CRT di ajang MotoGP, Apa itu ?

Pengenalan aturan baru CTR untuk kompetisi MotoGP telah menimbulkan kebingungan di kalangan penggemar MotoGP dan tentunya meninggalkan sejumlah pertanyaan.

Apa itu CRT? CRT singkatan dari Claiming Rule Team. Merupakan kategori baru yang akan diterapkan di kelas MotoGP musim kompetisi 2012 . Mereka akan bergabung bersama Tim pabrikan dan Tim satelit MotoGP (sekarang resmi diklasifikasikan sebagai “prototipe pabrikan”, terlepas dari apakah mereka menjadi tim pabrikan atau tim satelit).

Terus, apa beda aturan antara CRT dan prototipe pabrik? Peserta CRT akan diperbolehkan lebih banyak menggunakan bahan bakar dan mesin lebih banyak selama musim MotoGP berlangsung. Bila dalam tim prototype pabrik hanya menggunakan 21 liter bahan bakar dalam setiap race dan diperbolehkan menggunakan 6 mesin di musim 2012 (sama seperti tahun 2011).

Maka Peserta CRT akan diberikan jatah 24 liter bahan bakar untuk setiap race dan diperbolehkan menggunakan 12 mesin untuk musim kompetisi MotoGP 2012. Karena keunggulan ini, produsen besar yang ada seperti Honda, Yamaha atau Ducati akan diizinkan untuk mengklaim mesin dari peserta CRT.

Sedangkan apa yang dimaksud mengklaim mesin(Claiming) dan bagaimana aturannya?

Jika produsen ingin mendapatkan mesin dari sebuah Team CRT, mereka dapat membayar 20.000 Euro terdiri dari paket mesin + gearbox, atau bila ingin lebih hemat membayar 15.000 hanya untuk mesin tanpa gearbox. Mekanik Team CRT akan menstriping mesin motor tersebut  dan menyerahkannya ke pabrik yang ingin mengklaim, entah Yamaha, Honda atau Ducati.

Untuk menghindari mesin yang diklaim terlalu sering, Pabrikan masing-masing hanya dapat mengklaim 1 mesin CRT, dan tidak lebih dari 4 mesin dapat diklaim dari masing-masing Tim CRT selama semusim. So, anggaran membeli mesin dapat lebih dihemat karena biaya pembelian pun lebih murah, tapi apakah kualitas mesin bakal juga “murah” tunggu saya penampilan kontestan tim CRT musim depan. (fnc)

4 Comments

Kolom Komentar