MotoGP : Komisi Keselamatan Ijinkan Penggunaan Cakram Depan Diameter 340mm Untuk Semua Lintasan

carbon_brake

Pembaca sekalian, komisi keselamatan di sebuah event balap bertindak sebagai penentu kebijakan dalam hubungannya dengan keselamatan berkendara masing-masing ridernya, begitu juga pada kompetisi motogp. Akhir-akhir ini komisi keselamatan di motogp merekomendasikan sesuatu yang begitu penting untuk meningkatkan faktor keselamatan pembalap di lintasan.

Selama ini terdapat regulasi yang mengatur penggunaan cakram depan berjenis carbon. Memang tak banyak tim yang menggunakannya mengingat biaya penggunaan cakram carbon pun lumayan mahal.

Nah, regulasi yang selama ini diterapkan adalah mengijinkan penggunaaan cakram karbon depan dengan ukuran 320 mm, dan ukuran tersebut harus digunakan pada semua lintasan balap kecuali Motegi dimana secara regulasi wajib memakai cakram carbon depan ukuran 340mm sedangkan di sirkuit catalunya, menggunakan cakram 340 mm merupakan pilihan yang tak wajib dipakai.

Oleh karena itu, komisi keselamatan rupanya mencoba untuk lebih meningkatkan keselamatan para pembalap dengan dukungan produsen rem yang men-support semua tim peserta. Kebijakan tersebut terkait, penggunaan rem cakram carbon depan dengan ukuran 340mm adalah pilihan yang bisa digunakan untuk semua lintasan, kecuali Motegi yang tetap wajib menggunakan cakram berdiameter 340mm.

Penggunaan cakram dengan diameter lebih lebar terbukti meningkatkan daya pengereman lebih baik dibandingkan diameter cakram yang lebih kecil, hal ini dikarenakan semakin lebar cakram yang digunakan mendekati lebar roda maka penampang pengereman akan semakin luas sehingga menjadikan pengereman lebih pakem dan efektif menghentikan laju kendaraan lebih baik dibandingkan diameter cakram lebih kecil. (fnc)

___________________

Related Post :

No Comments

Kolom Komentar