Sistem DDC Motor BMW

Ditahun 2011 ini terdapat teknologi baru untuk keamanan berkendara para rider roda 2. Teknologi ini diperkenalkan oleh BMW untuk produk roda 2 nya. Sistem DDC atau Dynamic Damping Control, sebuah inovasi elektronik  baru yang mengontrol suspensi semi-aktif, menambahkan bagian yang meningkatkan kinerja suspensi dengan menggunakan obyek si pengendara dan kondisi jalan.

Pada dasarnya DDC berfungsi untuk mengaitkan berbagai sensor ABS ke hulu dari sistem ECU, dengan memodifikasi karakteristik kekerasan suspensi itu sendiri. Serangkaian sensor mengirimkan data ke controller DDC, yang kemudian DDC itu sendiri akan mengatur keras atau lenturnya suspensi yang cocok untuk karakter jalan yang akan dilalui.

Sistem ini diklaim mampu menstabilkan pengereman dengan memaksimalkan peran ABS yang sudah teraplikasi. Namun masih belum dijelaskan, berapa harga satuannya untuk menebus teknologi canggih ini. Atau mungkin teknologi ini telah dipatenkan BMW untuk meningkatkat daya jual produknya? Semoga saja tidak, mengingat teknologi ini sangat berguna khsususnya bagi keselamatan pengendara roda dua. (fnc)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Ya Bro, Ngapunten Spam/Link Masuk Moderasi