Jupiter MX Ganti Thermo Sensor, Kenali Gejala Kerusakannya…..

thermo sensor

Motomaxone.com — Sebuah sosialisasi tentang pentingnya teknologi sangat diperlukan guna makin mencerdaskan masyarakat. Di era yang semakin modern setiap saat seperti sekarang ini perlunya peran serta masyarakat untuk ‘melek’ teknologi yang dulu mungkin banyak dibilang ribet dan nggak praktis.

Era injeksi pada industri motor di indonesia semakin maju, namun tak begitu halnya dengan masyarakat. Perlunya edukasi tentang teknologi itu sendiri guna menanamkan mainset bahwa motor dengan teknologi canggih akan memudahkan kita diberbagai hal.

Beruntung, meskipun BlueMX milik fnc belum dibekali dengan teknologi injeksi, namun setidaknya dengan spesifikasi high-performance seperti Jupiter MX, fnc menjadi terbiasa dengan teknologi canggih dimana menurut orang lain malah bikin ribet. Padahal jika diteliti lebih lanjut, motor berteknologi malah memudahkan kita meng-analisa kerusakan motor terutama yang berhubungan dengan skema teknologinya.

Hampir 10 bulan belakangan ini, BlueMX memiliki problem yang tak biasa. Indikator kerusakan di dashboard speedometer BlueMX kadang kala menyala singkat sekitar 2 detik dalam satu waktu dan kemudian mati. Nyalanya pun tak tentu, kadang saat memanasi motor kadang juga saat perjalanan, kadang juga saat rpm tinggi. Selain indikator menyala tersebut, fan radiator tak lagi menyala kala BlueMX berada di kemacetan, padahal biasanya kipasnya tuh menyala kalo kena macet untuk membantu pendinginan di kisi-kisi radiator.

DSC_01

Beberapa bengkel resmi yamaha sudah fnc datangi, namun nihil. Mereka para mekanik kebanyakan malah menyimpulkan, motor baik2 saja, nggak ada masalah.

Dari beberapa literatur yang fnc baca, kerusakan ini bisa jadi berbagai macam. Bisa karena CDI yang sudah kacau, bisa juga karena sistem radiator yang mengalami gangguan. Maklum, komposisi pengapian tak lagi standar. CDI menggunakan buatan Rextor Indonesia dan Koil pun fnc ganti dengan yang lebih mantab menghasilkan daya listrik untuk pengapian maksimal. Apa mungkin ini masalahnya? Pikir fnc #analisa 1.

Akhirnya ganti tuh CDI ke standar, namun problem tetap sama. Indikator tetap berkedip apalagi jika di gas rpm tinggi. Kembali buka kamus manual servis Jupiter MX, ada petunjuk ‘fault code’ alias kode kerusakan yang berhubungan dengan sensor yang terbenam di Jupiter MX. Baca2 kode kerusakan tersebut tambah bingung lagi, karena jeda nyalanya indikator tak tentu seperti petunjuk. So, kesimpulan sementara lainnya CDI Rextor tidak masalah #analisa 2.

Berbekal analisa kedua, fnc rambah ke kualitas air radiator. Jika terlalu lama nggak diganti bisa jadi sistem pendinginan tak akan maksimal. Ganti dan kuras tuh air radiator, sekalian ganti karena dah setahunan dan fnc selalu rutin ganti air radiator setahun sekali. Selanjutnya setelah air radiator diganti, fnc coba mencari kemacetan. Berharap kipas menyala, namun indikator menyala kembali dan kipas tak menyala.

Semakin digunakan lebih lama dengan perjalanan jauh, power BlueMX terasa cukup nge-drop. Keluhan ini juga padahal sudah fnc sampaikan di lebih dari 4 bengkel resmi yamaha di malang, namun tak ada yang mengerti inti permasalahannya.

Nggak cukup buka kamus manual servis Jupiter MX, fnc buka petunjuk CDI Rextor. Dari berbagai keterangan yang diulas, CDI Rextor memiliki fitur untuk mendeteksi kerusakan sensor panas yang dibenamkan pada mesin dengan memberikan peringatan berupa indikator suhu menyala di speedo. Lebih lanjut fnc menyimpulkan, ini berarti kerusakan pasti pada Thermo Sensor. #analisa 3.

Menunggu waktu liburan, fnc pun berencana membeli Thermo Sensor ke bengkel yamaha langganan yang memiliki barang yang jarang tersedia di bengkel lainnya. Iseng ingin memastikan Thermo Sensor yang rusak, fnc coba ke bengkel yamaha ke-5 ini untuk melakukan cek kerusakan. Eh mekanik tambah bingung lagi, si mekanik malah tak yakin Thermo Sensor yang rusak karena jarang sekali terjadi.

fault code MXpdf_001

Mekanik menanyakan seputaran modifikasi yang fnc lakukan setelah utak atik BlueMX. Setelah fnc jelaskan, bahwa CDI sudah diganti, kelistrikan sudah diganti fullwave. Mekanik menyarankan semua diganti standar dulu baru dianalisa kerusakan lagi, motor ditinggal ditempat untuk menginap beberapa hari (waduh…. motor satu2 nya pake nginep segala….). Namun fnc pun menolak karena BlueMX dipakai aktifitas sehari-hari. Pikir fnc, saya harus lebih tahu tentang masalah motor ini daripada mekanik yamaha sekalipun.

Setelah semua body terpasang (karena fnc menolak servis dengan menginap), fnc pun tetap membeli Thermo Sensor seharga 130rb kalo nggak salah #lupa ^_^ . Setelah sampai dirumah, bongkar body samping kanan untuk melakukan proses penggantian thermo sensor. Namun, fnc tunggu hingga mesin benar2 dingin mengingat jika dipaksa dibuka saat kondisi mesin panas maka air radiator akan turut menyembur keluar.

Sekedar informasi, kerusakan Thermo Sensor memang tak terlihat kasat mata dan sulit terdeteksi. Buktinya, beberapa mekanik dari beberapa bengkel yamaha tak bisa mendeteksi kerusakan Thermo Sensor secara langsung. Berbekal juga analisa CDI tentang indikator kerusakan yang dapat dibaca pada indikator suhu yang menyala, fnc pun memastikan thermo sensor lah penyebab utamanya.

Terbukti, setelah Thermo Sensor fnc ganti nyala indikator suhu pun tak terlihat. Performa motor untuk berjalanan jauh pun tak terasa nge-drop lagi seperti yang sudah2. Pentingnya bagi kita pemilik motor dengan spek high-tech mampu menganalisa kerusakan dari tunggangan kesayangan. Bayangkan saya jika fnc menerima saran mekanik yang harus servis menginap tersebut, pastinya biaya tak sedikit. (fnc)

BERITA LAIN :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...

  1. Selamat siang, mas mau tanya..mx old saya air di tabung resevoir yg di bawah selalu luber lewat selang hawa (padahal di isi sampai batas up) dan tidak bisa kembali ke radiator sehingga air di radiator selalu berkurang.

    Kondisi collant sudah di kuras, radiator di cuci bersih, tutup tadiator baru ori, thermosensor baru, kipas radiator normal, cek waterpump normal, suhu mesin agak panas tp gk overheat..

    Tolong bantu mas…kira kira apanya

  2. Slmt mlm Mas.. Mohon bantuan informasi. Mx lc 135 old kendala di radiator. Ganti thermo sensor dan yg satunya lg juga sudah namun tetap saja masih blm normal. Kira2 ada kendala di bagian apa ya?
    Terima kasih atas info dan penjelasannya.

  3. Mas mau tanya, indikator suhu ojmx selalu menyala pdhal jarak tempuh hnya baru bbrapa km saja. Apa kmungkinan thermosensor jga yg rusak?

  4. Gan mau nanya dong, mx ane klo sering dibawa jln indikator suhunya nyalah tanpa kedip yg brarti overhead. Pas ane tes kipas radiator lewat jumper, hidup. Ane tes juga water pump radiator juga masih bgus, air radiator juga baru dikuras dan diganti. Tapi pas ane coba tes kipas radiator lewat thermo sensor dengan air mendidih gak nyalah, ane kepikir mungkin thermo sensor minta ganti. Stelah ane ganti, penyakit dari overheat msih gak ilang gan. Kira2 itu penyebabnya apa ya?
    Sbelumnya sih, ane otak atik sensor tps. Dan dari situ penyakit overheat nongol, tapi ane msih gak yakin kalo itu penyebab dari sensor tps, krna kan jika sensor tps rusak pasti pas kontak on lampu indikator lngsung nyalah dan mungkin berkedip kedip. Lah kalo ini normal kedip sekali trus mati.
    Kira2 tau penyebabnya gak gan? Dan apa bisa pengaruh juga sensor tps ke radiator, kipas, dan thermo sensor?
    Thx gan, sorry pertanyaanya panjang hehe ?

    • Pagi bro ipul,
      Wah maf gak bisa fast response nih karena kesibukan rumah. Dari kronologi yang dijelaskan diatas, kemungkinan besar kok bukan indikator yang menunjukkan overheat ya. Pengalaman saya memang setiap error selalu ditandai dengan kedip-kedip dengan jeda yang berbeda-beda. Jadi nggak selalu gejala kedipnya indikator diartikan sebagai overheat.
      Utak atik TPS sensor bisa jadi penyebabnya jika membaca dari kronologi yang sudah diceritakan namun jika sensor tps tidak terkoneksi dengan benar pasti akan menyala dengan beep tertentu. Kalo nggak salah beep indikator antar menyala dan matinya agak panjang. So, setiap masalah akan ditunjukkan dengan indikator berkedip.
      Bagaimana dengan keterangan ini “Lah kalo ini normal kedip sekali trus mati”

      Dari pengamatan admin, hal tersebut wajar alias normal. Setiap kontak dihidupkan maka indikator suhu akan menyala sekali kemudian mati. Prosedur tersebut untuk mengecek sistem kelistrikan apakah bermasalah atau tidak. Jika bermasalah akan dilanjutkan dengan beep indikator yang berkedip-kedip.

  5. inpo yg sangat beguna. selamat atas perjuangan tanpa lelahnya.
    maturnuwun brother.
    Juputer MX KING 150 ku juga lagi derita sakit yg sama.

  6. Bro ane mau tanya ni..mx ane udah ganti karbu king..cdi brt,,coil yz…masalahnya lampu indikator ane nyala trus klw jalan…klw di kontak ga nyala…masalahnya apa tu bro..mohon bantuanya bro…

  7. Masalah sama bgt om… sama dealer resmi suruh ganti termostart seharga 154rb, tp masalah lom ilang. Hadeh.. berarti ganti termo sensor ya

  8. Bro mo nanya lmpu indikator njmx gue gakprnah nyala yh waktu lgi mudik,itu sensornya ap radiatornya yg eror,tpi low digeber pas mudik enak” jjah bsa nyampe kira” 120km, ntu apanya yh

  9. bro fn mau nanya dong .. saya masih kurang ngerti,
    ….motor saya udah hampir 3 tahunan gk brfungsi radiatornya .. dan air radiatornya juga gk berkurang . Terus lampu indikator suhu di Speedometer nyala terus ..(pas kontak di ON kan berkedip 2 kali kesana nya nyala terus deh) itu kenapa ya bro ?

  10. mas, mau tanya kalau jupiter MX blue itu udah diganti aki, terus diganti oli, udah diisi air radiatornya , perjalanan jauh dikit kira2 10 km udah merah lampu indikator air radiatornya. udah dicek sama abang saya dan di ganti filternya. tapi tetep merah, bahkan sampai isi air radiator lagi padahal baru 1 bulan diisi. itu bagaimana ya mas? klo kata abang saya si harus ganti pompa pamnya(klo ga salah inget). itu gimana ya mas klo ganti pompanya mahal. air radiatornya ga bisa diisi sama air biasa ya? kayak mobil.

    • mx tidak memiliki lampu indikator air radiator. Indikator air radiator bisa dilihat di tabung air radiator yang terletak di bawah.

      Untuk lampu indikator merah difungsikan sebagai indikator suhu. Permasalahan menyala nya indikator suhu berwarna merah ini banyak sebabny. Bukan hanya masalah radiator namun kerusakan TPS juga menyebabkan indikator menyala.

  11. Mx punya saya.air radiatornya suka nyembur.udah ganti termostat masia aj.
    Dari tabung reservoir d bawah.muncul gelembung udara.semakin d gas semakin kencang gelembung nya.kira kira kena nya d mana ya..mhon d bantu…….

  12. Gan mx saya kalu diisi air radiator dari atas knapa nembus sampe ke mesin ya?tlng dibantu

  13. mas bro lampu indikator radiator mx saya gak nyala2. bermasalah gak kira2 ? trus apanya yg perlu dicek ?

  14. mas broo, klo lom panas bngt knv kipas gak mau nyala ,padahl biasanya macet bntar saja sdh nyala .Apa ada yang eror ya mas broo.

  15. Salam browsing, mau nanya nih mz new saya baru d pakai 1thn, kok mesinnya kedengaran dobel.. bunyi mesin d ikuti bunyi rengek tapi gak sebesar bunyi mesin. Itu pada saat d gas.. kita” apa yah??

  16. Bro mx sya lampu indikator sma kipas nya gax nyala,,kira” apa nya yah,,
    Mhon bantuan nyah…

  17. Normalnya berapa kilometer perjalanan ya termoswitch bekerja? Kurang faham juga soal kedipan indikator di speedo..

  18. Ini apa nya pak yang ruksak ,Lampu indikator saya Kedip 1Xpanjang dan 6Xpendek
    Motor njmx saya masih standaran pak

  19. gan..mx ku error di Akinya…
    Aki yang dulu 2,5 Th baru rusak…nah baru 1 bln ganti aki baru koq udah ngedropp lagi…penyebabnya apa ya…???

  20. bro mw tnya ne.knpa lapu indikator slalu menyala.trus taruk gas mati lampu indikatorny/

  21. gan mx qu eror jg lampu indikatorny dan skarang mati total,bohlamnya udah di ganti tpi ttp gk hidup.

  22. Saya mau tanya mas.saya mau ganti air radiator .setelah buka kran buang air gak keluar.sayabuka tutup radiator airnya banyak .apa nya yg rusak mas..tlong dibantu ya.trims

  23. klo mtr mx sy di pake jauh dikit atow di jln tanjakan panjang terdengar spt bunyi besi di pukul2 tenaga lngsng drop dan ujungnya mesin mati ky keabisan bensin,indikator lmpu di spedo nyala kadang lama klo abis di pake bwt nanjak…kira2 knapa y, trus klo overheat solusinya gmn biar bisa normal lg?

    • coba cek soket yang menuju ke Thermo Sensornya. Kemungkinan terlepas atau kabelnya sudah tidak dalam kondisi baik. masbro pake CDI standar atau aftermarket?

  24. Nice info gan, ane juga barusanbke bengkel resmi. Eh malah di anjurin ensor gas yang dikarbu diganti.

  25. Bro, kok kipas radiator sy g prnh muter, indikator nya jg g prnh nyala 😀
    Kmaren pas bongkar2 (maklum dah 5thn skalian), malah ditanya bengkel “ini pernah overheat??” Kira2 apanya y? Trus klo kipasnya dibuat always muter pake arus dr kontak gmn?

  26. Gan ,, nanya nihh. Indikator merah nyala n kipas juga nya. Tp mesin hanya dihidupkan 10 menit aja tanpa geber. Itu apa nya ???

    • gak selalu kerusakan bagian radiator. bisa jadi tps error, atau seperi sy alami, termo sensor error.

  27. siang mas bro,, mau tanya nih, jupiter mx q ini kalo d kasih mesinya panas, biasax gasnya lgsg drop n lampu indikatornya nyala terus, air radiator br d ganti..

  28. wah pas banget tuh infonya z punya jupiter mx hampir sama penyakitnya kayak gitu cuma bedanya motor jalan 5 kilo saja sudah bunyi seterusnya gak mati2 kecuali sudah berenti

  29. Memang bengkel beres terkadang gak tahu kerusakan pasti. Saya juga penasaran sama kiprok saya kang. Beres menjudge aman tp buktinya listrik sering drop.

    • Bisa lihat masa pakai motornya kang. Kalo nggak kiproknya berarti sepulnya yg mulai g maksimal di sistem charge aki nya

  30. jos info bagus nih, mantep mas 😀
    pengalaman kang Majid, sebenarnya bisa dilihat kerusakannya kok mas, dimana melihatnya gampang kok…kita bisa membaca kedipannya, jikalu jumlah kedipannya genap 21 kedipan, maka sudah bisa dipastikan kalu motor tersebut yang bermasalah adalah thermo sensornya, mungkin bisa short circuit, atau emang thermo sendornya (thermistor) sudah rusak. 😀

  31. nice info…
    kayaknya punya sy masih berfungsi termoswitch, kalo kena macet lama aja baru nyala kipas radiatornya. tadi sekalian cek air radiator, ternyata di tabung reservoir agak berkurang, sy tambahin sj same batas full, tadinya ingin kuras radiator, soalnya belum pernah di ganti air radiatornya, tp apalah daya… belum tau caranya heheheh.. mohon infonya dong cara kuras radiator di MX nya 🙂
    salam BlueMX 😀

    • Sipp… yg penting nggak nge blink tuh indikatornya. Ok ditunggu next article untuk cara kuras air radiatornya