GP Argentina Batal Gelar MotoGP 2013, Kalender Rilis (Pre-Official)

Brosis sekalian. Persiapan menjelang MotoGP tahun depan semakin dimatangkan dengan rilisnya jadwal MotoGP 2013. Berbagai agenda jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya dengan terpaksa mbeleset dari perkiraan.

September lalu, saya sempat membuat artikel dimana argentina akan turut serta menjadi tuan rumah untuk kompetisi motogp 2013. Namun beberapa waktu lalu, terdapat perubahan jadwal dimana telah dikonfirmasikan bahwa argentina harus kehilangan tempat sebagai tuan rumah 2013 mendatang.

Hal yang melatar belakangi kegagalan argentina menggelar motogp adalah terkait batas waktu kepastian yang ditetapkan. Tanggal 20 Juni lalu, pemerintah spanyol menyarankan agar perjalanan ke argentina untuk setiap tim atau pembalap disponsori oleh repsol karena alasan keamanan, menyusul terjadinya perselisihan antara perusahaan dan pemerintah argentina.

Dengan ‘travel warning’ yang masih ada sampai 18 november maka melebihi dari batas waktu yang ditentukan. Sehingga Dorna resmi mengajukan usulan kalender 2013 ke FIM, dengan konsekuensi GP Argentina ditunda sampai 2014. Berselang 2 hari kemudian tanggal 20 november, pemerintah spanyol memberitahu Dorna bahwa ‘travel warning’ telah ditarik.

Namun, bagi Dorna itu terlambat karena usulan kalender 2013 resmi telah diajukan dan presentasi telah dilakukan sehingga tidak mungkin lagi memasukkan jadwal baru untuk kalender motogp 2013.

Meskipun begitu, Dorna tetap berkomitmen mengusahakan GP Argentina akan resmi digelar pada 2014 nanti. Sebagai akibat dari penundaan GP Argentina, acara pembukaan 2013 di Qatar akan digelar seminggu kemudian dari yang sebelumnya terdaftar, dalam rangka mengurangi kesenjangan sebelum menggelar putaran kedua di Austin, Texas.

Kalender MotoGP 2013 akan berlangsung selama 18 seri sama seperti tahun 2012. Namun terdapat agenda baru yaitu masuknya GP Texas menggantikan GP Estoril.

Kalender MotoGP 2013 :

Kolom Komentar