Pertama di Jawa Timur, Motoris Ambulans Dinas Kesehatan Jatim Berbasis New NMAX 155

Motomaxone.com – Semakin pesatnya perkembangan kapasitas pengguna jalan di jalan raya terutama di kota besar seperti Surabaya menjadikan Dinas Kesehatan propinsi Jawa Timur mencari ide kreatif untuk meningkatkan pelayanan mereka kepada masyarakat. Salah satu terobosan terbaru mereka adalah armada baru motor ambulans berbasis Yamaha New NMAX 155.

Penulis kira ini sangat menarik. Banyak sekali armada motor yang digunakan oleh instansi pemerintah dalam hal ini instansi di pemerintahan daerah yang memanfaatkan motor sebagai armada khusus mereka. Namun kali menurut penulis begitu berbeda.

Mengulik lebih lanjut tentang kehadiran motor ambulans sebagai armada baru Dinkes Jawa Timur ini penulis disuguhkan dengan hal menarik.

Mengusung model Yamaha NMAX generasi terbaru yang mengusung model lampu depan LED terbaru dengan model yang baru. Sejatinya NMAX yang difungsikan sebagai motor ambulans Dinkes Jawa Timur ini merupakan motoris pertama di jawa timur yang digunakan oleh instansi yang bersangkutan.

Mencari tahu fungsinya. Usut punya usut kehadiran motor ambulans ini guna memberikan reaksi cepat penanganan yang dilakukan oleh Dinkes Jatim. Penggunaan motor ini dianggap lebih efektif dalam penanganan pertama. Dimana penggunaan motor mampu mengakomodir banyak tipe jalanan. Baik itu jalan utama maupun jalanan kampung yang relatif lebih sempit. Sehingga kehadiran motor ambulans ini mampu memberikan fleksibilitas mobilisasi dalam penanganan yang lebih cepat pada pasien atau korban laka lantas misalnya.

Semakin padatnya jalan raya akibat kapasitas kendaraan yang semakin meningkat menjadikan mobil ambulans sendiri kurang fleksibel untuk penanganan reaksi cepat pada pasien, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke tempat tujuan akibat banyaknya hambatan di jalan raya.

Salah satu yang membuat penulis penasaran adalah penggunaan Box. Top Box masih okelah untuk barang bawaan. Apalagi NMAX sudah menyediakan bagasi dibawah jok yang juga lumayan lega. Tapi motor ambulan Dinkes Jatim ini masih dibekali dengan sepasang side box. Ternyata dari penjelasan Dinkes Jatim sendiri, bahwa hadirnya side box tersebut untuk mengakomodir kebutuhan yang sudah diperhitungkan oleh Dinkes Jatim sendiri.

3 Box yang sudah disematkan memiliki fungsi beragam. Termasuk untuk membawa kebutuhan alat kesehatan (Alkes) berupa tabung oksigen dan juga alat medis yang lain. Salah satu fungsi box lain yang penulis sinyalir akan mem-fungsikan salah satu side box adalah untuk limbah medis yang telah terpakai saat penanganan pada pasien nantinya. Hal tersebut memang diperlukan. Terkhusus untuk kesterilan alat kesehatan yang lain dan juga yang paling utama untuk kesehatan petugas medisnya sendiri.

Modifikasi…

 

Menjadikan New NMAX 155 sebagai motor ambulans yang kini menjadi armada resmi dari Dinas Kesehatan Jawa Timur tentu tak lepas dari modifikasi yang sudah barang tentu melibatkan modifikator.

Adalah Zen’s Autolighting yang mendapatkan amanah dalam proses modifikasi New NMAX 155 yang digunakan sebagai motor ambulans oleh Dinas Kesehatan Jawa Timur. Modifikator yang satu ini sepertinya tak sekali saja mendapatkan project memodifikasi kendaraan instansi. Buktinya adalah besutan modifikator ini pulalah yang pernah penulis ulas dimana New Honda CB150R Streetfire V2.0 digunakan sebagai motor patroli milik Dinas Perhubungan Sidoarjo di artikel berikut ini.

Penulis pun sempat menghubungi modifikator asal Bangil Kabupaten Pasuruan ini. Menilik informasi lebih lanjut mengenai beberapa detail modifikasinya.

Dari penjelasan sang modifikator, dibeberkanlah terkait detail modifikasinya. Seperti penggunaan visor windshield new NMAX dengan model X-MAX, artinya memang dibuat khusus custom. Top Box yang digunakan mengusung brand SHAD dengan tipe SH42. Berikut juga Box samping yang juga mengusung merk SHAD dengan tipe SH23.

Sirine landun menjadi ciri khas tersendiri dari banyak aksesoris yang digunakan oleh kendaraan instansi. Sama halnya dengan yang digunakan pada motor ambulans Dinkes Jatim ini, armada Dishub Sidoarjo kala itu juga mengusung model sirine yang sama. Tak terkecuali dengan lampu strobo yang diusung. Ada penyesuaikan cahaya LED merah yang memang khusus untuk ciri khas ambulans. (red)

Kolom Komentar