Vietnam Luncurkan Supra GTR 150 2019, Desain dan Fitur Lebih Wah….

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, sudah pada tahu dengan tampang Honda Supra GTR 150 terbaru versi 2019 belum ? Nah kali ini penulis akan mengulas sedikit saja terkait motor ini mengingat…. rupanya indonesia tidak terpilih sebagai negara yang pertama kali meluncurkan versi terbaru motor ini.

Adalah Vietnam yang terpilih untuk merilis Winner X alias Supra GTR150 versi 2019. Tentu hal ini bisa dimaklumi, karena dari pengamatan penulis pangsa pasar Supra GTR150 di indonesia tidak cukup bombastis dibandingkan negara-negara seperti Vietnam ataupun Filipina dimana motor bertipe sport underbone cukup banyak diminati.

Hadirnya Honda Winner X 2019 ini memang memiliki perubahan desain yang sangat drastis. Perubahan yang dilakukan cukup signifikan, jauh dari garis desain model lamanya. Dimodel lamanya… cover body depan difungsikan untuk lain sein (bohlam) dan lampu kota (LED) sedangkan lampu utama berada di batok atas (bohlam).

Melihat dari perubahan yang sudah diusahakan oleh Honda, terlihat jika tim R&D honda cukup ciamik “saat ini” dalam masalah desain motor. Mencoba tak ingin latah meniru MX King yang mengaplikasikan lampu utama LED tapi masih di ditempatkan di batok atas sehingga estetikanya kurang dapet karena berdimensi kecil…

Winner X 2019 kali ini memiliki lampu utama LED Dual Keen Eyes (kiri-kanan kayak motor matik premium) dengan multi-reflector dan penempatan lampu sein didesain seperti motor sport yaitu terpisah dan menempel di cover body samping bagian depan mendekati lampu utama. Sedangkan batok atas diubah menjadi seperti motor matik yang diistilahkan ’batok buta’ yang diberikan sedikit lubang untuk penempatan klakson motor… yup posisi klakson berpindah. Sejatinya… penulis sendiri lebih suka dengan desain headlamp unit berdimensi besar dengan teknologi LED seperti Winner X 2019 ini, alasannya lebih terkesan mewah namun yang penting pula diingat para calon konsumen adalah kehati-hatian dalam berkendara (jangan suka nyeruduk pick-up :mrgreen:) karena kerusakan headlamp unit dengan dimensi sedemikian besar tentu akan mengeluarkan cost lebih besar ketimbang headlamp unit berdimensi mungil.

Selain tampak depan yang berubah signifikan, tampak belakang pun juga berubah semakin sporty. Lampu belakang yang sebelumnya bohlam sudah bergantii LED dengan desain reflektor yang baru. Penempatan sein dibuat sporty dengan desain terpisah seperti motor sport. Beruntungnya… honda masih memikirkan hadirnya behel belakang buat pegangan penumpang alias boncenger atau untuk keperluan menggeser motor namun lagi-lagi desainnya dirubah dari sebelumnya terusan menjadi terpisah seperti New CB150R. Meskipun masih mempertahankan behel belakang, rupanya honda masih memberikan tambahan fungsi pegangan pada cover body bagian belakang.

Beralih kebagian knalpot, silincer didesain bak motor besar dengan dimensi melebar kebawah namun pendek, seperti ditujukan untuk fungsi mengail torsi lebih cepat.

Yang terlihat menarik dari pengamatan penulis, adanya grid-grid pada speed sensor yang tentunya ini adalah fungsi ABS (Antilock-braking system). Yup, Winner X 2019 ini memiliki 2 varian yaitu Non ABS dan ABS Single Channel.

Selain itu, panel dashboard juga berubah dari model analog spidometer berubah menjadi full digital dengan memanfaatkan commont part All New CBR150R 2019 karena bentuknya sama persis  tak terlihat adanya perbedaan. Jadi ngiri dengan adanya indikator gear position pada Winner X 2019 ini padahal di CB150R milik penulis masih belum ada :mrgreen: . oh ya… Winner X 2019 ini sudah dilengkapi dengan panel saklar pass beam tapi tidak terdapat panel saklar hazzard dan juga footstep depan yang bisa dilipat seperti motor-motor sport honda lainnya. Namun bisa jadi fungsi hazzard pun akan ditambahkan jika motor ini sudah dirilis di indonesia.

Disisi lain… cover body sepenuhnya baru. Kesan cover body dengan layer-layer pada Supra GTR lama tidak lagi nampak banyak pada Winnner X 2019 kali ini. Meskipun mengusung motor bebek yang identik dengan adanya kick starter, namun pada Winner X 2019 ini tidak lagi ada piranti tersebut. Artinya kebutuhan starter mesin sepenuhnya menggunakan sistem elektrik.

Nah dengan hadirnya Winner X MY (models year) 2019 ini, sepertinya PT. Astra Honda Motor Indonesia perlu mengkaji ulang penamaan Supra GTR yang akan disematkan pada keluaran terbaru 2019 karena ini momen yang tepat ganti nama. Bagi penulis… hadirnya nama Supra GTR dulu sedari awal memang sedikit nyeleneh, mengingat nama “Supra” untuk motor honda di indonesia identik dengan motor bebek berergonomi nyaman dan fungsional untuk angkut-angkut barang. Itu mengapa Supra series diminati sebagian besar kalangan masyarakat. Namun saat hadirnya Supra GTR150, ketertarikan pasar terhadap motor ini cukup kecil dibandingkan kompetitornya. Padahal secara mesin yang lebih baik yaitu menggendong teknologi DOHC 150cc, harusnya motor ini mudah untuk mengambil pangsa pasar dari rivalnya.

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...