Galau AHM Dengan Pesaing NMAX, PCX 150 Lokal atau Forza 150 Yang Akan Hadir di IMOS 2016 ??

pcx150-vs-forza150-1

Pembaca sekalian, membaca salah satu artikel teman blogger proud2ride admin sedikit sangsi dengan rencana AHM untuk segmen skuter matic gambot berharga terjangkau. Masih ingat dengan artikel admin awal tahun lalu kan tetang Forza 150 .

Dari informasi yang admin dapatkan ada selentingan kabar bahwa AHM akan pamerkan produk anyar bergenre skutik gambot. Namun ternyata bukan Forza 150 yang selama ini ditunggu-tunggu oleh konsumen motor di indonesia.

Rencana AHM ini terkait dengan akan dihadirkannya Honda PCX 150 versi lokal di IMOS 2016. Tentunya rencana ini sedikit melenceng dari perkiraan awal admin yang sangat menyangsikan akan hadirnya PCX 150 Lokal untuk pasar indonesia.

Namun tentunya, segala kemungkinan bisa jadi benar ataupun salah. Awal tahun kemarin, dugaan kuat mengarah pada Forza 150 dikarenakan brand image PCX 150 CBU yang memiliki diferensiasi harga dengan kompetitor sangat jauh akan sangat tidak memungkinkan di pangkas hanya karena statusnya yang di lokalkan.

Yang menarik disini adalah akhir-akhir ini AHM jarang sekali membuat produk yang fresh baru melainkan lebih banyak pada penyempurnaan produk yang sudah ada.

Masih ingat dengan CBR150R CBU Thailand yang terkenal itu ? Saat AHM memutuskan untuk melokalkan produk, perubahan mendasar ada pada desain nya yang dirombak total. Dibuat lebih gambot namun dengan cost produksi yang lebih sedikit membuat versi lokal dan CBU berbeda drastis namun masih memiliki estetika sebagai produk andalan.

Apakah akan berlaku sama dengan PCX 150 Lokal nantinya ? bisa jadi ya. Kehadiran Forza 150 sebagai produk yang cukup gress bisa jadi dianggap honda belum saatnya untuk dikeluarkan. Mengingat kompetitornya hanyalah produk matic premium yang sudah lama beredar. Bisa jadi akan ada perbedaan wujud PCX 150 yang dilokalkan ini namun masih mengusung basis desain yang serupa.

Keuntungan lain jika memang PCX 150 jadi dilokalkan adalah, AHM untung dari sisi brand image matic premium ini sendiri karena menggunakan nama yang sama dengan produk CBU. Artinya, calon konsumen akan lebih mengenal produknya sendiri dengan berbagai kualitasnya dibandingkan harus membangun image produk lagi untuk Forza 150. Meskipun ekspektasi konsumen saat ini lebih tertuju pada FORZA 150 yang dianggap membuat NMAX kalah dari banyak faktor.

Mengingat kuartal ke 2 tahun 2016 sudah lewat dan Forza 150 belum juga nongol bisa jadi memang PCX 150 Lokal menjadi opsi lain untuk mengobati kekecewaan.

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...