Private Test Sepang Yamaha M1 2016…. Main-main Desain Winglet Hingga Perubahan Tail Light

nakasuga_sepang_3

Pembaca sekalian akhir pekan lalu semua tim motogp begitu sibuknya mencoba settingan terbaru dari motor mereka masing-masing. Tak terkecuali Yamaha Factory Racing… ada beberapa hal yang nampak berubah dalam rangkaian private tes yang digelar di sirkuit sepang. Salah satunya, uji coba terus menerus yamaha yang mulai terbiasa dengan Winglet ala Ducati.

Yamaha YZR-M1 2016 terkesan biasa saja, tak banyak yang berubah dari musim lalu namun FN sendiri yakin banyak perbaikan yang dilakukan yamaha terhadap Yamaha M1 2016 ini. Beberapa tim bahkan sibuk dengan settingan modul elektronik terbaru dari pihak penyelenggara dan masih dirasa banyak kekurangannya.

nakasuga_sepang_1

Rupanya untuk menyesuaikan karakter baru modul elektroniknya, yamaha sudah memantabkan diri bermain di sektor winglet seperti apa yang sudah dilakukan Ducati beberapa tahun terakhir ini. Dengan bantuan sepasang winglet ini, diyakini membantu secara signifikan aerodinamika motor saat melaju kencang baik lintasan lurus (straight) ataupun saat berada ditikungan dengan kecepatan tinggi.

Terbukti, dari beberapa uji coba yang dilakukan Nagasuga di sepang, desain winglet mengalami perubahan 2 kali (bisa dilihat digambar). Selain fokus pada uji coba Yamaha M1 2016, pembalap utama yamaha pun hadir untuk terus memantau secara intens perkembangan tunggangan masing-masing.

nakasuga_sepang_2

Nah selain sektor winglet, perubahan lain yang tampak mata adalah perubahan posisi tail light Yamaha M1. Yang sebelumnya berada di ujung buritan diubah posisinya agak masuk ke spakbor belakang. Ada apa ya ? prediksi FN sih kemungkinan besar untuk meminimalisir resiko silau pengendara di belakang saat tail light tersebut dinyalakan. Perubahan posisi tail light ini terhitung baru dilakukan yamaha karena seingat FN, saat peluncuran perdana Movistar Team 2016 di spanyol lalu, tail light masih belum berubah posisi… nggak percaya?? lihat disini . (~FN)

 

Kolom Komentar