xtracuan

Penting Cara Membaca Arti Kode Ban Motor… Jangan Asal Beli !!

xtracuan

Motomaxone.com – Sobat bikers sekalian, meskipun mudah namun tak sedikit yang belum memahami cara membaca arti kode dan ukuran ban. Model yang tepat tentu akan menjadi sangat penting untuk dasar pengetahuan kita sekalian yang sebagian besar sudah memiliki motor masing-masing.

Produsen ban sejatinya sudah menyematkan kode ban dibagian samping produknya tersebut. Nah apakah anda sekalian sudah bisa membaca arti kode tersebut ? jika belum yuk simak penjelasan berikut ini.

Lebar Ban

Ukuran ban sudah tercantum pada kode ban yang disematkan dibagian samping ban. Semisal ban berukuran 120/70 – 17. Untuk membaca kode tersebut maka angka yang ditunjukkan pertama kali yang posisinya paling depan (120) menunjukkan ukuran lebar dari tapak ban dengan satuan milimeter. Jadi semakin besar maka tapak ban pun akan semakin lebar dan tentunya memiliki harga semakin mahal.

Tinggi Ban

Untuk mengetahui ukuran rasio tinggi dari sebuah ban, maka patokannya terdapat pada angka kedua setelah tanda garis miring. Menilik ukuran tersebut diatas (120/70-17), maka bukan malah diartikan bahwa rasio tinggi ban yang tertera adalah 70 mm, itu salah. Namun yang tepat adalah angka 70 tersebut merupakan persentase dari lebar tapak ban. Juga dapat diartikan bahwa tinggi ban dari permukaan yang menyentuh jalan hingga ke roda/velg adalah 70% dari lebar ban itu sendiri (120) yaitu 84 mm.

Lebar Velg Roda

Yang terakhir tentunya angka paling belakang, 17. Bukan usia remaja 17 tahun tentunya. Namun angka paling belakang tersebut menunjukkan ukuran diameter roda/velg dengan satuan inchi. Atau didunia awam biasa dikenal dengan velg roda ring 17. Tentunya untuk memilih sebuah ban harus disesuaikan dengan ukuran ring velg nya itu sendiri.

Kontruksi Ban

Tak semua ban mencantumkan kode kontruksi ban. Seperti kode R14 misalnya maka kode angka tersebut menunjukkan kontruksi ban radial. Jenis kontruksinya sendiri beragam, seperti ada yang terbuat dari serat nilon dan ada juga yang menggunakan lapisan dari serat baja seperti ban-ban kendaraan dengan roda 4 hingga lebih.

Waktu Produksi Ban

Kode ini sejatinya cukup penting. Biasanya diletakkan dibagian samping ban juga. Kode ini biasanya terdiri dari 4 angka dengan rincian keterangan yaitu minggu ke.. dan tahun pembuatan ban tersebut. Misal tertera 1221 maka bisa diartikan bahwa ban tersebut dibuat di minggu ke 12 pada tahun 2021. Pemilihan ban dari waktu produksinya ini cukup penting dan sering diabaikan oleh pembeli ban. Padahal pemilihan ban yang terlalu kadaluwarsa juga merugikan kita sendiri.

So, semoga pembaca sobat bikers sekalian sudah semakin paham untuk bisa membaca arti kode yang tertera pada sebuah ban. (~FN)

Kolom Komentar