Wow… Stop Lamp All New Vixion Mirip Xabre, Mungkinkah Ada Yang di Suntik Mati ??

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, santer beredar bahwa dalam waktu dekat ini Yamaha Indonesia akan meluncurkan All New Vixion 2017. All New Vixion ini bahkan sudah diluncurkan untuk dilakukan tes jalan. Stop lamp lagi-lagi yang paling disorot dari bocoran gambar bermodel spyshoot ini.. lanjut baca yuk…

Pembahasan new vixion ini sebenarnya sudah terlalu massive di beritakan di blog-blog besar seperti blog mas iwan banaran. Namun kali ini admin akan mengulas sejauh mana eksistensi new Vixion, terutama dampaknya terhadap sesama produk yamaha sendiri.

Melihat sepintas bagian buritan New Vixion, admin langsung teringat dengan bagian belakang Yamaha Xabre. Serius… bener-bener mirip stop lamp yamaha xabre lho, dan dipastikan sudah mengusung lampu LED untuk lampu belakangnya.

Sebenarnya desian Vixion pada generasi NVA tidak cukup jelek. Bahkan motor ini cukup awet bersaing di pasaran, maklumlah motor sejuta umat yang digemari konsumen setia yamaha ini memiliki diferensiasi yang jelas dibandingkan kompetitornya. Namun tidak begitu halnya dengan nasib Yamaha Xabre.

Motor ini bagus sih, mengusung konsep naked bike dengan menggunakan fitur yamaha R15 seperti swing arm banana dan malah sudah mengusung suspensi inverted teleskopic (upside down). Namun kondisi di lapangan, motor ini sulit bersaing karena minimnya market di segmen sekelas.

Xabre memiliki harga yang 11-12 dengan harga Yamaha R15 sehingga secara strategi harga, menjadikan motor ini kurang worth untuk diminati. Bandingkan dengan Vixion atau CB150R yang nyatanya lebih laris meskipun masih kalah secara fitur. Desain jok boncenger yang terlalu sempit dan dianggap terlalu tinggi juga sepertinya menjadi bahan pertimbangan konsumen memilihnya, namun bukan berarti motor ini nggak laku lho ya.

Admin lebih mengistilahkan yamaha xabre ini membidik segmented user, jadi tidak salah jika peredarannya di jalanan jarang terlihat dibandingkan vixion series yang begitu banyak.

Model stop lamp xabre yang diakomodir untuk New Vixion ini merupakan langkah penyegaran untuk All New Vixion yang diproyeksikan menjadi amunisi baru naked bike yamaha di tahun 2017 dan seterusnya. Selain stop lamp, spakbor belakang juga mengusung model sama dengan xabre, jadi sebagian besar akan banyak perubahan untuk New Vixion.

Disini, posisi vixion menjadi dilema untuk pihak yamaha karena memiliki pesaing yang lebih beragam seperti CB150R dan GSX-R150. Jika new vixion sudah diupgrade sedemikian rupa maka tidak menutup kemungkinan jika performanya pun bakal didongkrak layaknya New R15. Memang cukup realistis jika yamaha fokus menghadapi 2 lawan kuatnya tersebut, karena kedua menggunakan mesin yang secara performa terbukti lebih superior.

Nah jika cara new R15 digunakan untuk melemahkan penilaian konsumen terhadap kompetitor yang semuanya bermain di mesin double camshaft maka bukan tidak mungkin, ketertinggalan vixion hingga saat ini bisa segera dikejar. Tapi ingat, harus memberikan diferensiasi yang lebih dibandingkan kompetitornya yak.

Apa hubungannya dengan Xabre ?

Jika vixion diproyeksikan sebagai pion utama, maka xabre pun harus tersingkir karenanya. New Vixion kan sudah upgrade tuh, pastinya desain lebih segar dan performa lebih baik (*harapan admin dan konsumen). Pastinya pula banderol harganya pun menyesuaikan alias akan bergeser naik…

Jika New Vixion dibanderol lebih tinggi dari Vixion current version maka pilihan yang bisa diambil adalah mempertahankan Xabre namun harus mengikuti perubahan harganya karena berlabel lebih premium atau malah mematikan produknya. Toh secara penjualan nggak terlalu deras layaknya vixion yang laris manis. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *