Yamaha Smax XC155 Kena Recall di Amerika

Motomaxone.com – Salah satu produk Yamaha terkena recall. Namun bukan di indonesia melainkan di amerika. Salah satu produk skuter matik Yamaha Smax XC155 resmi ditarik dari pasar akibat masalah part mur pada kepala silinder.

Yamaha Smax XC155 Kena Recall di Amerika

Dilansir National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), masalah mur itu menciptakan gangguan dibagian silinder head Smax XC155. Daya torsi (kekencangan) pada mur kepada silinder yang disinyalir tak terpasang dengan benar itu memiliki potensi menyebabkan motor mogok ditengah jalan.

Lebih lanjut dalam penjelasan pihak yamaha mengatakan bila mur tersebut lepas maka cylinder head dapat mengendur dan packing penutup kepala silinder dapat terlepas. Resiko lainnya disebutkan bahwa berpotensi terjadinya kebocoran air radiator yang bisa masuk ke ruang mesin/silinder hingga menyebabkan busi menjadi basah.

Kondisi tersebut bisa menciptakan masalah yang serius. Mesin bisa berhenti dan tidak bisa hidup kembali.

Kabar penarikan unit Smax XC155 ini mencapai 3.166 unit motor dengan klasifikasi produksi 2015 hingga 2018. Yamaha juga memberikan kisi-kisi untuk mendeteksi masalah tersebut dari suara mesin. Bila dalam kondisi idle terdengar suara aneh tak beraturan sampai indikator peringatan suhu menyala tak tentu maka dimungkinkan terjadi masalah yang disebutkan diatas.

Mur baru sebagai pengganti telah memenuhi standar yang ditetapkan di amerika. Untuk semua pengguna Smax XC155 yang akan mengikuti kampanye ini di semua jaringan diler maka yamaha akan melakukan pengecekan menyeluruh untuk memastikan torsi kekencangan yang sesuai dengan standar pabrik. Dan tentunya kampanye recall semacam ini selalu gratis. (red)

Kolom Komentar