Beli Aerox 155 Bekas Seharga Yamaha Freego Baru ? Eits, Tunggu Dulu..

Motomaxone.com – Cukup dilema membeli motor dimasa sekarang ini. Bukan karena adanya masa wabah tentunya. Tapi membeli motor baru atau bekas menjadi pertimbangan sebagian besar orang untuk mendapatkan manfaat dari pilihannya tersebut. Seperti misal mana yang dipilih, Yamaha Freego (Baru) atau Yamaha Aerox 155 (Bekas) ?

Beli Aerox 155 Bekas Seharga Yamaha Freego Baru ?

Keduanya memang berbeda kelas. Namun tentu keduanya berbeda secara prestis. Yamaha Aerox 155 lebih dapet gengsinya ketimbang Freego 125 yang banyak dianggap skuter matik biasa seperti halnya Scoopy ataupun Mio M3.

Sekarang coba kita bandingkan antara kedua produk dari pilihan tersebut diatas. Bagi yang kesengsem dengan Aerox 155 tapi tak berminat beli baru karena tingginya harga. Dalam kondisi baru, skuter 155cc andalan yamaha ini dibanderol dikisaran harga 24,8 s/d 28,5 jutaan.

Pada kenyataannya, harga pasaran Aerox 155 bekas berkisar diharga 15 s/d 18 jutaan (dicek diportal jual beli online), tentunya tergantung tipe pilihannya. Tipe standar pasti dibanderol lebih murah ketimbang tipe R dan tipe S yang menggunakan Smartkey Ignition itu.

Sedangkan harga baru Freego sendiri terbagi tiga pula sesuai dengan tipenya. Tipe standar dibanderol 19,3 jutaan. Tipe S dibanderol 20,8 jutaan. Dan tipe S ABS dijual seharga 23,2 jutaan. Pada keluarga Freego ini, tipe S dan S ABS sudah dilengkapi dengan Keyless Smartkey macam Aerox 155 tipe S.

Pastinya setiap konsumen memiliki pertimbangan masing-masing. Mengingat membeli motor bekas tentu masih membutuhkan biaya administrasi untuk proses balik nama dan semacamnya. Berbeda dengan membeli motor baru yang tentunya sudah atas nama pemiliknya sendiri.

Begitu juga dengan beban perawatannya. Motor bekas apalagi sudah berusia tiga tahun, sudah barang tentu lebih sering jajan untuk proses perawatannya. Sedangkan motor baru lebih bebas kendala teknis dibandingkan motor bekas.

Namun lagi-lagi ini masalah selera. Kalau sudah kepincut dengan Aerox 155 karena bodi bongsornya namun hanya memiliki dana sejumlah harga Freego baru, tentu masih tetap bertahan dengan keinginannya. Termasuk memutuskan membeli motor bekas namun sesuai seleranya itu.

Yang berminat dengan Freego karena kepraktisannya pun demikian. Fitur lubang tangki BBM diluar jok yang sama dengan Aerox 155. Bagasi yang tak kalah luas juga bodi yang lebih mungil yang tentu lebih mudah manuvernya dan lebih cocok untuk semua anggota keluarga pastinya juga akan berfikir berkali-kali mengalokasikan dananya membeli motor bekas meski itu Aerox 155 sekalipun.

Semua itu ada plus dan minusnya. Membeli motor seken, tentu juga bisa menghemat pengeluaran yang sejatinya tidak perlu. Apalagi ini tentang masalah tunggangan motor untuk mobilitas sehari-hari. Membeli motor seken dengan kondisi layak juga tidak susah. Sehingga dibutuhkan sikap bijak dari pada calon pembelinya tersebut. (red)

Kolom Komentar