Yamaha YZF-R25 Ready Export, Mengintip Persaingan Pasar Internasional !!

R25_label

Berbekal penjualan terbaik dan tertinggi, produsen motor di indonesia cukup berbangga dengan torehan hasil penjualan mereka. Salah satu penyumbang penjualan tertinggi memang berada pada produk massal skuter matic dan moped yang hingga saat ini masih menjadi pilihan mengingat harganya yang cukup terjangkau untuk sekedar sebagai sarana transportasi pribadi.

Bagaimana dengan segmen sport? Indonesia masih terbilang baru untuk bisa menguasai segmen ini secara global. Cukup lama berada di bawah bayang-bayang Thailand sebagai pusat produksinya, kini rupanya indonesia menjadi bagian penting dalam perkembangannya sebagai kiblat otomotif roda dua di dunia.

Sebut saja Kawasaki yang mana sudah mempercayakan N250FI dilakukan peluncuran perdana di Indonesia. Kini giliran Yamaha Indonesia yang menyusul tren positif perkembangan otomotif roda dua tanah air. Produk sport berlabel R series sejatinya merupakan market share yamaha yang difokuskan pada penjualan di eropa, amerika dan negara maju lainnya.

R25

Namun seiring waktu, R series tak hanya berbasis produksi di negara asalnya jepang. Sebut saja YZF-R15 yang merupakan basis produksi dari Yamaha India, yang kemudian seiring perkembangan turut di ekspor ke negara lain tak terkecuali Jepang sebagai central produksen yamaha itu sendiri.

Nah sehubungan dengan geliat sport 250cc yang semakin gemuk pangsa pasarnya terutama di indonesia, maka kelahiran YZF-R25 diplot sebagai produk dengan basis produksi di indonesia. Hal ini dianggap sebagai pembuktian kualitas produksi di indonesia yang mampu bersaing dan diterima di pasar internasional. Diluncurkan pertama kali di dunia yaitu di indonesia, Yamaha YZF-R25 akan menjadi pembuktian produk yang bakal di ekspor ke negara maju lainnya.

Sebut saja jepang yang menurut keterangan merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan ekspor YZF-R25 dari indonesia. Menarik untuk diikuti mengingat di negara maju yang sebelumnya meng-konsumsi market 250cc sudah berpindah ke kelas 300cc. Apakah akan berdampak pada penyesuaian YZF-R25 menjadi 300cc juga?

Menurut fnc sendiri, rencana tersebut tak akan dilakukan Yamaha Global dalam waktu dekat. Bahkan bisa jadi ekspor YZF-R25 akan mampu bersaing dengan produk 300cc sekalipun. Sebagai perbandingan, CBR 300R misalnya secara spesifikasi memang memiliki kapasitas mesin lebih besar, namun output power yang dihasilkan masih jauh dari harapan untuk bisa menyaingi YZF-R25 sekalipun.

Bagaimana dengan komparasi dengan Ninja 300FI ?? Pikir fnc 11-12. Meskipun berkubikasi 300cc, N300FI mampu menghasilkan output 39 PS, hanya 3 PS lebih besar dari YZF-R25 yang diklaim menghasilkan tenaga maksimum di angka 36 PS di 12.000 rpm. Tentunya, tak menutup kemungkinan YZF-R25 bakal mampu berkompetisi di negara lain yang sudah menggeser market share 250cc ke kelas lebih tinggi 300cc. (fnc)

________________

Related Post :

8 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...