Kenalan Dengan Yamaha FREEGO 125, Matik Baru Yamaha Dengan Keunggulan Isi Bahan Bakar Tanpa Buka Jok !!

Motomaxone.com — Keluar juga nih motor dari kandangnya selama ini Yamaha FreeGO. Motor baru ini besutan yamaha indonesia yang mencoba mengakomodir fitur matik premium untuk disematkan pada matik reguler.  Apa saja kelebihannya untuk saat ini ?

Seperti artikel sebelumnya yang saya sebutkan motor ini merupakan LEXI 125 versi murah memang ada benarnya. Namun bagi penulis sendiri, lebih tepat kalau motor ini merupakan penerus dari generasi Yamaha SoulGT. Karena secara tongkrongan memang berbeda dari Lexi dan lebih mengarah pada desain motor matik reguler yamaha pada umumnya.

Seperti yang penulis bilang, motor ini memang mirip dengan souGT (karena memang generasi penerusnya) yang artinya matik baru yamaha ini diposisikan sebagai suksesor dari SoulGT 125, jadi jelas akan sama-sama mengusung kapasitas mesin 125cc tanpa teknologi VVA seperti pada Lexi.

Meskipun demikian, penulis yakin motor ini akan menjadi pioner dikelasnya. Mengapa demikian ?

Dari pengamatan penulis melalui bisikan ghoib dari dunia maya, matik ini bakal menjadi pioner motor matik non premium yang tidak lagi diribetkan dengan membuka jok saat pengisian bahan bakar. Motor matiknya memang reguler, namun fiturnya nggak kalah dengan matik berlabel premium. So saat pengisian bahan bakar pengendara tidak perlu lagi turun motor karena lubang pengisian BBM terletak diluar.

Yamaha FreeGO ternyata juga memiliki 3 tipe yaitu FreeGo versi standar dan FreeGo versi S dan FreeGo versi S-ABS. Dan motor ini pertama kali diperkenalkan di pasar indonesia di pameran otomotif IMOS 2018.

Nah kita bedah satu persatu, fitur-fitur andalan dari Yamaha FreeGo ini brosis :

Smart Front Refuel

Tempat pengisian  bahan bakar yang pintar. Terletak didepan kita sehingga lebih praktis saat akan mengisi bahan bakar tanpa membuka jok. Meskipun penulis belum melihat secara langsung, penulis yakin penutup lubang pengisian bahan bakar ini lebih praktis ketimbang NMAX, PCX (berada ditengah dek dan perlu dilepas) atau malah LEXI yang masih berada dibawah jok.

Desainnya mirip tangki BBM mobil. Lubang pengisiannya diatas namun tangki pengisiannya terletak dibawah, tepatnya dibawah dek kaki dengan kapasitas yang mirip dengan Lexi dan Aerox 155, yaitu dikisaran 4,2 liter. Tak perlu kuatir dengan benturan dibawah karena tangki BBM ini dilindungi dengan pelat baja dengan ground clearance (jarak terendah dengan tanah) yang cukup tinggi seperti NMAX yaitu 135mm.

Bagasi Besar

Karena dibawah jok sudah bebas tangki bahan bakar, maka bisa difungsikan sebagai fitur bagasi yang lumayan lega, 25 liter daya tampung dari matik baru yamaha ini. Bahkan menurut klaim yamaha, kapasitas 25 liter ini bisa menambung helm FULL FACE atau bola basket sekalipun .

Velg Tapak Lebar

Ring rodanya menjadi 12 inch. Ban nya mengusung ban tubeless tapak lebar yang tentunya velgnya juga mengusung tapak lebar juga. Ukuran ban depan 100/90-12, ukuran ban belakang 110/90-12. Btw, dari model velgnya jadi mirip seperti scoopy yang laris dipasaran saat ini. Ya semoga FreeGo bisa menjawab tantangan pasar ya..

Ruang Kaki Lega dan Jok Panjang

Belum penulis coba sendiri sih, namun klaim yamaha FreeGo ini memiliki tempat duduk yang panjang sehingga memberikan kenyamanan untuk untuk berkendara sendiri atau boncengan. Ah yang bener…..

LED Headlight & Hazard Lamp

Lampu depannya sudah mengusung LED berarti motor matik baru ini tidak diposisikan sebagai skuter matik low-end level. Namun lebih tepat diposisikan dikelas medium antara matik terendah dengan matik premium. Perlu dites nih terang LED nya…

Motor ini juga dibekali dengan lampu hazard untuk fungsi darurat. Seperti mengerem tiba-tiba karena didepan ada kecelakaan atau terpaksa mendorong motor karena ban kempes misalnya, bisa nih menyalakan lampu hazard ini agar kita sendiri aman. Fitur lampu hazard ini mulai banyak dipakai di motor-motor yamaha terutama sport dan matik premium.

Desain lampu seinnya seperti NMAX dan AEROX 155 yang ditempatkan terpisah disamping body dibawah headlamp.

Electric Power Socket

Ribet amat bacanya. Penulis lebih suka menyebutnya soket charger karena kebutuhan utama biasanya memang untuk charge (mengisi daya) hp pemilik kendaraan atau teman-teman kampusnya yang kebetulan kehabisan baterai hp dijalanan. Tapi biasanya kelemahan pabrikan hanya menyediakan soketnya saja tanpa memberikan USB chargernya… apakah juga berlaku untuk FreeGo ? kemudian apakah ada space/tempat untuk menaruh hp dengan aman tanpa takut terjatuh… patuh dilihat sendiri nanti.

Diatas tersebut adalah fitur-fitur yang bisa brosis nikmati pada Yamaha FreeGo. Nah sekarang bagaimana dengan fitur teknologinya ?

Smart Key System (SKS), Beberapa motor matik yamaha sudah memilikinya. Fitur Smartkey Keyless (tanpa kunci kontak) ini memang lagi nge-trend saat ini sebagai salah satu teknologi yang banyak diunggulkan. Jadi pengendara lebih praktis tanpa perlu pasang dan lepas kunci kontak. Kalau nggak salah, fitur keyless ini hanya ada pada tipe S saja, sedangkan tipe standar tetap menggunakan kunci kontak fisik.

Spido Digital, Spidometernya sudah mengusung model dan desain digital seperti kebanyakan motor saat ini.

Antilock Brake System (ABS), sudah tau kan fitur ini ? fitur tambahan untuk keamanan pada sistem pengereman terutama saat menghadapi trek jalan yang licin seperti berpasir dan basah. Fungsi utamanya mencegah rem mengunci saat mendadak rem ditekan oleh pengendara. Dan tentunya fitur ini hanya ada pada tipe S-ABS.

Smart Motor Generator (SMG), starter silent alias starter elektrik yang tidak berbunyi alias senyap. Jadi nggak sungkan dengan tetangga saat manasin motor pagi-pagi

Forged Piston & DiASil Cylinder, kalau ini sih andalan yamaha yang biasa digunakan pada motor tipe sport dan matik premiumnya. Teknologi ini juga sudah ada sejak 2005 silam sejak Jupiter MX 135 dipasarkan di indonesia. Klaim yamaha sih, katanya dengan material ini mesin bisa 3x lebih awet, 3x lebih kuat dan 3x lebih ringan dengan garansi mesin 5 tahun. Hmm jangan pernah percaya kalau tidak membuktikan sendiri…

Stop & Start System (SSS), fitur hemat bahan bakar. Menunggu kelamaan kereta api lewat atau menunggu lampu merah pastinya sia-sia mesin menyala terus. Fitur ini hampir ada disemua motor matik. Jadi saat kondisi berhenti/diam selama 5 detik, maka mesin otomatis mati, saat gas dibuka sedikit bakalan nyala lagi mesinnya. Tapi bagi penulis fitur ini jangan digunakan saat ibu-ibu membonceng anak-anak yang diletakkan didepan.. lebih baik matikan mesin dengan dari kunci kontak akan lebih aman untuk menghindari sikecil mainan gas tanpa anda ketahui…. waspadalah…

Ngomong-ngomong jangan pernah percaya dengan fitur-fitur keren yang ditawarkan pabrikan motor sebelum mencobanya sendiri. Penulis pun juga demikian, nggak percaya kalau belum dapet unit test ridenya… hehehehe…

 

Advertisements
2 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan