Pensiun Balapan, Dorna dan FIM Jadikan Lorenzo Sebagai Legenda MotoGP

 

Motomaxone.com – Berita mundurnya Jorge Lorenzo dari balapan MotoGP tahun depan sepertinya membuat hangat area garasi Sirkuit Valencia. Dan seperti biasanya, pembalap yang memutuskan pensiun akan mendapatkan penghargaan sebagai legenda motogp.

Pensiun Balapan, Dorna dan FIM Jadikan Lorenzo Sebagai Legenda MotoGP

Hangatnya kabar berita Jorge Lorenzo ini membuat Dorna sebagai pihak penyelenggara bersuara. Menurut bos Dorna Ezpeleta bahwa pekan ini terasa sangat istimewa. Ezpeleta mengingatkan bahwa Lorenzo adalah juara dunia lima kali di kompetisi motogp. Dia juga sempat bersaing dengan pembalap terbaik dalam sejarah. Entah siapa yang dimaksud, tapi indikasi itu mengarah ke Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Setelah mendengar kabar itu, Dorna dan FIM bahwa mereka akan menjadikan Jorge Lorenzo sebagai Legenda MotoGP. Prosesi acaranya sendiri akan dilaksanakan nanti saat Grand Prix digelar di Jerez Spanyol.

Mundurnya Lorenzo dari daftar pembalap MotoGP 2020 langsung memunculkan spekulasi tentang pengganti x-fuera di slot pembalap Respol Honda menemani juara bertahan Marc Marquez.

Banyak yang menyebutkan bahwa Johann Zarco menjadi pembalap favorit yang akan menjadi tandem Marc  Marquez di tahun 2020. Tapi nama lain juga memiliki potensi yang sama seperti Cal Crutchlow hingga Alex Marquez yang merupakan saudara kandung dari Marc Marquez.

Bagi penulis, bergabungnya Johann Zarco ke Repsol Honda nantinya tidak akan memberikan keuntungan yang sesuai dengan ekspektasi Repsol Honda sendiri. Keputusan Repsol Honda menerima Lorenzo awal tahun lalu memang untuk mencoba membangun tim terkuat dengan pasangan pembalap juara. Namun ekspektasi itu pun akhirnya kandas juga setelah Lorenzo lebih banyak dibekap cedera.

Alex Marquez yang merupakan Juara Dunia Moto2 2019 sepertinya lebih layak bersanding dengan Marc Marquez sang Juara Dunia MotoGP 2019. Tandem ini dirasa memiliki kans hebat namun sedikit gesekan. Karena kedua pembalap terikat hubungan saudara yang tentunya akan bisa lebih nyaman bekerja sama sebagai satu tim. Itupun kalau Repsol Honda idealis membangun Super Tim seperti yang diinginkannya seperti awal musim 2019.

Bursa pengganti Jorge Lorenzo yang cukup memanas itu harus diakui sebagai kegagalan x-fuera menutup karirnya dengan baik layaknya Casey Stoner menutup karirnya di usia ke-27. Secara umur memang terlalu muda untuk pensiun (32 tahun). Namun kenyataan itulah yang harus diakui Lorenzo.

Mencoba memotivasi diri dengan bertujuan menjadi pembalap kelima dalam sejarah yang memenangkan kompetisi MotoGP dengan tiga pabrikan berbeda. Namun Lorenzo hanya mendapatkan finish terbaik diposisi ke-11 musim ini.

Selama berkarir, Lorenzo banyak menghabiskan karirnya di pabrikan Yamaha bersama legenda hidup Valentino Rossi. Lorenzo yang cukup curang menjegal Rossi itu merupakan satu-satunya rekan setim yang mampu mengalahkan the doctor untuk meraih titel juara dunia di tahun 2010 dan 2015.

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...