bisa mencapai 38mm.

Dari fakta tersebut diatas, Satria FU150 FI benar-benar diproyeksikan sebagai pengganti mutlak dari Satria FU150 versi karburator sekaligus sebagai produk idola baru untuk kalangan speedlover dengan memberikan kekeluasaan spesifikasi yang mengakomodir kebutuhan modif jauh dari spesifikasi standar sekalipun dengan meminimalisir penggantian part bawaan motor itu sendiri.

Reamer Throttle Body Satria FU150 FI

Seperti penampang radiator terbesar misalnya, dari perkiraan teknis FN besarnya radiator ini memungkinkan pendinginan mesin hingga mencapai 200cc. Jadi masih mengakomodir modifikasi mesin bore-up extreme nih atau permainan kompresi tinggi sekalipun.

Throttle Body Satria FU 150 FI

Tak berbeda dengan ujicoba teknis tim balap yang membuktikan throttle body Satria FU150 FI masih memungkinkan diperbesar lagi. Artinya secara spek standar pabrikan, Satria FU150 FI memang dirancang untuk kebutuhan oprek-oprek tersebut yang akan menguntungkan bagi Tim yang menggunakan platform motor yang bersangkutan. Selain itu, untuk konsumen standar tanpa kebutuhan modif berlebihan juga pastinya dimanjakan dengan spek diatas rata-rata.

Nah ini yang FN maksudnya dari penguatan mainset untuk calon konsumen yang nantinya akan semakin menguntungkan dengan di ulur nya jadwal peluncuran Satria FU150 FI. Toh dengan fakta ini bisa jadi calon konsumen penggila kecepatan akan semakin mantab dengan pilihan masing-masing. Tapi FN perlu coba sendiri nih ketangguhan produk tersebut. (~FN)

Advertisements
2 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan