Gegerkan Dunia Otomotif, Honda Supra GTR150 Bermesin 250cc 2 Silinder CBR250RR !!

Motomaxone.com – Jagad persilatan dunia otomotif indonesia digegerkan dengan sosok Bebek Super Honda bermesin 250cc. Tak tanggung-tanggung, basis mesin tersebut ternyata mencomot dari basis mesin Honda CBR250RR yang mengusung spesifikasi dua silinder tersebut. Bagaimana ceritanya ?

Gegerkan Dunia Otomotif, Honda Supra GTR150 Bermesin 250cc 2 Silinder CBR250RR !!

Honda Supra GTR150 sejatinya mengusung mesin 150cc. Bermesin DOHC 4 klep dengan transmisi 6-percepatan. Dengan kondisi standar pabrikan, Supra GTR150 ini dibekali performa yang mampu menghasilkan power 16,3 PS. Performa yang mirip-mirip dengan produk lainnya macam Sonic 150R, CB150R dan CBR150R karena mengusung basis mesin yang sama.

Mungkin karena tak unik akibat berbagi basis mesin itulah yang menelurkan ide gila menjejalkan mesin dua silinder 250cc milik CBR250RR itu. Jadilah bebek super yang diketahui adalah Honda Supra GTR150 ini mengusung power maksimum 38 PS akibat menggunakan basis  mesin CBR250RR itu. So, tak lagi bernama awalnya, kini lebih tepat bila motor ini bernama Honda Supra GTR250RR :mrgreen:

Penggagas ide tersebut diketahui seperti yang terlihat pada watermark gambar-gambar Supra GTR250RR ini. Yaitu Fandizz Jogja Custom.

Proses pencangkokan mesin CBR250RR kedalam Supra GTR150 ini sejatinya terkesan memaksakan diri. Karena seperti yang kita tahu, karakter mesin CBR250RR terkenal garang sampai-sampai Honda memberikan opsi 3 mode berkendara agar motor lebih mudah dikendalikan.

Tentu kita semua tahu bersama bagaimana performa Suzuki F150 FI. Yang mengusung power 18,4 PS saja sudah sebegitu liarnya ditopang oleh frame motor bebek. Bagaimana dengan power 38 PS ?

Penulis melihat kreasi seperti ini memang sah-sah saja. Namun cenderung terlalu abai dan mengesampingkan keamanan berkendaranya. Meskipun pada kenyataannya. Untuk mengakomodir mounting mesin CBR250RR ini, modifikator juga turut mendesain ulang rangkanya agar bisa menahan beban mesin besar tersebut.

ECM, ECU hingga Throttle Body tentu akan menjadi pertimbangan yang harus disesuaikan. Tak bisa lagi menggunakan bawaan Supra GTR150. Namun mungkin akan terasa sedikit berkendala saat harus menggunakan paket pengapian asli CBR250RR. Mungkinkan malah lebih memilih mengusung sistem karburator ? entahlah, hal tersebut terserah dari modifikator tentunya.

Yang pasti, apresiasi untuk modifikasinya. Mungkin motor ini merupakan Supra GTR yang pertama kali mengusung mesin 250cc 2 silinder didunia. Jadi teringat dengan Jupiter MX dimasa lampau dimana dimodifikasi sedemikian rupa dengan mesin DOHC hingga kapasitas mesinnya meningkat hingga 219cc dari sebelumnya 135cc, tentunya lebih sangar si GTR250RR ini. (red)

Foto Lain :

Kolom Komentar