Honda ADV150 2020: Lebih Mewah Dengan Velg Gold Berikut Spesifikasi dan Harga

Motomaxone.com – Paras baru skuter petualang Honda semakin memikat. Astra Honda Motor kembali memperkenalkan motor baru mereka. Honda ADV150 dengan varian warna baru. Ada yang mengusung konsep desain decal Africa Twin.

Honda ADV150 ini hadir untuk pasar indonesia dengan mengusung tampilan out of the box. Tak ada kesan pasaran pada motor skuter matik yang mengusung bodi bongsor ini. Setidaknya untuk saat ini dimana populasinya belum begitu besar.

Motor skuter matik yang mengusung tagline untuk ragam aktifitas ini, untuk September 2020 kali ini disematkan warna baru. Ada yang mengusung model dengan kesan lebih sporty maupun lebih mewah dan elegan.

Tak mau kalah dengan PCX150, Honda memberikan pilihan warna Doff (matte) pada Honda ADV150 kali ini. Ada dua pilihan, putih nge-doff yang diberi label nama Tough White Gold dan Tough Matte Black. Keduanya sama-sama mengusung warna doff. Juga sama-sama mengusung kombinasi dengan warna velg emas/gold.

Kedua warna doff dari Honda ADV150 tersebut diatas adalah ADV150 dengan tipe ABS, yaitu mengusung sistem pengereman ABS (anti-lock braking system). Dikeduanya pula sebagai pembeda varian tertinggi ABS, Honda menyematkan emblem 3D untuk menambah kesan mewahnya.

Sedangkan warna lain dari Honda ADV150 masuk dalam tipe CBS (combi-brake system). Juga dibekali emblem 3D. Ditambah pula dengan penyematan striping yang sekilas penulis lihat mirip dengan Honda Africa Twin yang khas dengan label motor petualang itu, meski warna nya berbeda. Sedangkan dasar warnanya hanya ada dua pilihan yaitu merah-hitam dan putih-hitam.

Warna-warna baru ini bukan sebagai pengganti warna Honda ADV150 yang sebelumnya sudah ada. Melainkan melengkapi warna yang sudah dipasarkan terlebih dahulu. Jadi pilihan warnanya lebih banyak. Dan pastinya auto-nyesel untuk para konsumen ADV150 yang baru meminang motor ini beberapa minggu ini. Mengingat lebih banyak pilihan warna yang lebih keren dari sebelumnya, terutama yang velgnya berwarna emas itu, penulis suka kesan mewahnya.

Honda ADV150 ini mengusung mesin dengan platform yang sama dengan PCX150. Mesinnya memiliki kapasitas 150cc dengan sistem pendingin cairan (radiator). Sistem pengkabutan bahan bakarnya sudah injeksi. Khasnya Honda yaitu PGM-FI.

Salah satu klaim yang mengesankan konsumen dari pihak pabrikan adalah hasil pengetesan efisiensi bahan bakar. Dengan metode ECE R40 EURO 3. Dengan saklar Idling Stop System yang menyala ON. Didapatkan angka konsumsi bahan bakar mencapai 46,6 km/liter. Dengan pengisian bahan bakar penuh 8 liter itu, maka ADV150 dapat menempuh jarak 373 KM. Tak repot bolak balik mampir SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Fitur lain yang menarik pada ADV150 ini adalah bagian WINSHIELD nya. Yang bisa diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan pengendara. Sistem pengatur ini merupakan fitur asli (OEM) dari Honda. Tak penting lagi memodifikasinya.

Selanjutnya adalah bagasi 28 liter. Lumayan lega. Pas untuk kebutuhan adventure. Yang penting mengakomodir banyak ruang penyimpanan. Disempurnakan lagi dengan power outlet charger dan console box. Pencahayaan yang sudah Full LED baik itu headlamp, lampu belakang hingga dua pasang lampu sein.

Suspensi belakang sudah mengusung model dobel tabung (twin subtank). Untuk tipe ABS, motor ini sudah disematkan fitur teknologi baru berupa ESS (Emergency Stop Signal). Fungsi fitur yang akan menyalakan otomatis lampu hazzard saat mengerem mendadak dari kecepatan tinggi. Tentu masih banyak fitur lainnya seperti ACG Starter yang memberikan kemampuan motor menyalakan mesin dengan suara halus. (red)

Harga OTR Jakarta :

Honda ADV150 ABS-ISS = Rp. 37.805.000,-
Honda ADV150 CBS-ISS = Rp. 34.742.000,-

Spesifikasi Honda ADV150 :

MESIN
Tipe Mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah 57,3 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi Otomatis, V-Matic
Rasio Kompresi 10,8 : 1
Daya Maksimum 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
KAKI-KAKI
Tipe Rangka Double Cradle
Tipe Suspensi Depan Telescopic
Tipe Suspensi Belakang Twin Subtank Rear Suspension
Ukuran Ban Depan 110/80 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 13 M/C Tubeless
Rem Depan Hydraulic Disc
Rem Belakang Hydraulic Disc
Sistem Pengereman Triple Pot Hydraulic, CBS ( untuk tipe CBS ), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)
DIMENSI & BERAT
Panjang X Lebar X Tinggi 1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Jarak Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm
Curb Weight 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS )
KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 8 L
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 L ( Penggantian Periodik )
Kapasitas Bagasi 28 L
KELISTRIKAN
Tipe Baterai Atau Aki MF 12 V – 5 Ah
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK MR8K-9

Kolom Komentar