Motorku Terasa Lebih Enteng Tarikannya Setelah di Cuci… Ada Yang Pernah Merasakan ?

Motomaxone.com — Mencuci motor merupakan kegiatan yang lazim kita lakukan untuk menjaga kondisi motor agar tetap bersih. Pernahkah merasakan motor jadi enteng tarikannya setelah dicuci ?

Selain kegiatan ini sudah biasa dilakukan pemilik motor, ternyata mencuci motor wajib dilakukan agar kotoran yang nempel dibagian2 motor tidak lantas menyebabkan karat (pada bagian logam) ataupun korosi pada cat motor.

Ngobrolin soal motor jadi enteng tarikannya setelah dicuci, penulis rasakan sendiri saat dulu punya motor Jupiter MX hingga saat ini memiliki CB150R SF SE. Tapi, yang menjadi pertanyaan apakah ini benar atau ‘hanya’ perasaan saja ?

Membaca disebuah bacaan terkait hal tersebut diatas, logikanya hal tersebut bisa jadi ada pengaruhnya. Kotoran menempel pada motor yang berpotensi menutupi bagian blok mesin atau leher knalpot ternyata bisa menghambat pembuangan panas sehingga memiliki pengaruh bisa berakibat kurang maksimalnya performa motor itu sendiri.

Bersih Setelah di Cuci

Selain karena faktor mesin, kotoran yang menempel pada komponen motor bisa juga memiliki pengaruh tidak enaknya tarikan motor, sehingga tarikan terasa berat. Apalagi seperti kondisi sekarang ini dimana curah hujan cukup tinggi.. maka kotoran akan lebih murah bersarang pada bagian-bagian motor seperti gir set (gir dan rantai), cakram rem hingga seal (sil) master rem.

Penulis sendiri juga memiliki pendapat bahwa suhu dingin akibat guyuran air ke bagian mesin menjadikan motor saat digunakan menjadi lebih enteng tarikannya karena pengaruh kepadatan molekul air didalam udara yang tersedot ke ruang bakar. Bersihnya bagian motor pun turut menyumbang enteng nya tarikan karena minimnya debu kotor yang tersedot masuk keruang bakar.

Tapi tentunya saat mencuci motor memang perlu berhati-hati, mengingat sudah semakin banyaknya motor injeksi saat ini maka bijaklah saat mencuci motor. Tak perlu berlebihan sampai-sampai ECU motornya pun diguyur air yang tentunya bisa menyebabkan motor malah susah dinyaalakan akibat korsleting dibagian kelistrikan. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...